free page hit counter

4 Alasan Anda Harus Menggunakan Data Center di Indonesia

Data Center 4 Alasan Anda Harus Menggunakan Data Center di Indonesia

Data center merupakan fasilitas yang memusatkan operasi dan peralatan teknologi informasi (TI) bisnis atau perusahaan, serta tempat menyimpan, mengelola, dan menyebarluaskan datanya. Oleh karenanya, data center merupakan prioritas utama bagi bisnis atau perusahaan karena memiliki sistem jaringan paling kritis dan vital bagi kelangsungan operasi sehari-hari.

Baca juga: Human Error, Penyebab Utama Downtime Pada Data Center

Berikut ini adalah beberapa alasan Anda harus menggunakan data center di Indonesia untuk keamanan dan keandalan terbaik bagi perusahaan:

Data center lebih mudah dimonitor

Alasan utama tentunya karena data center akan lebih mudah dimonitor. Data center mempunyai manfaat sangat besar bagi Anda yang perlu memiliki akses ke peralatannya sendiri dari waktu ke waktu. Alih-alih harus melakukan perjalanan panjang ke luar area lokal yang melelahkan dan memakan banyak waktu, Anda cukup mendatangi data center lokal untuk memeriksa kondisi fisik mesin, tanpa banyak menguras waktu dan biaya.

Selain itu, apabila Anda memiliki kemampuan dan keahlian menangani masalah perangkat keras sendiri, data center dapat mempermudah Anda untuk masuk dan menyelesaikan masalah tanpa bantuan teknis dari tim. Atau, jika bisnis Anda tidak memiliki jenis keahlian yang diperlukan untuk menangani masalah perangkat keras, Anda dapat mengandalkan penyedia untuk mengurus pemeliharaan.

Biaya relatif terjangkau

Biaya sering menjadi salah satu masalah dalam memilih data center. Namun, Anda tidak perlu memusingkan masalah tersebut karena biasanya biaya yang ditawarkan data center di Indonesia relatif terjangkau. Efisiensi atau penghematan anggaran bisa Anda rasakan, terutama dalam hal yang berhubungan dengan kebutuhan data perusahaan.

Baca juga: 4 Spesifikasi Colocation Data Center yang Terbaik untuk Perusahaan Anda

Anda pun tidak perlu melakukan investasi dalam jumlah besar di awal. Dengan begitu, Anda berkesempatan untuk mengalihkan anggaran untuk investasi tersebut untuk keperluan ekspansi bisnis lainnya. Hal itulah yang pada akhirnya akan membuat Anda lebih fleksibel saat mengatur anggaran yang lebih bebas sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan Anda nantinya.

Keamanan data lebih terjamin

Penyedia data center diketahui mempunyai peralatan dan sistem yang sangat baik untuk menjamin keamanan data yang ingin Anda simpan. Tidak hanya itu, penyedia data cente juga mempunyai keandalan yang tidak perlu diragukan sebagai tempat terpercaya untuk meletakkan berbagai aplikasi perusahaan Anda.

 Mencegah pelanggaran hukum di Indonesia

Mengingat data center menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan bisnis, Anda perlu menggunakan data center di Indonesia untuk mencegah pelanggaran hukum di Indonesia. Hal ini khususnya berlaku pada perusahaan Financial Technology yang sudah diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 77/POJK.01/2016, tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI).

Baca juga: Cara Terbaik Menghindari Human Error Saat Mengelola Data Center

Demikian informasi mengenai alasan mengapa Anda harus menggunakan data center di Indonesia. Jadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan data center yang baik, seperti yang disediakan oleh Lintasarta untuk memberikan manfaat optimal bagi perusahaan. Jika Anda tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai data center Lintasarta, silakan hubungi kami di sini.