Home Article Apa Sajakah Fungsi IT yang Dapat Anda Outsourcing?

Apa Sajakah Fungsi IT yang Dapat Anda Outsourcing?

Di era yang sangat bergantung kepada fungsi IT seperti sekarang, semuanya dituntut untuk serba cepat. Kemudahan yang ditawarkan teknologi terkadang tak diimbangi dengan kemampuan adaptasi pelaku IT yang harus belajar hal baru setiap waktu. Dengan perkembangan sepesat ini, mengelola sumber daya manusia dan perangkat di bidang IT menjadi sebuah tantangan yang cukup berat. Dengan semakin banyaknya tantangan dan masalah yang dihadapi pelaku IT perusahaan, muncullah sebuah gagasan untuk melakukan IT outsourcing kepada perusahaan lain. Apa sajakah fungsi-fungsi IT yang dapat Anda outsource-kan?

Managed Mail Service

Pengguna email yang semakin banyak akan membuat Anda sebagai pengelola infrastruktur email terbebani dengan pekerjaan. Kemampuan untuk mengelola segala kerumitan email, konfigurasi user, penentuan policy hingga troubleshooting, tentu Anda miliki, namun apakah keterbatasan waktu dan tenaga pada tim Anda mampu mengakomodasi semua itu?

Solusinya, Anda dapat memanfaatkan layanan managed mail. Layanan managed mail dari pihak ketiga akan membantu Anda mengelola email-email agar lebih terorganisir. Tak hanya itu, kini Anda juga tidak perlu lagi terganggu dengan adanya spam yang terus berdatangan di kotak masuk Anda. Layanan managed mail akan memastikan email Anda bersih dari segala gangguan-gangguan seperti itu. Dengan email yang lebih rapi maka kegiatan komunikasi dengan pelanggan maupun rekan kerja Anda juga menjadi lebih efektif.

Managed IT Security

Teknologi semakin merambah di dunia bisnis sehingga hampir semua kegiatan bisnis tak bisa lepas dari sangkut paut teknologi. Digitalisasi semakin memudahkan para pebisnis dalam melakukan kegiatan operasional mereka, termasuk mengelola data pelanggan. Sayangnya, semakin teknologi berkembang, dunia juga tak lepas dari cybercrime. Untuk itu, Anda perlu melindungi data-data perusahaan agar terhindar dari kerugian yang diakibatkan oleh cybercrime.

Layanan managed IT security bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menjaga agar data yang Anda miliki tetap aman. Sebagai pengelola IT perusahaan Anda, Anda memerlukan jaminan keamanan pada infrastruktur IT Anda. Di situlah layanan managed security berperan untuk mengelola antivirus, firewall, security event management hingga sumber daya ahli yang memantau keamanan IT Anda. Dengan adanya jaminan keamanan ini, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan data perusahaan Anda.

Managed Infrastrucure

Satu lagi fungsi IT yang bisa di-outsource agar kegiatan operasional menjadi lebih efisien adalah managed infrastructure. Infrastruktur IT yang kompleks memerlukan penanganan khusus yang tak jarang juga akan membuat anggaran belanja perusahaan membengkak. Oleh sebab itu, menyewa layanan ini dari luar perusahaan bisa menjadi solusi yang cukup menguntungkan. Layanan managed infrastructure pada umumnya mencakup pemeliharaan seluruh aset IT bahkan penyediaan instrumen IT itu sendiri.

Hal ini tentu saja jauh lebih praktis daripada Anda harus membeli lalu melakukan maintenance-nya sendiri secara berkala. Selain akan membuat biaya operasional membengkak, aktivitas ini tentunya akan menyita lebih banyak waktu sehingga bisa Anda bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang untuk menanganinya. Oleh sebab itu, menyewa jasa penyedia layanan tersebut perlu Anda lakukan.

Teknologi IT dengan fungsinya yang serba otomatis membawa dampak yang signifikan pada kehidupan manusia. Kegiatan operasional yang bisa dilakukan secara digital dengan memanfaatkan otomatisasi komputer akan menguntungkan manusia dalam banyak hal, termasuk tenaga dan waktu.

Photo credit: Pexels.com

Info Apakah fungsi dr IT itu