free page hit counter

Checklist dalam Memilih Provider Data Center di Indonesia

Marker Pencil Pen Check List Checked Checklist

Sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan akan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar, maka digunakanlah teknologi cloud. Dalam menggunakan teknologi cloud, ada satu hal yang perlu Anda pertimbangkan yakni pusat datanya. Sebagai perusahaan yang besar, Anda juga memerlukan pusat data yang besar pula. Sayangnya, masalah lain muncul ketika akan melakukan pengadaan pusat data.

Pusat data memerlukan instalasi infrastruktur yang mana hal itu memerlukan tempat yang luas. Selain tempat yang luas, Anda juga perlu mengeluarkan sejumlah dana untuk pembelian infrastrukturnya. Tak cukup sampai di situ, infrastruktur ini ternyata juga memerlukan perawatan secara teratur untuk menjaga performanya agar tetap bagus. Tentu hal ini cukup merepotkan, bukan?

Solusinya, Anda bisa mempercayakan pusat data Anda pada provider data center yang ada. Mencari provider pusat data bukanlah hal yang sulit karena di Indonesia sudah banyak sekali tersedia. Namun, yang sulit adalah menentukan pilihan provider mana yang tepat untuk menjawab kebutuhan Anda. sebelum Anda memilih layanan provider pusat data, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

Lokasi yang Minim Risiko Bencana

Satu hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih provider layanan pusat data adalah lokasinya. Lokasi pusat data yang rawan mengalami bencana, tentu akan meningkatkan risiko kehilangan data yang lebih tinggi bagi perusahaan Anda. Ketika terjadi bencana, memang sebuah data center dapat melakukan pemulihan dengan fitur disaster recovery yang dimilikinya, namun hal ini memerlukan waktu sehingga Anda pun juga tidak mengakses data di saat yang sama. Semakin rawan bencana lokasi data center berada, maka sebaiknya hindari saja. Pilih provider yang menempatkan infrastruktur mereka di tempat yang aman.

Penawaran yang Fleksibel

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan perusahaan Anda juga pastinya akan mengalami perubahan sehingga hal ini juga akan berimbas pada kebutuhan pusat data Anda. sebaiknya Anda memilih provider yang memberikan penawaran secara fleksibel. Penawaran yang fleksibel ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pilihan layanan yang Anda ambil sesuai kebutuhan. Jika provider Anda tidak memberikan pilihan paket yang memungkinkan konsumennya untuk mengubah layanan yang mereka pakai ke depannya, sebaiknya Anda memikirkan kembali untuk tidak memakai layanan tersebut.

Reliabilitas Tinggi

Kita tidak bisa menjamin suat hal seratus persen sesuai keinginan kita, begitu juga dengan data center. Berbicara mengenai layanan data center, ada satu masalah yang tidak bisa dihindarkan, yakni downtime. Downtime pasti akan terjadi pada setiap data center. Namun frekuensinya dipengaruhi oleh kualitas pusat data itu sendiri. Hal ini berkaitan dengan sertifikasi yang dimiliki oleh suat pusat data tersebut. Semakin tinggi sertifikasi maka semakin minim waktu downtime yang dimilikinya. Pilihlah layanan data yang memiliki waktu downtime total tidak lebih dari dua jam selama satu tahun, karena jika lebih dari itu maka besar kemungkinan akan berimbas pada aktivitas perusahaan dan pada akhirnya menyebabkan kerugian.

 

Dengan berpedoman pada hal-hal di atas sebelum memilih layanan pusat data, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. memilih provider pusat data tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena Anda akan memakainya dalam waktu yang cukup lama. Anda tidak mau menyesal di tengah jalan, bukan? Oleh sebab itu, Keputusan Anda di awal sangat penting saat akan memilih layanan pusat data.

 

Source:

http://www.datacenterjournal.com/five-tips-choosing-data-center-wisely/

Photo credit: maxpixel.freegreatpicture.com