free page hit counter

Cloud 101: Apa Itu Container as a Service (CaaS)?

Ada banyak aplikasi yang terpasang pada berbagai perangkat dan dapat membantu memudahkan penggunaanya. Di balik aplikasi yang terlihat sederhana tersebut, terdapat serangkaian proses yang terangkum dalam Container as a Service (CaaS). Lalu, Apa itu Container as a Service?

Container as a Service adalah model layanan cloud yang memungkinkan Anda untuk mengunggah, mengatur, memulai, menghentikan, dan mengelola Aplikasi dalam bentuk container. Sederhananya, penyedia CaaS menawarkan kerangka kerja yang lengkap untuk menggunakan dan mengelola aplikasi dalam bentuk container.

Baca juga: Seberapa Aman Penggunaan Cloud Bagi Pemerintah?

CaaS sangat berguna bagi departemen dan pengembang IT untuk membangun aplikasi dalam bentuk container yang aman dan scalable. Dalam model CaaS, container disediakan sebagai layanan di dalam cloud. Bagi pengembang aplikasi, CaaS membantu meringkas proses pengembangan dan deployment aplikasi.

Container menawarkan mekanisme pengemasan logis di mana aplikasi dapat diabstraksi dari lingkungan mana mereka dijalankan. Kombinasi ini memungkinkan aplikasi berbasis container untuk digunakan dengan mudah dan konsiten, terlepas dari apakah lingkungan yang ditargetkan adalah lingkungan produksi (production environment) atau bahkan laptop pribadi pengembang.

Apa saja kelebihan Container as a Service?

 

Menggunakan container akan memberikan peningkatan efisiensi dan kemampuan untuk dengan cepat menyebarkan solusi inovatif dalam memodernisasi aplikasi. Containerization juga membantu klien merilis software lebih cepat dan mempromosikan portabilitas antara lingkungan hybrid serta multicloud. Selain itu, containerization membantu mengurangi infrastruktur, perizinan software serta biaya pengoperasian. Berikut selengkapnya kelebihan Container as a Service.

 

    • Portabilitas
      Ketika suatu aplikasi dibuat dalam sebuah container, aplikasi tersebut akan memiliki semua yang diperlukan secara lengkap untuk dijalankan, termasuk dependensi dan file konfigurasi. Keunggulan ini juga memberi perusahaan banyak fleksibilitas, mempercepat proses pengembangan dan mempermudah peralihan ke penyedia cloud yang berbeda.
    • Efisien dan hemat biaya
      Container as a Service sangat efisien dan mampu menghemat biaya perusahaan karena container tidak memerlukan sistem operasi terpisah. CaaS juga membutuhkan lebih sedikit sumber daya dibanding Virtual Machine (VM). Container seringkali hanya membutuhkan beberapa megabyte untuk dijalankan sehingga memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa container dalam satu server. Padahal jika dibandingkan, VM membutuhkan lebih banyak kapasitas untuk dijalankan dalam satu server. Efisiensi turut membantu perusahaan menghemat biaya data center. Container tidak berinteraksi dan terisolasi dari container lain di server yang sama bahkan meskipun mereka berbagi sumber daya yang sama. Dengan begitu, ketika aplikasi eror dalam satu container, container lainnya dapat terus berjalan tanpa mengalami masalah teknis.

 

Baca juga: Panduan Utama Penggunaan Cloud Video Conferencing

    • Keamanan
      Isolasi yang dimiliki container satu sama lain berfungsi ganda sebagai fitur keamanan yang meminimalkan risiko. Jika satu aplikasi dikompromikan, maka dampak negatifnya tidak akan menyebar ke container lain. Selain itu, karena container menjalankan proses aplikasi secara terpisah dari sistem operasi dan tidak memerlukan software khusus untuk menjalankan aplikasi, akan lebih mudah untuk mengelola sistem host yang digunakan. Kelebihan CaaS ini memungkinkan pengembang meluncurkan pembaruan dan patch keamanan dengan cepat.
    • Kecepatan
      Hanya perlu beberapa detik untuk memulai, memuat, mereplikasi atau menghancurkan sebuah container, karena tidak memerlukan sistem operasi. Kelebihan ini memungkinkan proses pengembangan lebih cepat, mempercepat waktu peluncuran ke pasar serta membuat software baru yang lebih mudah dari sebelumnya. Kecepatan ini juga membantu pengalaman pelanggan yang memungkinkan perusahaan dan pengembang mengatasi bug atau merilis fitur baru.
    • Pengembangan lebih ringkas
      Memiliki saluran pengembangan yang efektif dan efisien merupakan keuntungan dari infrastruktur berbasis container. Dengan integrasi ke repository pengembangan aplikasi, layanan CaaS memungkinkan untuk melakukan pengujian, debugging, dan update versi aplikasi secara mudah dan cepat. Fitur ini juga berfungsi ganda untuk memperbarui aplikasi yang hanya mengharuskan pengembang untuk memodifikasi file konfigurasi, kemudian menghasilkan container baru dan menghapus container sebelumnya. Ini merupakan proses yang hanya memakan waktu beberapa saat saja.

 

Baca juga: [Infografis] Tips Memilih Layanan Cloud Computing untuk Perusahaan Anda

Pada dasarnya CaaS merupakan solusi yang memudahkan pengembang untuk merancang web dan aplikasi. Dengan layanan CaaS, aplikasi akan tetap stabil bahkan saat trafik melonjak. Selain itu, pengembang bisa lebih fokus pada pembuatan fitur baru, pembaruan dan perbaikan aplikasi.

Mengandalkan teknologi kelas dunia, Lintasarta Container as a Service memudahkan Anda menggunakan dan mengimplementasikan CaaS. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan lebih lengkap.