free page hit counter

Apa Itu VSAT Dan Bagaimana Pemerintah Dapat Memanfaatkannya?

vsat

Perkembangan teknologi membuat industri telekomunikasi berkembang dengan pesat. Luasnya dunia dan bertumbuhnya industri akhirnya mengharuskan adanya inovasi baru dalam mempermudah koordinasi pekerjaan sehingga tercipta sebuah ekosistem industri yang terus membaik.

Baca juga: 3 Infrastruktur Penting dalam Pembuatan Sistem Credit Scoring Perbankan

Hal ini menciptakan teknologi bernama VSAT, yaitu Very Small Aperture Terminal. Sesuai dengan namanya, VSAT adalah stasiun pengirim dan penerima sinyal yang ditampung terlebih dahulu dari satelit yang mengorbit di atas bumi dan memiliki bentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Dengan bentuk yang menyerupai parabola, VSAT menjadi medium yang paling tepat dalam mengirimkan dan menerima sinyal yang dipindahkan oleh satelit dari stasiun lainnya yang berada di sisi bumi yang lain.

VSAT memberikan banyak sekali kemudahan yang ditawarkan untuk para penggunan karena dengan menggunakan VSAT, maka proses pengiriman dan penerimaan sinyal akan berjalan dengan lebih lancar.

Dengan menggunakan fasilitas satelit, posisi VSAT akan selalu mengarah ke atas karena mengarah ke sebuah satelit yang biasa disebut sebagai geostasioner. Geostasioner sendiri adalah satelit yang selalu berada di posisi yang sama dan selalu mengikuti ke mana arah bumi berputar. Hal ini tentunya memudahkan VSAT itu sendiri karena tidak perlu untuk berputar mengikuti arah satelit karena sebaliknya, satelit yang berusaha mengarahkan VSAT ke arah yang sama setiap saat.

Salah satu penyedia jasa VSAT adalah Lintasarta yang memiliki produk Lintasarta VSAT. Dengan memakai Lintasarta VSAT, maka Anda yang sangat membutuhkan kemudahan dalam berkomunikasi antar kantor yang jaraknya berjauhan bisa lebih lancar karena memang itulah solusi yang ditawarkan Lintasarta. Lintasarta VSAT memberikan kebutuhan koneksi yang stabil serta kebutuhan dalam membangun komunikasi dengan kantor-kantor cabang para pelanggan di berbagai pelosok daerah.

Baca juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Hasil Pertanian dengan Teknologi

Banyak sekali industri yang bisa menggunakan VSAT seperti industri keuangan, perbankan, energi, hingga institusi pemerintah. Tapi, bagaimana cara tepat untuk pemerintah dalam memanfaatkan teknologi VSAT?

Mempermudah komunikasi antar kantor

Pemerintah pastinya memiliki kantor yang sangat banyak dan perlu koordinasi yang tepat untuk melakukan itu semua. Dan dengan menggunakan teknologi VSAT, maka komunikasi antar kantor yang jaraknya berjauhan hingga berbeda kota bahkan pulau bisa dilakukan dengan mudah. Itulah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Lintasarta IP VSAT.

Bagi yang ingin mencari solusi tepat dalam kebutuhan berkomunikasi hingga perpindahan data antar kantor, maka bisa memanfaatkan satelit yang dimiliki Lintasarta. Setiap perusahaan yang menggunakan VSAT dari Lintasarta bisa dengan mudah menjangkau kantor lainnya yang bahkan berada di lokasi terpencil.

Menjaga kestabilan komunikasi

Ketika berbicara mengenai komunikasi, maka sangat dibutuhkan komunikasi yang stabil. Itu pula yang ditawarkan oleh Lintasarta VSAT. Dengan layanan SCPC VSAT yang merupakan bagian dari usaha untuk berada di dalam satu frekuensi yang sama, maka pemerintah yang menggunakan layanan ini bisa mendapatkan koneksi dengan dedicated bandwidth.

Di manapun kantor instansi pemerintah itu berada, SCPC VSAT dari Lintasarta tetap bisa menjaga koordinasi dengan baik dan memberikan jaringan komunikasi yang stabil, lancar dan aman. 

Baca juga: Peran Teknologi Modern untuk Mendukung Objek Wisata Sejarah

Demi kelancaran kinerja pemerintah, VSAT sangatlah dibutuhkan dan layak dipilih. Berbagai kelebihan yang sudah dijelaskan di atas pastinya akan membantu pemerintah dalam memperlancar pekerjaan mereka setiap hari serta bisa memberikan dampak positif juga bagi masyarakat yang perlu mendapatkan efek dari kinerja pemerintah. Maka dari itu, Lintasarta VSAT adalah solusi yang paling tepat. Hubungi kami di sini jika ingin menggunakan layanan Lintasarta VSAT.