free page hit counter

Apa itu Public Cloud?

Seiring berkembangnya zaman ke arah digitalisasi, kehadiran cloud semakin dibutuhkan dan dianggap sebagai hal penting dalam pemenuhan kebutuhan. Cloud yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data dengan menyediakan kapasitas yang besar, dianggap mampu memainkan peranan yang sangat penting. Terutama dalam dunia bisnis.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis, pasti tidak lepas dari yang namanya cloud ini. Cloud adalah layanan menguntungkan yang bisa dinikmati oleh siapa saja karena sifatnya yang tersedia untuk publik. Salah satu perusahaan yang sukses dengan menggunakan public cloud adalah Kodisoft. Perusahaan manufaktur ini memanfaatkan layanan public cloud untuk membantu memenuhi kebutuhan pelanggan mereka.

Mungkin Anda sering mendengar istilah public cloud. Lalu, apa yang dimaksud dengan public cloud sendiri?

Pengertian Public Cloud

Public cloud merupakan layanan cloud yang disediakan oleh pihak tertentu dan memiliki jaringan infrastruktur yang tersebar di seluruh tempat di dunia sehingga layanan ini bisa digunakan oleh siapa saja. Selain itu, layanan public cloud ini biasanya bisa dinikmati tanpa biaya alis gratis.

Namun ada juga pihak tertentu yang menawarkan paket kapasitas data yang lebih besar sehingga mengharuskan penggunanya untuk membayar agar bisa menikmatinya. Public cloud bisa diakses oleh siapa saja selama Anda memiliki jaringan internet untuk memberi akses ke cloud tersebut. Beberapa layanan public cloud yang bisa dinikmati secara gratis adalah Bing ataupun Windows Live Mail serta Google Drive. Apakah Anda salah satu pemakainya?

Karakteristik Public Cloud

Kemudahan yang ditawarkan oleh public cloud adalah, Anda tidak perlu menyimpan data Anda pada hardware yang tentunya memiliki kapasitas yang terbatas. Hal ini kurang efektif mengingat perusahaan yang berkembang senantiasa melakukan penambahan data sehingga public cloud bisa menjadi solusi yang tepat untuk menampung data tersebut.

Dengan adanya pihak ketiga sebagai penyedia layanan cloud, Anda tidak perlu pusing memikirkan perawatan infrastruktur. Karena tidak memerlukan instalasi infrastruktur serta perawatannya, maka Anda pun bisa melakukan kegiatan bisnis dengan lebih efektif karena ketersediaan waktu yang lebih banyak.

Selain itu dari sisi budget, memakai public cloud juga bisa menghemat anggaran pengeluaran perusahaan Anda karena Anda. Yang lebih penting, karena tidak memerlukan infrastruktur, Anda tidak perlu menyediakan tempat sehingga public cloud adalah solusi tepat bagi Anda yang menginginkan layanan cloud namun tidak punya cukup lahan untuk kebutuhan infrastruktur.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Memakai Public Cloud

Karena layanan ini bisa dipakai oleh siapa saja, maka Anda juga harus paham akan risikonya. Tidak semua penyedia layanan public cloud memberikan jaminan akan data-data yang kiat simpan di sana sehingga jika perusahaan Anda cukup besar dan privasi pelanggan adalah prioritas utama Anda, maka sebaiknya pikirkan baik-baik sebelum memakai layanan public cloud ini.  Namun, jika perusahaan Anda tidak bergerak di bidang layanan atau privasi data bukan masalah bagi Anda, maka public cloud ini sudah cukup untuk dijadikan sebagai solusi.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa untuk bisa mengakses public cloud Anda harus memiliki jaringan internet, maka akses Anda sebagian besar dipengaruhi oleh kondisi jaringan internet. Jika jaringan internet Anda lancar maka akses ke public cloud bukan masalah dan anda bisa upload atau download data sewaktu-waktu dengan lancar sedangkan masalah timbul jika Anda tidak memiliki koneksi yang cukup stabil untuk mengakses data-data tersebut.

Sebelum memilih layanan public cloud, ada baiknya Anda mengonsultasikannya terlebih dahulu degan pihak penyedia layanan atau pelajar lebih lanjut apa saja benefit yang akan mereka berikan bagi Anda sebagai calon penggunanya.

Info apa yang dimaksud dengan public