free page hit counter

Apa itu Private Cloud?

Menjalankan bisnis di era digital seperti sekarang ini, tentunya harus selalu berupaya untuk bisa berjalan dengan digitalisasi karena kalau tidak, tentu akan tertinggal dari pesaing lainnya. Di era digitalisasi seperti sekarang ini, data memainkan peranan yang sangat penting. Untuk itu, penyimpanan data harus menjadi prioritas utama dalam menjalankan bisnis. Metode penyimpanan data dulu dengan sekarang tentunya jauh berbeda. Apa lagi sejak diperkenalkannya sistem cloud.

Teknologi cloud semakin merambah di hampir semua sektor kehidupan manusia. Tak terkecuali dalam bidang bisnis. Sistem dinilai mampu membuat kegiatan operasional bisnis menjadi lebih efisien. Setiap orang bisa memanfaatkan cloud begitu juga dengan perusahaan tertentu. Saat ini, ada yang dikenal dengan private cloud. Mungkin Anda sudah sering mendengar yang namanya private cloud ini. Lalu, apa itu private cloud?

Pengertian Private Cloud

Seperti namanya, private cloud merupakan layanan cloud yang bisa dinikmati secara privat oleh sebuah korporasi tertentu. Dilansir dari interoute.com, penyediaan cloud ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan saja, jadi tidak bisa digunakan oleh orang lain di luar perusahaan tersebut. Pada umumnya, infrastruktur cloud ini terdapat di perusahaan tersebut pada departemen IT mereka. Selain itu, cloud ini juga akan dikelola oleh perusahaan itu sendiri sehingga perusahaan memiliki akses sepenuhnya ke dalam layanan cloud tersebut.

Keuntungan Memakai Private Cloud

Karena private cloud ini tak hanya dipakai secara privat tapi juga infrastrukturnya yang juga dimiliki secara pribadi oleh perusahaan tertentu, maka perusahaan sebagai pengguna layanan tersebut memiliki akses kontrol yang lebih luas. Sebagai pihak manajemen cloud sendiri, perusahaan berhak mengelola dan memodifikasi cloud mereka sesuai kebutuhan.

Kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda terkait penyimpanan data tentunya akan sangat didukung dengan kehadiran private cloud ini. Dengan private cloud, pihak perusahaan bisa me-manage fitur-fitur cloud mereka untuk bisa mendukung kegiatan operasional perusahaan.

Selain itu, satu hal penting yang selalu menjadi pertimbangan bagi perusahaan terkait data mereka adalah tingkat keamanan. setiap perusahaan pasti ingin agar data-data mereka tetap angan bebas dari akses pihak ketika atau pihak yang tidak diinginkan. Private cloud memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keamanan yang lebih terjamin. Hal ini disebabkan karena akses ke cloud hanya terbatas dari orang internal perusahaan.

Bagi perusahaan besar, seiring bisnis mereka berekspansi tentu data-data yang ada juga akan semakin bertambah. Penambahan data yang kian meningkat berimbas pada kebutuhan perusahaan untuk menyediakan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar. Bagi perusahaan yang menggunakan private cloud, tentunya hal tersebut bukanlah masalah bagi mereka.

Dengan kapasitas yang ditawarkan jauh lebih besar. Hal ini disebabkan karena hanya perusahaan tersebut saja yang memakainya sehingga tidak perlu berbagi dengan orang lain di luar perusahaan. Dari sini, private cloud menjadi solusi yang selalu bisa diandalkan.

Bagi Anda yang menginginkan layanan private cloud, bisa mendapatkannya dari vendor penyedia layanan tersebut. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih penyedia layanan tersebut, ada baiknya menanyakan terlebih dahulu secara lebih detil dan jelas mengenai layanan yang mereka tawarkan.

Sebagai calon pelanggan, Anda berhak tahu dan paham mengenai produk yang akan Anda pakai. Pihak penyedia layanan pasti akan menjelaskan dan menyarankan yang terbaik untuk perusahaan Anda. Anda tak perlu ragu memakai private cloud karena sudah banyak perusahaan kelas dunia yang sudah menjajal layanan ini. Misalnya seperti The Hartford untuk mendukung kerja sama mereka dengan rekan dan pelanggannya.  Jadi, sudah siap memakai private cloud?

Info apa itu sistem cloudapa itu private