free page hit counter

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Menentukan Provider Data Center

Untuk melindungi data perusahaan Anda yang semakin beragam dan bertambah jumlahnya, tentu media penyimpanan berkapasitas kecil dan sedang seperti hard disk sudah tidak mampu mendukung lagi. Oleh sebab itu, Anda memerlukan metode yang lebih praktis dan fleksibel dengan memanfaatkan media penyimpanan berbasis cloud. Atas kemudahan dan efisiensi dalam penyimpanan data, banyak perusahaan yang telah beralih ke penyimpanan berbasis cloud.

Hal tersebut berimbas pada pemakaian pusat data yang semakin meningkat. Peningkatan kebutuhan ini memicu lahirnya beberapa penyedia layanan pusat data di Indonesia. Namun, apakah semua penyedia tersebut memberikan layanan yang sama? Tentu saja tidak. Setiap pusat data memiliki kualitas dan penawaran yang berbeda, namun mereka akan selalu berusaha meyakinkan Anda bahwa layanan merekalah yang terbaik.

Bagi Anda yang sedang dalam pertimbangan untuk memilih layanan pusat data, pastikan hal-hal berikut telah berhasil membuat Anda yakin.

 

Sistem Keamanan

Berbicara mengenai layanan pusat data, satu hal yang menjadi pertimbangan utama adalah masalah keamanan. Tidak satu pun orang di dunia ini yang ingin datanya bocor ke pihak lain, apa lagi untuk perusahaan besar. Kebocoran data dapat merusak reputasi atau bisnis Anda karena data tersebut bisa saja di salah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, provider Anda harus berhasil meyakinkan bahwa pusat data mereka telah dilengkapi oleh sistem keamanan yang baik. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir akan terjadinya kebocoran data maupun serangan-serangan dalam bentuk lainData adalah hal yang sangat sensitif sehingga tak heran jika sistem keamanan menjadi prioritas utama dalam memilih suatu penyedia layanan data.

Sertifikasi

Kualitas suatu layanan pusat data juga menjadi pertimbangan penting sebelum memilih. Hal tersebut bisa diukur dari banyaknya sertifikasi yang dimiliki oleh suatu provider data center. Semakin banyak sertifikasi yang dimilikinya maka akan semakin baik kualitasnya, karena sertifikasi menandakan kualitas telah diuji dan diakui oleh lembaga tertentu. Apalagi jika sertifikasinya diberikan oleh lembaga sertifikasi internasional.

Penyedia pusat data dikelola oleh para teknisi dan tenaga ahli yang handal di bidangnya. Pada tingkatan tenaga ahlipun, ada beberapa sertifikasi yang dapat Anda jadikan parameter, seperti CCNP.

Waktu Downtime yang Minimal

Pusat data harus bisa menjamin ketersediaan data selama 24/7 penuh. Anda akan memerlukan akses ke data Anda  sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Oleh sebab itu, jika sebuah layanan pusat data tidak mampu menjamin SLA ketersediaan ini, maka Anda lebih baik mencari alternatif. Data center provider yang baik akan menjelaskan pada Anda terkait SLA, misal berapa waktu uptime yang bisa diandalkan.

Semakin rendah frekuensi downtime, maka layanannya akan semakin dapat diandalkan. Pada umumnya, waktu downtime ini dipengaruhi oleh ketersediaan sumber listrik serta keseluruhan sistem yang menjamin kelangsungan infrastruktur mereka. Layanan pusat data yang sudah memiliki sertifikasi Uptime Institute Tier 3, misalnya, bisa menjadi solusi yang baik untuk Anda karena mereka dapat menjamin waktu downtime yang relatif sedikit, yakni kurang dari dua jam dalam setahun.

Hal-hal di atas harus diyakinkan oleh provider pusat data, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya. Selain itu, anda juga bisa menanyakan fasilitas dan kelebihan lain yang mereka miliki untuk menjamin kelangsungan kegiatan operasional Anda terkait aplikasi dan data-data perusahaan Anda.

 

Photo credit: en.wikipedia.org