free page hit counter

5 Pertimbangan jika Perusahaan Manufaktur Ingin Memilih Provider Internet

provider internet

Setiap perusahaan membutuhkan jaringan internet dengan konektivitas stabil dan aman untuk menjaga stabilitas bisnisnya, tak terkecuali industri manufaktur. Kebutuhan membangun konektivitas yang stabil, aman, dan juga terintegrasi menjadi hal yang penting dalam industri manufaktur demi meningkatkan efisiensi operasional sehingga berdampak pada nilai daya saing perusahaan.

Baca juga: Akses internet bisnis yang semakin mudah dan canggih

Mewujudkan hal itu, pemilihan provider internet harus diperhatikan dengan teliti demi menciptakan konektivitas yang andal. Berikut lima hal yang perlu diperhatikan industri manufaktur.

Bandwith internet sesuai dengan kebutuhan Anda

Perusahaan manufaktur tentu membutuhkan koneksi yang cepat, dengan bandwith yang disesuaikan kebutuhan setiap perusahan. Hal ini dikarenakan bandwith menjadi faktor utama kelancaran jaringan internet perusahaan. Bila tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, maka akan menghambat operasional perusahaan. Karena itu, bandwith berukuran besar harus menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan provider internet yang baik.

Layanan dedicated internet menjadi solusi yang tepat untuk industri manufaktur. Di mana fitur ini memastikan layanan yang Anda gunakan dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan bandwith yang dibutuhkan.

Aman dari serangan hacker

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan dalam memilih provider internet adalah memastikan keamanannya dari serangan hacker atau peretas. Sistem internet di Indonesia sendiri merupakan yang paling banyak diserang oleh hacker. Menurut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang bekerja sama dengan Honeynet Project, seperti dilansir Katadata, sepanjang 2018 saja serangan cyber di Indonesia sebanyak 12,9 juta kali.

Baca juga: Tips Memperluas Jaringan Internet Untuk Bisnis Online

Serangan tersebut tentu akan merugikan siapa saja yang menggunakan akses internet. Mulai dari perorangan, perusahaan manufaktur, hingga pemerintah. Terlebih lagi bila ada data-data penting berhasil dicuri orang tidak bertanggung jawab. Karena itu, memilih provider internet yang mampu memberikan jaminan rasa aman dari serangan hacker patut Anda pertimbangkan guna mencegah kerugian yang tidak diinginkan.

Layanan after sales

Tidak hanya dari segi teknis dan koneksi internet saja, pemilihan provider juga perlu memperhatikan after sales services, termasuk dalam hal maintenance apabila terjadi gangguan dan kendala. Dengan begitu, segala gangguan dapat ditangani secara cepat serta risiko kerugian perusahaan manufaktur dapat diminimalisasi.

Salah satu contoh yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam memilih provider internet terbaik adalah mampu memberikan jaminan berupa infrastruktur yang memadai. Juga memiliki tenaga profesional yang berpengalaman dan selalu siap membantu bila diperlukan selama 7 hari 24 jam.

Koneksi stabil dalam kondisi apapun

Perusahaan manufaktur membutuhkan koneksi internet yang stabil dalam menunjang operasional perusahaan agar berjalan dengan maksimal. Sukses atau tidaknya sebuah pekerjaan besar di industri manufaktur juga tergantung pada kecepatan dan koneksi internet. Terlebih bagi perusahaan manufaktur dengan mobilitas yang sangat tinggi.

Namun, terkadang masalah non-teknis, seperti cuaca yang tak mendukung serta faktor lainnya, menjadi faktor penghambat kestabilan koneksi internet. Hal tersebut tidak akan Anda alami apabila memilih provider internet yang memberikan total solution terbaik dengan teknologi terkini. Sehingga segala kebutuhan koneksi internet akan tetap lancar dalam kondisi apapun.

Memiliki jangkauan luas

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih provider internet bagi perusahaan manufaktur adalah memastikan perusahaan tersebut memiliki jangkauan yang luas. Memperhatikan keandalan provider – baik dari segi pelayanan, teknologi, maupun jaringannya – penting dilakukan sebagai garansi service level yang akan menunjang keandalan konektivitas perusahaan Anda.

Baca juga: Mengenal sertifikasi CCIP (Cisco Certified Internetwork Professional)

Lintasarta, sebagai end-to-end ICT provider, menjadi pilihan  tepat bagi Anda. Dari segi pelayanan dan jangkauan, Lintasarta memiliki jaringan yang sangat luas. Anda bisa menyesuaikan produk-produk unggulan yang ada dengan kebutuhan perusahaan manufaktur. Lintasarta menggunakan sambungan tetap (dedicated line) yang menggunakan akses seperti fiber optik, wireless, radio, hingga satelit guna memudahkan komunikasi yang terintegrasi antara hulu dan hilir. Anda bisa hubungi kami di sini untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Info https://blog lintasarta net/article/5-pertimbangan-jika-perusahaan-manufaktur-ingin-memilih-provider-internet/