free page hit counter

5 Contoh Pemanfaatan Solusi ICT dalam Industri Perkebunan

Solusi ICT

Saat ini sektor perkebunan menjadi industri strategis yang ada di Indonesia. Salah satu industri perkebunan yang berpengaruh adalah industri perkebunan kelapa sawit. Untuk mendukung industri perkebunan tersebut, diperlukan adanya sebuah terobosan baru, di antaranya pemanfaatan ICT solution. Seperti apa pemanfaatan solusi ICT tersebut bagi industri perkebunan? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Solusi ICT untuk Peningkatan Daya Saing Industri Sawit

Pengembangan SDM dalam industri perkebunan

Industri perkebunan merupakan jenis industri yang sangat potensial sekaligus memiliki masalah-masalah yang tidak mudah. Maka dari itu, adanya ICT diharapkan mampu membantu dalam pengembangan sumber daya manusia yang ada. Mulai dari manajemen dalam industri hingga hal-hal teknis di lapangan. Dalam hal manajemen, perusahaan bisa menggunakan teknologi berbasis cloud computing sekaligus memiliki data center yang mumpuni untuk memudahkan pengelolaan.

Sedangkan untuk teknis di lapangan, tidak jarang di perkebunan terjadi hal-hal tak diinginkan. Pada perkebunan kelapa sawit, contohnya, pencurian menjadi masalah laten. Oleh karena itulah adanya solusi ICT dapat dimanfaatkan untuk melakukan monitoring lahan melalui CCTV menggunakan layanan VSAT. Ini bisa menjadi solusi pengawasan yang tepat untuk menekan hal tersebut kembali terjadi.

Membantu dalam penelitian dan pengembangan perkebunan

Penelitian dan pengembangan dalam industri perkebunan menjadi hal yang paling vital pada industri perkebunan. Untuk mendukung penelitian inilah ICT dapat mengambil peran secara signifikan. Bila dulu departemen penelitian di sebuah industri perkebunan memakan waktu yang cukup lama untuk melakukan riset karena keterbatasan teknologi, saat ini permasalahan tersebut sudah bisa diatasi dengan baik.

Terlebih lagi saat ini sudah ada koneksi internet yang stabil dengan layanan internet dedicated. Sementara itu, layanan VSAT juga dapat diandalkan untuk digunakan di lapangan ketika melakukan riset perkebunan. Hal tersebut dikarenakan biasanya di area perkebunan jaringan dan koneksi internet bisa saja mengalami kendala sinyal. Dengan adanya VSAT, penelitian maupun riset lapangan dapat berjalan baik.

Baca juga: Solusi ICT Untuk Fokus di Core Bisnis

Distribusi hasil perkebunan

Pemanfaatan ICT terutama, penggunaan VSAT, tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan sumber daya manusia maupun riset saja, tetapi juga dapat memantau distribusi hasil perkebunan. Seperti pada poin pertama, VSAT dapat diintegrasikan dengan CCTV (e-surveillance) untuk melakukan monitoring proses distribusi secara real time. Contohnya saja untuk memantau proses pengambilan hasil panen di lapangan, mengawasi di jembatan timbang perusahaan, hingga dapat melacak hal lainnya sampai hasil perkebunan terdistribusi dengan baik.

Revitalisasi perkebunan

Dalam kurun waktu tertentu, industri perkebunan memerlukan adanya revitalisasi, baik dari segi pengelolaan hingga hal-hal yang berkaitan dengan produksi. Saat melakukan revitalisasi inilah dibutuhkan kejelian dan tenaga ekstra bagi karyawan. Dengan adanya ICT solution, setidaknya dapat membantu meringankan beban yang ada. Salah satu contohnya adalah penggunaan Enterprise Resources Planning (ERP) dalam industri perkebunan kelapa sawit.

Dengan menggunakan ERP, perusahaan bisa lebih mudah mengintegrasikan kegiatan bisnis perkebunan. Semisalnya saja untuk estimasi biaya, pengelolaan pabrik, pembuatan laporan keuangan, laporan mengenai SDM, dan hal-hal lainnya. Alhasil, revitalisasi bisa berjalan lebih cepat tanpa mengganggu proses penting lainnya.

Sarana dan prasarana perkebunan

Dari poin-poin di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa ICT adalah aspek penting yang harus ada dalam industri perkebunan. Baik sebagai sarana komunikasi dan manajemen industri perkebunan hingga pada proses pendistribusian hasil perkebunan. Adanya layanan VSAT juga semakin memudahkan kinerja perusahaan dan sinergi menjadi lebih terjalin sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas dan kualitas secara realtime.

Baca juga: Solusi ICT Untuk Dunia Perbankan Indonesia

Untuk penyedia layanan ICT solution bagi industri terbaik di Indonesia, Anda bisa memilih Lintasarta sebagai mitra. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun serta didukung tenaga ahli yang profesional., Lintasarta menjamin pelayanan prima untuk kemajuan industri perkebunan Anda.

Info cctv menunjang pengawasan perkebunan kelapa sawit