free page hit counter

2018, Inovasi Lewat Digitalisasi untuk Percepatan Bisnis

Pada tahun 2018 perusahaan-perusahaan dunia dan juga di Indonesia berlomba-lomba dalam melakukan inovasi untuk memenangkan persaingan pasar. Inovasi yang dilakukan berkaitan dengan transformasi digital dengan melakukan perubahan menyeluruh atas setiap proses, kompetensi, dan model bisnis dengan implementasi teknologi digital.

Berbagai lembaga riset global juga menyatakan bahwa keseriusan perusahaan melakukan transformasi digital dengan meningkatnya alokasi anggaran digitalisasi setiap tahunnya. Perusahaan yang telah melakukan digitalisasi terbukti memperoleh pendapatan usaha dan keuntungan yang lebih dibandingkan perusahaan yang tertinggal dari sisi digital.

President Director Lintasarta, Arya Damar mengatakan, saat ini perusahaan di tingkat global termasuk di Indonesia khususnya, sudah banyak yang mulai mengetahui dan bertransformasi ke arah digitalisasi. “Permasalahannya adalah masih cukup banyak perusahaan yang belum mengetahui bagaimana strategi dan implementasi transformasi digital yang tepat agar hasilnya bisa maksimal,” ujar Arya, pada Minggu (31/12) di Jakarta.

Menurut Arya, Lintasarta dalam posisi untuk membantu pelaku industri nasional untuk membuat strategi dan implementasi transformasi digital perusahaan yang baik untuk mempercepat akselerasi bisnis. “Tuntutan pelanggan di era digital sudah sangat berbeda dibandingkan sebelumnya, dimana hal ini perlu diperhatikan agar tidak tertinggal jauh dalam persaingan pasar yang semakin ketat,” ujar Arya.

Dukungan Infrastruktur IT

Saat ini, di tengah maraknya inisiatif transformasi digital, akses kecepatan layanan data menjadi sebuah kendala. Isu latensi yang tinggi menjadi keluhan yang marak terjadi serta menghambat pengiriman data penting serta akses ke aplikasi perusahaan.

Arya mengatakan, era transformasi digital membutuhkan akses internet yang cepat dan stabil untuk mendukung kualitas layanan digital. Melalui pengalaman sejak tahun 1988 atau lebih dari 29 tahun memberikan layanan komunikasi data, kualitas akses internet menjadi fokus utama yang diberikan kepada pelanggan.

Lintasarta didukung oleh tenaga ahli tersertifikasi yang mengoperasikan layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dengan media akses satelit di lebih dari 13.000 titik di seluruh Indonesia. Hal ini menjadikan Lintasarta perusahaan dengan titik layanan VSAT terbanyak di Indonesia.

Lintasarta juga melakukan beberapa langkah strategis diantaranya dengan memperluas coverage jaringan fiber optic (FO) ke lebih dari 100 kota di seluruh Indonesia, untuk menjangkau pelaku bisnis di berbagai daerah dengan kualitas layanan internet yang cepat dan dapat diandalkan.

Untuk memastikan kualitas layanan serta after sales service yang baik, Lintasarta telah membangun dua fasilitas Data Center Tier III yang telah tersertifikasi Tier Certification for Constructed Facilities (TCCF) dari Uptime Institute. Infrastruktur Data Center dengan standar kualitas terbaik ini akan menjamin tingkat kehandalan layanan yang akan diterima oleh pelanggan.

Peran Penting Cloud 

Menurut Arya, dari rangkaian fasilitas infrastruktur yang kuat, peran layanan Cloud Computing kemudian menjadi sangat penting dan menjadi pondasi dalam transformasi digital yang dilakukan pelaku industri. Lintasarta memiliki solusi total untuk layanan Cloud mulai dari storage, back up data, kemudian solusi cloud platform, dan solusi aplikasi atau biasa disebut Software as a Service (SaaS).

“Solusi aplikasi di setiap proses industri akan memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan dan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, sehingga disini peran Cloud menjadi cukup signifikan,” kata Arya.

Solusi Cloud Platform akan mendukung pelaku industri dalam mengembangkan solusi aplikasi untuk meningkatkan kualitas operasional dan layanan kepada pelanggannya. Kehadiran layanan Lintasarta Cloud Platform akan meningkatkan percepatan proses deployment, development, dan manajemen aplikasi melalui proses automasi.

Untuk layanan SaaS, Lintasarta memiliki beberapa solusi diantaranya managed mail, media analytics, dan Managed Business Application Services (MBAS). Solusi-solusi ini akan memudahkan keseluruhan proses bisnis sebuah perusahaan dari berbagai sektor industri serta menciptakan efisiensi yang jauh lebih tinggi lagi.

Pada akhirnya, Lintasarta akan memberikan kualitas layanan yang dapat diandalkan dengan saat ini telah melayani lebih dari 2.300 perusahaan dari berbagai industri. Dimana pelanggan Lintasarta merupakan para pemimpin pasar di industrinya masing- masing yang tentunya memiliki standar kualitas layanan serta keamanan yang tinggi.