free page hit counter

Apa Itu Multicloud dan Bagaimana Penerapannya di Bidang Industri?

multicloud

Saat ini, sistem komputasi awan atau yang lebih dikenal dengan cloud computing menjadi tren baru dan banyak memberikan manfaat bagi dunia industri dan perusahaan besar. Salah satu manfaatnya adalah memberikan banyak kemudahan dan fleksibilitas bagi penggunanya. Para ahli IT juga mengembangkan jenis-jenis cloud yang lebih canggih dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, yang satu di antaranya adalah multicloud.

Apa itu multicloud?

Kini, perkembangan tren cloud computing semakin beragam, seperti munculnya hybrid cloud dan multicloud. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan multicloud? Pada dasarnya layanan ini menggunakan dua atau lebih layanan komputasi awan. Biasanya layanan yang diberikan berupa Software as a Service (SaaS) atau dengan Platform as a Service. Secara umum, sistem multicloud ini menitikberatkan pada segmen Infrastructure as a Service. Contohnya adalah layanan AWS dan Microsoft Azure. Bisa dikatakan, multicloud adalah perpaduan antara layanan cloud dari beragam penyedia layanan.

Baca juga: DevOps – Cloud Computing: Pasangan Andal untuk Tingkatkan Daya Kompetisi Bisnis

Selama ini masih banyak orang yang menganggap multicloud sama dengan hybrid cloud. Padahal keduanya memiliki perbedaan mendasar. Perbedaan yang bisa dilihat adalah model infrastrukturnya. Hybrid cloud menggunakan pendekatan public dan private menjadi satu lingkungan. Terkadang sebuah enterprise yang mengadopsi hybrid cloud digunakan untuk hal yang lebih spesifik seperti kemampuannya di lingkungan sendiri kemudian beralih ke public ketika kebutuhannya meningkat.

Keunggulan multicloud

Hingga saat ini layanan multicloud menjadi pilihan yang paling banyak digunakan, terutama bagi perusahaan besar dan industri. Alasan perusahaan besar dan industri lebih memilih layanan ini adalah atas pertimbangan sederhana yakni demi efisiensi dan keamanan data. Bayangkan saja bila perusahaan mengalami kebocoran data, kerugian yang ditimbulkan pun tidaklah sedikit. Multicloud seolah menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Berikut beberapa keunggulan menggunakan multicloud yang perlu Anda ketahui:

  • Keamanan data lebih terjamin

Alasan keamanan sepertinya menjadi alasan utama banyak perusahaan menggunakan multicloud. Berdasarkan laporan dari 2017 Internet Trends Report menyebutkan, sejak 2012 lalu banyak perusahaan maupun responden dari hasil survei yang menganggap data security sebagai salah satu kekhawatiran terbesar.  Keunggulan multicloud dari segi keamanan adalah mampu menanggulangi gangguan Distributed Denial of Service (DDoS). Serangan ini merupakan serangan dari beberapa sistem komputer yang bisa menyerang server, situs web maupun sumber jaringan.

Dampak buruknya adalah dapat menyebabkan downtime dan membawa kerugian besar bagi perusahaan. Keunggulan multicloud adalah apabila layanan cloud sedang turun, maka ada cloud cadangan yang mampu mengambil muatan hingga layanan kembali pulih.

Baca juga: 4 Cara Membuat Public Cloud Lebih Aman dari Serangan Siber

  • Lebih efisien dan perusahaan semakin tanggap

Keunggulan lainnya yang bisa Ada dapatkan adalah dari segi efisiensi biaya. Layanan multicloud dapat menjamin kebutuhan internet perusahaan tetap aktif selama 24 jam penuh dalam sehari. Anda pun tidak perlu khawatir lagi dalam mengambil keputusan. Hal ini dikarenakan dukungan penuh pada jaringan internet perusahaan Anda sehingga hal-hal yang sebelumnya dirasa sulit dan memakan waktu maupun biaya bisa dipangkas. Contohnya adalah Anda bisa melakukan online meeting melalui conference call  dengan layanan internet terbaik.

Penerapan Multicloud di Berbagai Perusahaan dan Industri

Mengingat keunggulan multicloud yang kompeten, maka banyak pula perusahaan yang perlu menggunakannya baik dalam hal operasional maupun keamanan data. Terlebih bagi perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dan finance. Regulasi dan kebijakan perusahaan industri tersebut sangatlah ketat dalam menjaga keamanan data. Oleh karena itu, kehadiran multicloud dapat menjadi sebuah jawaban dalam menjaga kedaulatan data agar lebih terorganisasi.

Tidak hanya itu saja, perusahaan perbankan dan finance memiliki mobilitas tinggi. Di era digital seperti sekarang bisa dipastikan jika transaksi perbankan semakin meningkat karena banyak platform digital yang ditawarkan. Oleh karenanya, diperlukan koneksi internet yang stabil dan mampu terhindar dari downtime salah satunya dengan menggunakan multicloud.

Baca juga: Multisite Cloud Backup: Cara Fleksibel Cegah Kehilangan Data

Kini, beberapa penyedia jasa internet di Indonesia juga menawarkan multicloud kepada konsumen. Salah satu perusahaan atau provider internet yang menyediakan layanan ini adalah Lintasarta. Dengan pengalamannya lebih dari 20 tahun dalam menangani masalah IT, Lintasarta menjadi penyedia jasa internet yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan internet perusahaan Anda. Jika tertarik menggunakan layanan multicloud, Anda bisa menghubungi kami di sini.