free page hit counter

8 Tips Memilih Daftar Penyedia Data Center di Indonesia untuk Corporate

Daftar Penyedia Data Center di Indonesia- Pada zaman sekarang ini, banyak orang yang memiliki website untuk tujuan tertentu. Namun tidak jarang banyak sekali pemilik website tidak paham dengan data center, terutama bagi mereka yang memiliki website yang masih belum terlalu besar dan kemampuan menyimpan data nya masih bisa di handle oleh server hosting shared. Namun jika nantinya website anda telah bertambah besar dan mungkin sangat besar, mau tidak mau anda akan dihadapkan pada posisi dimana anda harus menematkan server anda sendiri pada sebuah data center. Nah, pada saat inilah, anda wajib mengetahui mengenai persayaratan data center yang baik.

Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan Tips Memilih  Daftar Penyedia Data Center di Indonesia untuk Corporate yang dapat anda praktekkan sebagai pedoman atau acuan dalam memilih data center yang cocok dan juga baik.

  1. Analisi Layanan dan Otomatisasi.

Maksud dari hal ini adalah sebuah data center atau alat penyimpanan harus mampu secara mandiri mengatur kapasitas yang dimiliki, memberikan pemberitahuan tentang kebutuhan dari tempat penyimpanan atau storage, menganalisis dan  mengotomatisasi data.

  1. Efisiensi Tempat Penyimpanan atau Storage

Tips memilih Daftar Penyedia Data Center di Indonesia yang kedua adalah adangat storage efficiency.  Maksunya adalah sebuahh infrastruktur yang anda sewa harus dapat meningkatkan produktivitas dalam bidang TI dan juga harus mampu untuk mengendalikannya. Selain itu, infrastruktur tersebut harus pula mampu untuk meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan.

  1. Virtual Storage Tiering

Maksud dari Virtual storage tiering adalah dimana sebuah storage harus luwes atau harus mampu untuk menyediakan kapasitas dalam jumlah yang tidak terbatas. Sebuah data center yang baik harus pula siap untuk menyimpan data dan juga media yang berbeda. Misalnya saja seperti data yang kritis dapat disimpan dalam sebuah flash drive, sedangkan untuk data lainnya yang dianggap tidak terlalu penting dapat disimpan dalam sebuah SATA Drive.

  1. Jaminan Keamanan Data yang Tertanam

Maksud dari tips nomor empat ini adalah dimana sebuah data center harus mampu untuk mengamankan semua data serta perangkat yang lokasinya mungkin saja tersebar atau tidak berada hanya pada satu titik saja. Untuk keamanan dalam hal ini dibutuhkan sebuah multi level security yang dapat berfungsi untuk mencegah adanya akses yang dianggap tidak sah yang menu ke data yang disimpan.

  1. Adanya Operasional yang Sempurna

Tips memilih Daftar Penyedia Data Center di Indonesia yang baik untuk corporate selanjutnya adalah harus adanya operasional tanpa gangguan. Untuk berbagai macam aplikasi bisnis yang sangat penting, sebuah data center harus mampu untuk menawarkan sebuah lingkungan yang memilik sifat always on dan juga adanya zero downtime. Hal ini akan sangat berguna bagi perusahaan yang mempercayakan datanya untuk disimpan pada data center tersebut

  1. Integrasi Perlindungan Data

Yang dimaksud dengan perlindungan data yang terintegrasi adalah dimana adanya sebuah perlindungan data yang akan membiarkan penggunanya untuk melakukan pengaturan di awal saja. Sementara itu setelahnya sistem secara otomatis dan dengan mandiri akan mampu berjalan dengan sendirinya. Hal ini memiliki beberapa manfaat seperti adanya efisiensi pada biaya operasional, menghilangkan keharusan untuk melakukan pengaturan secara berulang-ulang dan juga menghilangkan kemungkinan human error atau kesalahan yang dibuat oleh manusia.

  1. Unified Architecture

Unified Architecture merupakan tips memilih Daftar Penyedia Data Center di Indonesia untuk corporate selanjutnya. Apakah maksud dari hal ini? Maksudnya adalah dimana sebuah arsitektur penyimpanan yang terpadu harus didukung oleh data ONTAP dimana data ini dapat memberikan fleksibilitas untuk menghadapi segala perubahan yang sewaktu waktu muncul sesuai dengan kebutuhan sebuah storage.

  1. Pengelolaan dan Lokasi

Untuk selanjunya lokasi dan juga pengelolaan sebuah data center haruslah memenuhi standar yang dibutuhkan oleh data center. Sebagai contoh adalah sebuah bangunan data center haruslah memenuhi syarat sipil, geologi, bangunan, vulkanologi dan lain sebagainya. Selain itu harus pula memenuhi berbagai standar seperti Standard prosedur operasi, perawatan dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai 8 Tips Memilih Daftar Penyedia Data Center di Indonesia untuk Corporate. Semoga bermanfaat.