Apa itu DRUPS?

Keberlangsungan kegiatan operasional suat perusahaan, terutama yang bergerak di bidang teknologi informasi, bergantung besar pada ketersediaan data. Walaupun tidak menutup kemungkinan perusahaan atau bisnis lain yang bergerak di bidang selain itu juga membutuhkan data demi kelangsungan bisnis mereka. Di zaman digital seperti sekarang ini, data sangatlah penting. Tanpa data, akan sangat sulit untuk melakukan kegiatan bisnis.

Oleh sebab itu, data harus disimpan di pusat data agar aman. Berbicara mengenai layanan pusat data, sekarang sudah ada banyak penyedia layanan pusat data yang bisa Anda pilih. Tentu saja, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan. Berbicara mengenai pusat data, kita akan tertuju pada infrastruktur datanya. Karena pusat data diperlukan setiap saat, maka pusat data ini juga harus siap selama 24/7.

Hal ini berhubungan dengan penyediaan daya untuk keberlangsungan pusat data itu sendiri. Daya yang menyuplai pusat data harus bisa diandalkan secara penuh. Jika pasokan daya listrik mati, maka hal ini akan berimbas pada pusat data dan ketika di waktu yang sama Anda ingin mengakses data di pusat data tersebut, tentu menjadi tidak bisa karena pusat data dalam keadaan mati. Oleh sebab itu, penyedia layanan pusat data harus memperhatikan hal seputar pasokan listrik.

Penggunaan Teknologi DRUPS untuk Keperluan Pusat Data

Bagi Anda yang sering berkutat di bidang cloud maupun pusat data, pasti sudah sering mendengar istilah DRUPS yang satu ini. DRUPS merupakan salah satu upaya penyedia layanan pusat data untuk memastikan bahwa pusat data mereka bisa tetap menyala walaupun saat terjadi gangguan pada pasokan sumber daya listrik utama. Jadi boleh dibilang, DRUPS merupakan cadangan untuk persediaan listrik untuk memastikan pusat data tetap menyala.

Lalu, apa yang dimaksud dengan DRUPS ini? DRUPS merupakan kepanjangan dari diesel rotary uninterruptible power supply. Teknologi ini bekerja dengan menggabungkan fungsi UPS bertenaga baterai dengan generator disel. Karena tidak menggunakan tenaga baterai sepenuhnya, maka DRUPS ini memiliki keunggulan lebih, yakni menimbulkan tingkat pencemaran yang jauh lebih sedikit sehingga dianggap lebih ramah lingkungan. Penggunaan DRUPS sangat penting untuk menjaga kelangsungan pusat data ketika pasokan listrik utama mengalami gangguan.

Apa Keuntungan Menggunakan Teknologi DRUPS?

DRUPS disediakan oleh vendor tertentu sehingga pemilik layanan pusat data harus bekerja sama dengan penyedia teknologi DRUPS untuk menjaga keberlangsungan pusat data mereka. Selain ramah lingkungan karena tingkat polusi yang dihasilkannya relatif kecil, penggunaan teknologi DRUPS juga mampu memberikan banyak keuntungan.

Salah satunya yakni tingkat kegagalan listrik yang sangat kecil. Dengan manfaat ini, sebuah pusat data tentu tak perlu mengalami downtime yang membuatnya tidak bisa diakses. Sebuah data center bisa terus menyala walaupun pasokan listrik utamanya mengalami kegagalan karena masih ada DRUPS yang siap memasok energi listrik untuk pusat data. DRUPS mampu menjaga availabilities data center dan yang lebih menguntungkan lagi DRUPS ini juga bisa di-upgrade seiring meningkatnya keperluan pada pusat data. DRUPS bisa diandalkan sebagai teknologi untuk menjaga agar power dan arus listrik tetap seimbang.

Sama seperti perangkat infrastruktur lainnya, DRUPS juga memerlukan perawatan untuk bisa digunakan secara maksimal. Perawatan DRUPS tentu memerlukan tenaga ahli dan cukup memakan waktu. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mengadopsi teknologi ini, bekerja salah dengan vendor yang tepat untuk bisa mendapatkan fasilitas perawatan yang sesuai secara berkala.

Photo credit: intographics (pixabay.com)