lintasarta

June 07, 2022

Menilai Seberapa Jauh Keamanan Cloud untuk Perusahaan

Perusahaan yang beralih ke penyimpanan Cloud terus bertambah dari hari ke hari. Tetapi, banyak individu dan pemilik bisnis yang belum beralih menjadi ragu-ragu karena satu alasan: keamanan. Tidak sedikit yang merasa sangsi dengan keamanan Cloud.



Menyerahkan data sensitif Anda untuk dikelola oleh orang lain, meskipun itu adalah salah satu solusi penyimpanan Cloud terbaik, dapat terasa seperti penurunan kepercayaan secara digital.



Baca Juga: Seberapa Penting Manfaat Cloud untuk Penggunanya, Baik Individu atau Bisnis



Jadi, apakah penyimpanan Cloud aman, dan jika ya, seberapa aman? Jawaban atas pertanyaan pertama adalah ya. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan apa yang membuat Cloud aman, dan menawarkan tip untuk membantu Anda menjaga keamanan data Anda, serta apa yang harus dicari di sistem Cloud yang aman.



Menilai Keamanan Cloud untuk Perusahaan     



Redudansi Data



Salah satu keuntungan terpenting menyimpan data Anda di Cloud adalah tidak hanya dicadangkan sekali, tetapi beberapa kali. Untuk memahami mengapa hal ini penting, perlu diingat bahwa data apa pun yang Anda simpan di Cloud berada di server fisik.



Saat Anda mengunggah data ke ruang penyimpanan Cloud Anda, data tersebut langsung disalin ke beberapa server di pusat data independen. Jadi, dengan satu transfer, salinan data Anda yang identik disimpan di beberapa lokasi.



Redundansi ini sangat penting untuk memastikan bahwa data Anda aman. Jika salah satu server mengalami gangguan secara tiba-tiba, masih ada salinan data Anda yang tersedia di server lain. Bahkan jika seluruh pusat data dihancurkan oleh peristiwa seperti kebakaran atau gempa bumi, salinan lain dari data Anda tersedia di server di pusat data lain, tentunya jika Anda sudah menggunakan layanan Cloud Backup dan Disaster Recovery.



Penyedia layanan Cloud juga secara rutin memeriksa integritas setiap salinan data untuk memastikan tersedia jika Anda membutuhkannya. Sistem ini sangat efektif sehingga Amazon Web Services memperkirakan bahwa kemungkinan kehilangan data Anda dari Cloud hanya satu dari 100 miliar.



Baca Juga: 6 Tips Hemat Biaya Cloud untuk Perguruan Tinggi



Membuat sistem redundansi data yang sama efektifnya hampir tidak mungkin dilakukan tanpa menggunakan Cloud. Anda dapat menyimpan hard drive yang identik di berbagai kota di seluruh negeri, tetapi bagaimana Anda akan menyinkronkan data di seluruh drive tersebut setiap kali Anda mengedit data?



Penyimpanan Cloud menawarkan cara yang efektif untuk memastikan bahwa data Anda terlindungi dari kerusakan drive fisik, yang merupakan salah satu penyebab paling umum hilangnya data.



Pemantauan Penuh



Hal lain yang membuat penyimpanan Cloud aman adalah jaringan Cloud berada di bawah pengawasan yang hampir konstan. Penyedia penyimpanan Cloud utama memiliki pusat operasi khusus yang memiliki staf sepanjang waktu dengan pakar keamanan siber. Tim ini terus-menerus mencari ancaman digital terhadap infrastruktur penyimpanan Cloud mereka, dan mereka memiliki alat yang diperlukan untuk mengunci penyusup.



Selain itu, penyedia penyimpanan Cloud memiliki tim perangkat lunak yang bekerja 24/7 untuk mengelola keamanan aplikasi mereka. Patch keamanan yang hilang adalah salah satu kerentanan paling umum yang digunakan peretas untuk mendapatkan akses tidak sah ke jaringan.



Tim perangkat lunak penyedia Cloud tidak hanya memastikan bahwa setiap bagian dari perangkat lunak ditambal untuk menghilangkan titik masuk, tetapi juga secara proaktif menguji sistem mereka sendiri untuk mengidentifikasi titik kegagalan potensial.



Penyedia penyimpanan Cloud dan operator pusat data juga menganggap serius keamanan fisik server yang menyimpan data Anda. Sebagian besar pusat data dipatroli oleh tim keamanan, dan server sering kali disimpan di kandang terkunci sebagai tindakan pencegahan ekstra terhadap pencurian.



Enkripsi



Semua data yang disimpan di Cloud harus dienkripsi dan hanya Anda yang memiliki kunci enkripsi tersebut. Ini adalah praktik umum di industri penyimpanan Cloud, dan sering disebut sebagai enkripsi end to end.



Di bawah skema enkripsi ini, data Anda dienkripsi sebelum meninggalkan perangkat Anda. Hanya setelah proses enkripsi selesai, file ditransfer melalui Internet ke ruang penyimpanan Cloud Anda. Setelah mereka tiba, mereka tetap dienkripsi saat istirahat di server penyedia Cloud Anda.



Baca Juga: Praktik yang Dianjurkan untuk Mengamankan Aplikasi Cloud



Ini berarti tidak seorang pun, bahkan penyedia penyimpanan Cloud Anda, dapat mendekripsi file Anda dan mengakses kontennya. Jika data Anda dicegat selama transfer ke atau dari Cloud, penyerang tidak akan memiliki informasi yang diperlukan untuk mendekripsi file Anda.



Lintasarta Cloudeka menyediakan solusi layanan Cloud yang aman dan lengkap. Cloudeka memiliki layanan tambahan untuk security, yaitu next-generation firewall, load balancer, dan web application firewall. Untuk informasi lebih jauh tentang layanan Lintasarta Cloudeka, Anda dapat menghubungi kami.