free page hit counter

4 Manfaat Video Conferencing – Kolaborasi dalam Sektor Keuangan dan Perbankan

video conference

Berkembangnya teknologi komunikasi hingga saat ini melahirkan sistem kolaborasi yang efisien dan mampu menyelesaikan beragam permasalahan. Termasuk permasalahan komunikasi yang sering muncul di sektor keuangan dan perbankan. Munculnya video conferencing menawarkan sebuah sistem kolaborasi yang tidak hanya solutif tapi juga efisien. Berikut ini beberapa manfaat nyata video conferencing bagi sektor keuangan dan perbankan.

Baca juga: 4 Manfaat Sistem Credit Scoring Terintegrasi Bagi Perbankan

Meruntuhkan hambatan geografis                    

Manfaat yang paling klasik dari sistem kolaborasi berbasis video conferencing adalah kemampuan untuk meruntuhkan hambatan geografis. Dengan menggunakan video conferencing, jarak yang jauh tidak lagi menjadi masalah untuk berkomunikasi. Waktu pun tidak akan terbuang hanya untuk pergi menuju tempat meeting yang letaknya jauh.

Pemecahan masalah juga bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan kantor. Dengan demikian, efisiensi waktu kerja pun bisa tercapai. Efisiensi waktu kerja akan berbanding lurus dengan produktivitas kerja. Bayangkan saja, Anda tidak perlu membuang-buang waktu lagi untuk pergi menuju tempat meeting, cukup menyalakan perangkat dan terhubung dengan video conferencing maka semuanya terselesaikan. Praktis bukan?

Mempercepat proses pengambilan keputusan di tingkat dewan

Salah satu hal yang sering menjadi penghambat dalam berkembangnya usaha pada sektor keuangan dan perbankan adalah pengambilan keputusan yang berlarut-larut di tingkat dewan. Penyebabnya bisa beragam entah itu karena adanya ketidaksesuaian pendapat atau justru karena hal yang sepele seperti adanya pihak yang absen.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi dengan menggunakan sistem kolaborasi video conferencing. Untuk melakukan video conferencing, peserta harus benar-benar memulai dan mengakhirinya tepat waktu agar tidak ada yang tertinggal. Risiko peserta sibuk sendiri pun bisa diminimalisir karena video conferencing membutuhkan konsentrasi tinggi. Dengan metode ini maka waktu pertemuan bisa dimanfaatkan secara efektif.

Baca juga: Mengapa Angka NPL di Perbankan dan Fintech Indonesia Menjadi Tinggi?

Memfasilitasi pelatihan multi-lokasi

Bisnis Anda memiliki program pelatihan untuk seluruh karyawan di berbagai cabang? Video conferencing bisa menjadi sebuah solusi yang efisien. Sistem kolaborasi ini akan menghemat biaya yang digunakan untuk melakukan pelatihan di beberapa lokasi sekaligus. Anda pun tidak perlu menganggarkan lagi dana untuk membuat training di cabang-cabang usaha.

Anda bisa langsung memanfaatkan video conferencing untuk memberikan materi pelatihan. Namun jika Anda memiliki cabang yang belum mumpuni, bisa menggunakan alternatif video recording. Sistem ini pada dasarnya sama dengan sistem kolaborasi video conferencing yang menggunakan komunikasi dua arah berbasis audio visual. Perbedaannya hanya terletak pada waktu penyajian yang tidak real-time (video direkam lebih dulu baru dikirimkan).

Membantu membangun kembali kepercayaan pelanggan

Ingin meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan? Anda bisa mengandalkan video conferencing. Video conferencing akan memudahkan Anda untuk melakukan meeting atau deal dengan pelanggan. Lewat sistem ini penyelesaian komplain dari pelanggan pun bisa lebih optimal karena bisa diselesaikan secara real time dan bisa dilakukan di mana pun.

Baca juga: 3 Infrastruktur Penting dalam Pembuatan Sistem Credit Scoring Perbankan

Lewat video conferencing Anda juga bisa bertatap muka secara virtual dengan pelanggan. Hal ini akan jauh lebih baik dibanding saat mereka hanya ditanggapi oleh suara lewat costumer service.  Bertatap muka saat menanggapi komplain dari pelanggan secara psikologis akan memberikan rasa yang lebih dekat karena mimik wajah dan reaksi langsung terlihat. Kepercayaan pelanggan pun akan mudah didapat dengan cara ini.

Teknologi komunikasi terus dikembangkan untuk memudahkan kehidupan manusia. Termasuk untuk memuluskan sistem kolaborasi dalam sektor keuangan dan perbankan. Dengan video conferencing beragam hambatan komunikasi seperti permasalahan jarak pun bisa terselesaikan dengan baik. Lintasarta menyediakan layanan kolaborasi yang mampu mendukung video conferencing dengan optimal lewat virtual room berbasis cloud computing.