free page hit counter

5 Teknologi Murah yang Sudah Dapat Diadopsi

Teknologi telah banyak memberikan perubahan pada peradaban manusia. Teknologi selalu dikembangkan untuk bisa membantu manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Inovasi teknologi hampir ada di setiap bidang sehingga tak heran jika penggunaan teknologi sudah semakin mengakar di lapisan masyarakat. Ada banyak teknologi murah yang bisa Anda manfaatkan demi menunjang kegiatan manusia. Berikut beberapa di antaranya.

Teknologi Cloud

Metode penyimpanan menggunakan cloud mulai banyak digunakan akhir-akhir ini. Setelah orang tahu manfaat yang diberikan, mereka jadi tidak ragu untuk menyimpan file mereka di cloud. Dibanding penyimpanan konvensional menggunakan hardisk, menyimpan data di cloud dinilai jauh lebih efisien dan fleksibel.

File yang ada di cloud bisa diakses sewaktu-waktu. Selain itu, jika semisal terjadi kerusakan hardisk atau device tempat data tersebut disimpan, Anda masih bisa mengambilnya lagi di cloud. Teknologi ini cukup murah dan memberikan manfaat yang signifikan sehingga tak heran jika banyak peminatnya. Teknologi cloud ini sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Teknologi Mail Management

Berbicara mengenai teknologi, tentunya teknologi dalam bidang informasi sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Tak hanya terbatas pada cloud, ada juga teknologi mail Management yang memainkan peranan cukup besar pada suatu perusahaan. Apa lagi jika perusahaan Anda bergerak di bidang jasa. Dalam berkomunikasi dengan para klien ataupun rekan bisnis, Anda memakai email sehingga arsip email ini akan semakin menumpuk.

Dengan memanfaatkan teknologi mail management, email Anda akan lebih terorganisir sehingga tidak perlu pusing memilahnya satu per satu. Hal ini kemudian akan berimbas pada efisiensi waktu yang bisa membantu Anda untuk lebih produktif bekerja. Untuk bisa memanfaatkan teknologi ini, Anda bisa menyewanya pada perusahaan penyedia layanan tersebut.

Teknologi Solar Panel

Tak hanya di bidang informasi, seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa teknologi juga merambah ke berbagai sektor kehidupan. Termasuk teknologi solar panel. Mungkin Anda sudah banyak mendengar istilah yang satu ini. Teknologi solar panel merupakan upaya memanfaatkan sinar matahari untuk dijadikan tenaga listrik.

Dibanding layanan listrik yang ada selam ini, penggunaan tenaga surya dinilai lebih terjangkau untuk memenuhi kebutuhan listrik manusia. Teknologi solar panel telah mampu memberikan manfaat terutama bagi daerah-daerah yang belum terjangkau aliran listrik.  Selain harga yang lebih terjangkau, penggunaan tenaga surya untuk listrik juga relatif lebih ramah lingkungan dan pemasangannya pun juga lebih praktis.

Teknologi Mobil Listrik

Ketersediaan bahan bakar yang semakin terbatas membuat manusia untuk selalu berupaya mengembangkan teknologi guna menjawab kebutuhan tersebut. Saat ini, produksi mobil listrik sudah mulai banyak dilakukan. Tak sedikit produsen mobil kelas dunia yang berupaya mempromosikan mobil listrik mereka dengan kampanye ramah lingkungan.

Seperti namanya, mobil ini tidak menggunakan bahan bakar tetapi listrik. Untuk bisa melaju, mobil tersebut mengandalkan daya baterai yang sudah diisi penuh. Karena tidak menggunakan bahan bakar maka polusi udara yang ditimbulkannya juga sangat minim.

CCTV

Teknologi CCTV atau kamera pengintai juga sudah banyak digunakan saat ini. CCTV mampu merekam kejadian selama 24 jam sehingga sangat bermanfaat untuk meminimalisir tindak kriminal. Biasanya CCTV banyak dipasang di dalam gedung-gedung besar maupun pusat perbelanjaan. Tak hanya di dalam ruangan, CCTV juga dipasang di jalan raya terutama di perempatan jalan tempat lampu lalu lintas berada. Dengan adanya CCTV ini, pemerintah bisa meminimalisir adanya pelanggaran lalu lintas.

 

Teknologi murah seperti di atas bisa Anda adopsi dengan mudah. Dengan memanfaatkan teknologi, secara tidak langsung Anda telah berusaha untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Teknologi tidak harus mahal, yang murah pun juga bisa bermanfaat jika Anda bisa mengoptimalkannya. Jadi, sudah siap mengembangkan perusahaan Anda dengan teknologi?

 

Photo Credit: static.pexels.com