free page hit counter

5 kekurangan Komputasi awan

komputasi awan

Perusahaan cloud computing di Indonesia sudah sangat berkembang dan banyak ditemui, karena sistem cloud computing saat ini sudah mendunia yang memberikan manfaat mampu membantu perusahaan atau organisaasi dalam efisiensi penyimpanan data. Kualitas perusahaan cloud computing yang terbaik adalah mereka mampu meretas virus dan hacker, hal ini patut anda pertimbangkan dalam memilih perusahaan cloud computing Indonesia, Cloud computing atau komputasi awan yaitu gabungan pemanfaatan teknologi komputer termasuk segala elemen yang berada didalamnya dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (inilah yang disebut awan) yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer- komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama. Cara kerja cloud computing yaitu dengan menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem cloud dalam menghubungkan internet ke program guna menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi memungkinkan pengguna untuk login terlebih dahulu. Perintah- perintah virtual seperti penyimpanan pengguna melalui jaringan internet yang dilanjutkan ke server aplikasi, setelah diterima oleh server aplikasi kemudian diolah dan diproses lalui pengguna akan disajikan halaman yang sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya, contoh penggunaan cloud computing adalah jika kita memiliki akun email, media sosial, kita masuk pada aplikasi dengan memasukkan memasukkan kata sandi, dan langsung tersambung dengan aplikasi padahal komputer kita tidak menyimpan data tentang pengguna aplikasi tersebut tetapi langsung terhubung menggunakan komputer yang terkoneksi internet menggunakan sistem cloud.

Sebelum anda memutuskan untuk beralih ke sistem cloud computin atau komputasi awan, lebih baik kita mengenal kekurangan atau kelemahan komputasi awan terlebih dahulu, berikut ini beberapa kekurangan sistem komputasi awan :

  1. Service level, yang artinya kemunkinan service performance yan kurang konsisten dari provider. Inkonsistensi cloud provider ini meliputi data protection dan data recovery.
  2. Privacy, yang berarti adanya resiko data user akan diakses oleh orang lain karena hostin dilakukan secara bersama- sama.
  3. Compliance, yang mengacu pada resiko adanya penyimpangan level compliance dari provider terhadap regulasi yang diterapkan oleh user.
  4. Data ownership mengacu pada resiko kehilangan kepemilikan data begitu data disimpan dalam cloud.
  5. Data mobility, yang mengacu pada kemungkinan share data anar cloud service dan cara memperoleh kembali data jika suatu saat user melakukan proses terminasi terhadap layanan cloud computing.

Namun komputasi awan atau cloud computin jua memiliki banyak kegunaan atau kelebihan diantaranya kemudahan dalam mengakses, bersifat fleksibilitas misalnya jika anda akan bepergian anda tidak perlu membawa laptop ke kantor cabang anda karena dengan memakai sistem komputasi awan anda dapat mengakses file- file tersebut dimanapun anda berada, kemudian perusahaan juga dapat melakukan penghematan khususnya bagi perusahaan- perusahaan besar, adanya komputasi awan ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi infrastruktur komputer yan memerlukan biaya pengadaan dan perawatan cukup besar, hal ini juga berarti staf IT yang diperlukan tidak terlalu banyak, dan star IT yang ada tidak terlalu berurusan dengan update, konfigurasi dan hal- hal lain yang berkaitan dengan komputasi. Dengan adanya komputasi awan ini diharapkan perusahaan tidak dihadapkan dengan beban biaya untuk membayar lisensi atas software- software yang kita instal dan kita unakan karena semua sofware sydah bisa digunakan melalui komputasi awan tidak perlu kita instal terlebih dahulu.

Nah setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari komputasi awan, saya harap anda dapat mempertimbangkan terlebih dahulu apakah komputasi awan memang diperlukan oleh perusahaan anda atau tidak, jangan sampai alih- alih kita semakin dimudahkan dengan komputasi awan justru kita malah dirugikan karena kualitas server yang buruk. Kabarnya pemerintah akan ikut andil mendorong berkembangnya layanan komputasi awan ini di negara Indonesia yang akan memberikan dukungan positif pada pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini dibuktikanya dengan adanya UU perlindungan pemanfaatan teknologi di Indonesia. Menurut pemerintah cloud computing akan memberikan nilai tambah yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, ekonomi nasional akan tumbuh menjadi besar dan dapat mengurangi kebocoran dana yang terjadi selama ini. jadi komputasi awan di Indonesia dapat lebih berkembang. Sekian informasi yang saya berikan terkait dengan sistem layanan komputasi awan, semoga bermanfaat …

 

Info Kerugian dari komputasi awan