free page hit counter

Apa Itu Fasilitas Meet Me Room pada Data Center?

Untuk memenuhi kebutuhan akan layanan pusat data, saat ini sudah banyak bermunculan vendor penyedia layanan tersebut. Bagi Anda yang merupakan calon pengguna layanan, tentu bingung memilih vendor mana yang terbaik dalam menyediakan layanan pusat data untuk klien mereka. Perlu Anda ketahui, setiap penyedia layanan pusat data selalu ingin untuk memberikan fasilitas yang terbaik untuk para kliennya. Hal ini kemudian berimbas pola infrastruktur yang mereka bangun.

Dalam membangun infrastruktur untuk pusat data, para vendor tersebut tentu saja memperhatikan banyak hal. Jadi, bukan hanya kita saja sebagai pelanggan  yang harus mempertimbangkan berbagai hal dalam memilih layanan pusat data, tapi penyedia layanan ini pun juga harus memutar otak untuk membuat agar pusat data mereka bisa memberikan ketersediaan data sesuai yang klien mereka inginkan.

Salah satu pertimbangan penting dalam membangun infrastruktur pusat data adalah ketersediaan ruangan meet me room. Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia pusat data mungkin banyak mendengar istilah ini dan penasaran sebenarnya ruang apakah ini dan apakah perannya bagi keberlangsungan sebuah pusat data. Berikut penjelasannya.

Pengertian Meet Me Room

Meet me room merupakan suat ruangan dalam lokasi pusat data yang memungkinkan para perusahaan telekomunikasi untuk dapat terhubung satu sama lain dan melakukan pertukaran data tanpa menimbulkan biaya loop lokal. Adanya meet me room memungkinkan perusahaan telekomunikasi dan para vendor untuk saling bertukar informasi.

Jika Anda penasaran, ruangan ini biasanya terdiri dari berbagai kabel dan rak yang berisi server-server dan juga saklar yang mengontrol ribuan kabel yang saling terhubung. Ruangannya relatif kecil jika dibanding dengan ruangan tempat infrastruktur pusat data itu sendiri.

Apakah Pentingnya Meet Me Room untuk Sebuah Pusat Data

Perlu diketahui bahwa tidak semua penyedia layanan pusat data memiliki ruangan khusus untuk meet me room mereka, meskipun ruangan yang satu ini cukup penting untuk mendukung kelangsungan pusat data mereka. Salah satunya untuk meningkatkan kontrol atas pusat data itu sendiri.

Meet me room memungkinkan Anda untuk memastikan sistem keamanan pada pusat data sehingga keberlangsungan bisnis dapat tetap terjaga. Melalui meet me room Anda dapat mengontrol beberapa fasilitas seperti backup baterai maupun generator. Selain itu, akan selalu ada pihak yang tidak diinginkan yang berusaha untuk mengakses pusat data Anda oleh sebabai itu, melalui meet me room Anda dapat mengontrol hal tersebut lebih jauh. Secara tidak langsung, meet me room membantu Anda memastikan keamanan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa meet me room merupakan tempat bertemunya para perusahaan telekomunikasi untuk melakukan pertukaran data tanpa biaya tambahan, maka dengan memiliki meet me room Anda dapat menekan biaya distribusi traffic. Tentu saja hal ini sangat penting. Meet me room memungkinkan setiap pengguna untuk memakai bandwidth dalam jumlah yang tinggi sekalipun secara langsung, tanpa harus terhubung terlebih dahulu melalui pusat data sehingga hal ini jauh lebih menghemat biaya.

 

Karena sama-sama memiliki infrastruktur seperti halnya pusat data, maka meet me room juga memerlukan maintenance. Ruangan ini harus dirawat dengan baik agar ia dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal untuk mendukung keberlangsungan kinerja suat layanan pusat data. Jika Anda masih kurang jelas mengenai ruangan yang satu ini, Anda bisa menanyakannya secara langsung pada vendor pilihan Anda.

 

Photo credit: jarmoluk (pixabay.com)