lintasarta

January 30, 2020

Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih VPN untuk Bisnis?

Pemilihan VPN (Virtual Private Network) untuk bisnis harus sangat diperhatikan. Layanan ini berfungsi membantu Anda mendapatkan akses penuh ke internet dengan aman dan terlindungi. Dalam bisnis penggunaan VPN juga memberikan banyak manfaat, mulai dari privasi yang lebih terjamin, remote access, keamanan jaringan internet yang terjaga, dan hemat biaya pengaturan jaringan. Lantas, apa yang harus Anda perhatikan ketika memilih VPN untuk bisnis?

Baca juga: VPN: Solusi Komunikasi Antar Cabang yang Bisa Digunakan Pemerintah



Kredibilitas perusahaan penyedia jasa


Mengetahui dengan pasti kredibilitas perusahaan penyedia jasa VPN merupakan salah satu hal terpenting ketika Anda memilih VPN untuk bisnis. Memang benar, Anda harus mempercayai perusahaan penyedia jasa yang Anda pilih karena merekalah yang akan mengamankan koneksi Anda, menjaga semua data terenkripsi, serta melindungi aktivitas Anda dari penyusup. Namun, kepercayaan tersebut haruslah muncul setelah Anda memastikan kredibilitasnya.

Bagaimana caranya memastikan kredibilitas perusahaan penyedia jasa VPN? Lakukan tugas Anda. Lakukan verifikasi kebenaran janji-janji dan layanan yang diberikan dan ambil langkah-langkah antisipasi untuk melindungi bisnis Anda bila ternyata janji-janji dan layanan yang ditawarkan tidak mengecewakan. Dengan informasi yang mencukupi, Anda bisa memilih perusahaan penyedia jasa VPN yang berkomitmen memberikan keamanan, menjaga privasi, dan layak dipercayai.

Kualitas masing-masing VPN


Perlu diketahui masing-masing VPN memiliki kelebihan, antara lain sisi kecepatan, anonimitas, maupun kemungkinan untuk bisa dienkripsi. Dengan begitu, Anda harus memilih sesuai dengan yang dibutuhkan. Apabila Anda ingin menonton konten yang secara geografis diblokir, VPN yang memiliki reputasi untuk membuka kunci konten adalah prioritas. Karena dengan demikian, Anda bisa memilih VPN dengan kualitas yang memang Anda butuhkan.

Sebagai contoh, banyak VPN mengalami kesulitan melewati blok Netflix VPN, tetapi NordVPN dan ExpressVPN terus berhasil menegosiasikan hambatan tersebut. Jika Anda menjalankan bisnis dan menganggap privasi dan anonimitas merupakan salah satu hal terpenting, maka VPN yang tidak menyimpan log dan memiliki enkripsi yang aman, harus menjadi prioritas Anda. Ada baiknya juga Anda memeriksa protokol keamanan jika VPN menyertakan fitur kill-switch.

Baca juga: Mengapa After-sales Service di Provider VPN Menjadi Sangat Penting?



Harga


Harga juga menjadi hal yang patut Anda perhatikan. Terdapat beberapa versi gratis VPN di luar sana yang menawarkan banyak fungsi. Meskipun Anda dapat mulai dengan versi gratis untuk melihat cara kerjanya, paket jangka panjang Anda harus ditingkatkan ke versi berbayar. Kenapa? Karena versi VPN gratis memiliki kapasitas terbatas yang mungkin tidak mampu melayani bisnis Anda dengan baik dan maksimal.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan update ke penyedia VPN berbayar, Anda perlu memeriksa jasa penyedia VPN yang memberi Anda fitur maksimum dengan harga minimum. Jika harga menjadi salah satu masalah, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa penyedia VPN yang menawarkan diskon besar ataupun kupon yang bermanfaat. Yang terpenting adalah, jangan mudah terbuai dengan penawaran harga super murah yang tidak masuk akal.

Cari VPN dengan layanan pelanggan yang andal


Salah satu faktor VPN yang sangat penting namun sering diabadikan adalah ketersediaan layanan pelanggan 24/7. VPN berubah sepanjang waktu, dan penting bagi Anda untuk dapat dengan mudah menghubungi seseorang yang dapat membantu bila nantinya Anda menghadapi hambatan maupun kesulitan tertentu. Anda bisa mempertimbangkan VPN yang menawarkan layanan after sales services di seluruh Indonesia untuk memberikan kenyamanan pemakaian VPN secara maksimal.

Pastikan juga jasa penyedia yang Anda pilih memberikan layanan jaminan uang kembali. Jaminan tersebut adalah cara terbaik untuk memastikan Anda tidak terjebak dengan produk yang tidak Anda inginkan. Jika Anda kebetulan memilih VPN yang tidak tepat, membatalkan kontrak bisa jadi masalah besar. Jadi, carilah VPN yang menjanjikan uang Anda kembali dalam jumlah waktu tertentu, jadi Anda tidak diwajibkan untuk tetap menggunakannya sampai kontrak habis.

Baca juga: Managed VPN dengan Real-Time Reporting untuk Percepatan Inovasi


Perhatikanlah beberapa hal di atas ketika memilih VPN untuk bisnis agar Anda dapat memilih VPN yang tepat. Percayakan pada penyedia VPN terpercaya di Indonesia, yaitu Lintasarta untuk memenuhi kebutuhan Anda. Tertarik? Silakan hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.