free page hit counter

5 Kelebihan dan pertimbangan menggunakan sistem cloud computing/ komputasi awan

pengertian komputasi awan

Komputasi awan, bagi sebagian orang yang masih awam tentunya tidak mengerti apa itu komputasi awan, padahal dalam kesehariannya mereka sering menggunakan layanan bersifat komputasi awan ini, karena masyarakat pada masa sekarang tidak dapat lepas dari internet bahkan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Misalnya jika anda memesan ojeg online, taxy online, melakukan pencarian melalui google, membuka email yahoo atau gmail, bahkan telekomunikasi Indonesia saat ini, itu merupakan contoh- contoh penggunaan komputasi awan. Pengertian komputasi awan itu sendiri adalah Cloud computing atau komputasi awan yaitu gabungan pemanfaatan teknologi komputer termasuk segala elemen yang berada didalamnya dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (inilah yang disebut awan) yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer- komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama. Sistem cloud computing dikenal dengan sistem yang mendunia yang dapat membantu perusahaan atau sebuah organisasi dalam efisiensi penyimpanan data. kualitas vendor akan layanan cloud computing, ketersediaan internet yang dibutuhkan, dan masalah keamanan dan privasi seperti rentannya peretas atau hacker menjadi faktor- faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa layanan cloud computing.

Berdasarkan pengertian komputasi awan yang telah dijabarkan diatas, maka kelebihan dari sistem komputasi awan atau cloud computing diantaranya berikut :

  1. Keuntungan bagi para pelaku bisnis adalah meminimalisir biaya produksi. Mengapa? Karena pengunaan komputasi awan ini dapat minimalisasi biaya investasi infrastruktur publik sehingga bisnis bisa lebih fokus pada aspek fungsionalitas perusahaan.
  2. Bagi application developer, layanan PaaS memungkinkan pengembangan dan impementasi aplikasi dengan cepat sehingga meningkatkan produktivitas.
  3. Bagi para praktisi yang bergerak di industri teknologi informasi , hal ini berarti terbukanya pasar baru bai industri jasa layanan pengembangan teknologi informasi.
  4. Bagi pelaku bisnis dibidang infrastruktur, hal ini merupakan peluang yang sangat besar karena denan meninkatnya pengunaan layanan komputasi awan ini akan meningkatkan pengunaan bandwidth internet.
  5. Integrasi aplikasi dengan berbagai perangkat.

Keuntungan utamanya atau yang lebih menonjol dari penggunaan sistem cloud computing ini adalah kemudahan aksesnya. Untuk mengerjakan suatu pekerjaan kita tidak mesti berada di hadapan satu komputer yang sama. Misalnya anda di beri instruksi oleh atasan anda untuk membuat sebuah power point guna presentasi besok dengan format aplikasi power point, namun komputer yang anda miliki atau pakai tidak ada aplikasi power pointnya maka anda dapat membuatnya melalui oogle docs ataupun di skydrivenya windows live. Anda cukup hanya melakukan koneksi ke internet kemudian loin ke akun google atau windows live anda, maka andapun sudah bisa membuah bahan presentasi secara online (tidak perlu mendownload aplikasi yang anda pakai) hal inilah yang dinamakan pengertian komputasi awan, anda dapat mengakses namun anda tidak perlu mendownload atau menyimpan data tentang aplikasi tersebut, dan anda dapat langsung memakainya dengan cara melakukan koneksi ke internet.

Setelah kita mengetaui kelebihan dari komputasi awan akan lebih baiknya kita mempertimbangkan dulu beberapa resiko yang ditimbulkan oleh sistem komputasi awan atau cloud computing ini, misalnya :

  1. Ketidakpastian kemampuan penegakan kebijakan keamanan pada provider.
  2. Kuran memadainya pelatihan dan audit teknologi informasi.
  3. Patut dipertanyakan kendali akses istimewa pada situs provider.
  4. Ketidakpastian kemampuan untuk memulihkan data
  5. Kedekatan data pelanggan lain sehinga kemungkinan tertukar, ketidak pastian kemampuan untuk mengaudit operator.
  6. Ketidakpastian keberlanjutan keberadaan provider.
  7. Ketidak pastian kepatuhan provider terhadap peraturan.

Kualitas server komputasi awan adalah salah satu pertimbangan terpenting sebelum kita memutuskan untuk menyediakan jasa penyedia server komputasi awan. Bukan tidak mungkin kita akan dirugikan ketika server tempat dimana kita menyimpan file atau akses program sewaktu- waktu akan down atau berperforma buruk.

Biasanya layanan cloud computing ini banyak digunakan untuk mengendalikan cctv, namun kstabilannya belum teruji. Masalah utama dari kurang berkembangnya layanan cloud komputing atau komputasi awan ini tentu saja dikarenakan kendala speed bandwitdh jaringan dan harga internet yang masih begitu mahal, jadi banyak pula perusahaan yang masih mempertimbangkan hal ini. semoga informasi pengertian komputasi awan dapat bermanfaat