4 Tips Memilih Perusahaan Data Center di Indonesia

Perkembangan UKM di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Bisnis online disebut-sebut sebagai salah satu bisnik yang melahirkan UKM UKM baru berbasis teknologi informatika. Bisnis yang terus berkembang perlu diimbangi dengan manajemen internal perusahaan yang lebih canggih. Tidak bisa lagi dengan cara-cara konvensional atau manual. Mengintegrasikan antara kebutuhan perusahaan dengan teknologi menjadi salah satu pemercepat usaha mengembangkan perusahaan. Keberadaan system penyimpanan data perusahaan seiring dengan perkembangan perusahaan tersebut mutlak dibutuhkan oleh perusahaan.

Namun sayangnya fasilitas yang mahal ini masih terbatas bisa dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar karena memang harganya yang cukup mahal. Namun demikian para pemilik perusahaan data center di Indonesia terus melakukan inovasi dengan mengeluarkan teknologi Datacenter Scalable Solution (DSS) yang memungkin perusahaan-perusahaan kelas menengah bisa memiliki sebuah fasilitas data center yang canggih. Melalui teknologi ini, kini jika Anda memiliki bisnis di berbagai bidang seperti penyedia jasa telekomunikasi, penyedia fasilitas hosting atau pun perusahaan-perusahaan survey bisa memanfaatkan layanan teknologi ini. Tak ada lagi alasan melakukan penyimpanan data secara manual karena kita juga perlu mempertimbangkan faktor resiko dan keamanan perusahaan dalam jangka panjang.

Perusahaan-perusahaan penyedia layanan data center kini berlomba-lomba mengajukan tender penawaran harga ke berbagai perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, juga pihak pemerintah yang kini juga sedang menggalakkan apa yang sering disebut dengan E-Government. Jika Anda perusahaan kelas atas maupun menengah maka sangat penting memperhitungkan bagaimana kredibelitas dari penyedia layanan data center yang akan Anda pilih, mengingat biaya yang Anda keluarkan tidak sedikit maka Anda perlu melakukan analisa dan penelitian mana penyedia data center yang memang sudah terpercaya. Berikut ini tips memilih perusahaan data center di Indonesia yang perlu Anda ketahui:

  1. Secara skala dan waktu, perusahaan penyedia layanan data center yang akan Anda jadikan mitra sebaiknya mampu menyediakan ruang penyimpan data perusahaan Anda yang akan terus bertambah dari waktu ke waktu dalam jangka waktu yang tak terbatas. Ini sangat penting mengingat akan sangat repot jika di perjalanan ditemukan kendala pada ruang penyimpanan yang ada, jadi Anda bisa menyesuaikan fasilitas yang ditawarkan dengan kebutuhan perusahaan yang Anda miliki.
  2. Mengecek langsung bagaimana reputasi perusahaan penyedia layanan data center yang akan Anda pilih, bisa diketahui dengan melihat langsung siapa pelanggan-pelanggan sebelumnya dan bagaimana kualitas pelanggannya tersebut, bagaimana testimony para pelanggan perusahaan tersebut dengan menggunakan layanan penyedia data center bersangkutan.
  3. Pada skala awal Anda bisa menilai perusahaan yang memberikan respond an support yang baik pada pelanggan akan memberikan pelayanan yang baik pula kepada Anda pada jangka waktu yang lama. Pastikan memang penyedia memiliki fasilitas costumer service secara online dan offline dalam 24 jam selama 7 hari kerja sehingga Anda bisa aman jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada fasilitas data center yang ada.
  4. Fasilitas data center yang disediakan harus memenuhi criteria standar sebuah ruang data center dalam hal keamanan fisik dan non fisik. Bagaimana system keamanan yang digunakan untuk mengantisipasi musuh perusahaan membobol data perusahaan, bagaimana lokasi data center aman dari resiko bencana alam juga bagaimana kondisi fisik ruangan penyimpanan, misalnya apakah tersedia alat pendingin yang memadai, ruang cahaya, sirkulasi udara, peralatan yang bersih dan bebas dari debu dan sebagainya. Hal-hal seperti ini akan berhubungan dengan kinerja peralatan di dalam ruangan data center.

Memiliki sebuah layanan data center bagi perusahaan merupakan bentuk investasi jangka panjang bagi perusahaan untuk menjaga keamanan perusahaan bersangkutan, mengingat kita tidak pernah tau kapan bencana akan datang. Lakukan antisipasi sejak dini untuk mengamankan perusahaan Anda. Terutama jika perusahaan Anda tersebut berada di lokasi rawan bencana. Tips memilih perusahaan data center di Indonesia di atas bisa membantu Anda untuk menemukan penyedia terbaik bagi perusahaan Anda sehingga bisa lebih efisien dan mendapatkan penyedia yang terbaik untuk perusahaan. Hubungi segera penyedia data center terpercaya di Indonesia.