free page hit counter

Fungsi IT Apa Sajakah Yang Dapat Di Outsource?

Metode mempekerjakan karyawan secara outsourcing ini sudah banyak dikenal dari dulu. Alasannya mudah, karena lebih menghemat budget perusahaan dalam melakukan kegiatan operasionalnya. Tenaga outsourcing ini sering diperlukan ketika perusahaan memerlukan tenaga karyawan tambahan namun hanya untuk sementara waktu sehingga daripada menggaji karyawan tetap yang justru akan membuat biaya operasional membengkak, menyewa tenaga outsourcing bisa menjadi solusi yang tepat.

Namun, seiring berkembangnya teknologi menjadikan tenaga outsourcing ini tak hanya terbatas pada penggunaan tenaga manusia, tapi juga teknologi. Berikut beberapa teknologi yang bisa di-outsource-kan.

WAN Optimizer

Bagi perusahaan besar, komunikasi data yang lancar antara kantor pusat dengan kantor cabang adalah hal yang sangat penting. Hal ini berguna untuk menjamin data yang sinkron di setiap cabang perusahaan sehingga Anda pun bisa memberikan layanan yang terbaik bagi para pelanggan Anda. Dalam melakukan komunikasi data ini, pastinya ada aplikasi terkait yang berfungsi untuk mendukungnya. Performa aplikasi yang tepat juga sangat penting.

Namun sayangnya, komunikasi data terkadang membuat konsumsi bandwidth internet membengkak. Akibatnya, biaya operasional perusahaan pun akan meningkat. Untuk itu, fungsi yang satu ini perlu di-outsource-kan untuk menghemat biaya. Pilihlah vendor terkemuka yang mampu menyelamatkan komunikasi data anda tanpa harus mengorbankan bandwidth internet dalam jumlah besar.

Pengadaan Router

Menjalankan bisnis di era modern di mana teknologi sudah semakin berkembang menuntut kita untuk mau tidak mau harus berhubungan dengan internet. Adalah hal yang hampir mustahil jika berbisnis tanpa memanfaatkan internet sama sekali. Penggunaan internet sudah lumrah untuk dunia bisnis. Untuk mendukung karyawan Anda dalam melakukan pekerjaan mereka yang harus selalu terhubung ke internet, Anda memerlukan yang namanya router.

Sayangnya, harga router yang tidaklah murah. Untuk itu Anda perlu menggunakan IT outsource yang mampu menyewakan router mereka. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pembelian maupun perawatan karena pihak penyedia layanan tersebut yang akan bertanggung jawab untuk seluruh prosesnya mulai dari instalasi hingga perawatan. Anda pun bisa menginvestasikan uang Anda untuk kegiatan lainnya.

LAN

Selain router, ada satu lagi fasilitas penunjang kegiatan kantor agar para karyawan dapat memanfaatkan internet secara lebih maksimal, yakni hardware LAN. Bagi perusahaan besar, penyediaan hardware LAN cukup memakan biaya apalagi jika semua pekerjaan karyawan memerlukan koneksi internet. Membeli hardware LAN dalam jumlah besar akan sangat berimbas pada anggaran belanja perusahaan. Belum lagi untuk perawatannya.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan layanan outsource IT yang membantu Anda dalam masalah penyediaan LAN ini. Perusahaan penyedia layanan akan menyewakan hardware LAN mereka lengkap dengan paket perawatannya sehingga Anda tak perlu khawatir dan waktu kerja pun menjadi lebih efektif. Jika Anda sudah terlanjur membeli hardware LAN namun bingung untuk perawatannya, maka carilah vendor yang bisa menyediakan layanan berupa perawatannya saja.

 

Adanya IT outsource tentunya tak hanya memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis, tapi juga mampu menghemat budget serta mendapatkan waktu kerja yang lebih efisien. Dengan memakai layanan IT outsourcing Anda bisa lebih fokus menangani bisnis Anda karena Anda sudah mempercayakan seluruh kegiatan IT pada vendor pilihan Anda tadi. Untuk itu, sebelum memilih vendor pastikan Anda berkomunikasi secara maksimal untuk menanyakan secara lebih detil mengenai layanan yang akan mereka berikan. Jadi, apakah Anda sudah siap mengadopsi teknologi outsource yang satu ini?

 

Photo source: pxhere.com