free page hit counter

Backup Data Perusahaan, Cukupkah dengan Single Cloud?

data perusahaan

Dalam menjalankan bisnis, pastinya terdapat banyak data perusahaan mulai dari milik internal hingga yang berhubungan dengan pihak luar. Oleh karena itu, tentunya perusahaan Anda membutuhkan tempat penyimpanan data yang layak dan aman.

Baca juga: SSD Storage: Manfaat dan keunggulan pada Cloud atau Data Center

Dengan berkembangnya teknologi, saat ini ada penyimpanan data bernama Cloud, yang merupakanpusat penyimpanan data yang menggunakan server virtual dan dapat Anda gunakan setiap saat dan di mana saja. Kapasitas yang besar dan mudah digunakan membuat Cloud menjadi pilihan utama saat ini. Bagi Anda yang punya perusahaan, cloud adalah pilihan yang tepat untuk backup data perusahaan.

Dengan Cloud, Anda tidak perlu takut dalam kasus kehilangan data karena kemungkinan Anda mengalami hal itu sangatlah minim. Pada dasarnya, apa saja faktor dan bahaya dengan hilangnya data milik perusahaan Anda? Berikut penjelasannya:

Faktor dan bahaya hilangnya data

Banyak sekali faktor yang membuat data Anda bisa hilang. Beberapa contohnya, sebagai berikut:

  • Virus dan Malware

Dalam sebuah sistem penyimpanan, virus dan malware akan menjadi ancaman utama. Jika tidak segera diatasi, kedua hal tersebut akan merusak sistem penyimpanan dan menghilangkan data perusahaan milik Anda secara tiba-tiba.

  • Terhapus secara disengaja atau tidak sengaja

Dalam sebuah sistem, terkadang ada masalah yang tiba-tiba muncul tanpa Anda sadari sehingga hal tersebut justru membuat data-data di dalamnya terhapus secara disengaja atau tidak.

  • Masalah Firmware

Firmware berguna untuk menjaga sistem penyimpanan berkerja. Oleh karena itu, ketika ada masalah firmware, data perusahaan milik Anda pun akan rawan hilang.

Baca juga: Cloud 101: Apa Itu Container as a Service (CaaS)?

Dari banyaknya faktor yang bisa membuat data perusahaan Anda hilang seperti di atas, secara tidak langsung akan dapat menimbulkan bahaya besar pada kemudian hari. Apalagi jika itu adalah data-data penting. Untungnya sistem Cloud dapat membuat data-data milik Anda terjaga dengan sangat baik. Dengan server virtual dan sistem pengamanan yang sudah teruji, sangat disarankan Anda untuk memilih sistem backup data perusahaan melalui teknologi Cloud.

Akan tetapi, dengan sistem single Cloud yang hanya menggantungkan seluruh sistem Anda pada satu Cloud provider, membuat sistem ini sebenarnya rentan bagi pemilik sistem aplikasi maupun data perusahaan yang sangat besar.

Jika perusahaan Anda masih terhitung sebagai startup atau perusahaan kecil hingga menengah, penggunaan single Cloud masih terhitung layak. Namun jika Anda memiliki perusahaan besar yang bahkan sudah memiliki cabang di kota besar lainnya serta memiliki karyawan berjumlah ribuan,  single cloud bukanlah pilihan yang tepat.

Pentingnya Cross Cloud Backup

Agar bisa mendapatkan backup data yang baik, Anda bisa menggunakan Cross Cloud Backup yaitu metode backup di lebih dari dua lokasi Cloud. Hal ini akan berguna pada saat ketika terjadi masalah pada kemudian hari di dalam cloud pertama, Anda masih memiliki cadangan data perusahaan yang ada di Cloud kedua.

Jika tidak yakin dengan sistem backup yang biasa-biasa saja dan hanya tersedia di satu Cloud saja, Anda bisa menggunakan Cross Cloud Backup untuk setiap penyimpanan backup data perusahaan Anda.

Baca juga: [Infografis] Tips Memilih Layanan Cloud Computing untuk Perusahaan Anda

Single cloud bisa dipakai digunakan oleh berbagai bentuk perusahaan, tergantung besar perusahaan Anda, tapi jangan lupa untuk menggunakan Cross Cloud Backup agar data yang Anda backup bisa terjaga dengan baik.

Jika tertarik menggunakan layanan cloud, Anda bisa menggunakan Lintasarta Cloud Service, dengan beragam fitur menarik, seperti  Public Cloud, Private Cloud, Cloud Backup dan Cloud Disaster Recovery. Semua fitur tersebut bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Lintasarta selalu memberikan pelayanan terbaik dalam dunia teknologi karena di sanalah keahlian mereka sejak lama. Hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai Lintasarta Cloud.