free page hit counter

3 Kriteria Perencanaan Data Center di Indonesia

Daftar penyedia data center di Indonesia memang sangat beragam jumlahnya. Hal ini karena Data center kini menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi banyak perusahaan dan juga organisasii dalam hal penyimpanan datanya. Data Center atau yang lebih dikenal pula dengan nama Pusat Data adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk menempatkan beberapa server dan juga storage (penyimpanan). Fasilitas ini pun biasanya dikondisikan dengan banyak hal seperti misalnya pengaturan udara, pengaturan daya, kelembaban udara serta keamanan dari berbagai gangguan seperti bencana atau bahkan gangguan keamanan seperti penyadapan.

Bagi para pelaku bisnis sekarang ini tidak dapat dipungkiri bahwa data center merupakan sebuah kebutuhan bagi mereka. Karena inilah, data center pun harus mampu memberikan jaminan pelayanan dan juga keamanan yang sangat baik. Secara sederhana adalah data center harus mampu bertahan dalam segala kondisi sehingga perusahaan yang mempercayakan datanya akan tetap memperoleh laba. Namun, banyaknya data center ini pun kemudian dikaitkan pula dengan isu pemanasan global. Dan akhir-akhir ini, bahasan dan kajian mengenai topic ini pun seakan sangat menarik untuk diperbincangkan.

Semakin banyaknya Daftar penyedia data center di Indonesia, maka pasti akan membuat perusahaan atau organisasi menjadi bingung dalam menentukan data center yang terbaik yang dapat mereka gunakan. Untuk memberikan kemudahan bagi anda dalam memilih, maka kami akan memberikan 3 Kriteria Perencanaan Data Center di Indonesia.

  1. Kriteria yang pertama yang harus diperhatikan oleh Daftar penyedia data center di Indonesia adalah Avaibility. Maksudnya adalah, pusat data atau sebuah data center harus mampu memberikan sebuah sistem operasi yang berkelanjutan dan juga secara terus menerus bagi klien, dalam hal ini perusahaan atau organisasi, dalam keadaan apapun baik dalam situasi normal atau bahkan dalam situasi yang buruk seperti halnya bencana. Hal ini akan menghindarkan klien dari berbagai kerugian dan tetap dapat memperoleh keuntungan meski terjadi suatu kerusakan yang berarti atau tidak.
  2. Flexibility dan Scalability. Yang kedua adalah Scalability dan Flexibility. Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan dunia bisnis seringkali sangat cepat. Oleh karena itulah, sebuah data center yang baik harus mampu untuk menyesuaikan diri terhadap berbagai perubahan yang cepat tersebut dan ketika mungkin ada sebuah service baru yang harus disediakan oleh sebuah data center tanpa harus melakukan perubahan yang terlampau besar terhadap data center secara keseluruhan. Jika dibutuhkan adanya perubahan atau perombakan dalam skala yang besar, maka tentu saja waktunya cenderung akan sangat lama dan hal ini akan sangat mempengaruhi perputaran bisnis dari perusahaan yang menjadi klien sebuah penyedia data center.
  3. Keamanan atau Security. Sebuah Daftar penyedia data center di Indonesia yang baik harus memiliki kriteria yang dapat mengamankan data yang disimpan dengan sangat baik. Seperti yang kita tahu bahwa pusat data atau data center menyimpan banyak data dan juga aset yang sangat penting dari organisasi atau perusahaan yang menjadi kliennya. Karena inilah, dibutuhkan sebuah aspek keamanan yang sangat kuat baik dari segi fisik maupun segi non fisiknya.

 

Itulah tadi 3 Kriteria Perencanaan data Center di Indonesia yang dapat anda jadikan acuan dalam memilih satu terbaik dari banyak Daftar penyedia data center di Indonesia. sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasa Data center, maka anda pun harus memahami dengan seksama mengenai arti dari data center atau pusat data itu sendiri. Pilihlah data center yang menawarkan fasilitas terbaik. Data center yang baik adalah sebuah data center yang memiliki beberapa komponen yang saling terintegrasi antara satu dengan yang lainnya. Banyak hal yang menjadi syarat mulai dari bangunan fisik yang digunakan. lokasi data center hingga sistem yang terkandung di dalam data center itu sendiri.

 

Demikianlah informasi mengenai 3 Kriteria Perencanaan Data Center di Indonesia yang mungkin saja dapat menambah wawasan kita bersama dan memberikan kemudahan bagi anda dalam memilih data center yang paling baik dari berbagai pilihan Daftar penyedia data center di Indonesia.