free page hit counter

Google Apps, Layanan Cloud Indonesia di Bidang Pendidikan

Trend penggunaan gadget dan teknologi yang terus berkembang saat ini memberi ruang yang luas pada perusahaan-perusahaan pengembang komputasi awan atau cloud computing untuk terus membuat inovasi-inovasi teknologi guna mempermudah berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah bidang pendidikan. Saat ini bukan hanya di tingkat universitas, pendidikan di tingkat sekolah pun terus dikembangkan menggunakan prinsip IT yang lebih canggih. Pemerintah mendorong cukup baik penggunaan teknologi yang maksimal di bidang pendidikan. Salah satu produk Layanan Cloud Indonesia yang saat ini sangat memiliki manfaat besar adalah dengan adanya fitur Google Apps yang mampu meningkatkan efektifitas dan kemudahan dalam system pendidikan.

Sebuah layanan Google Apps yang merupakan salah satu produk Layanan Cloud Indonesia,memiliki berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pihak sekolah untuk mempermudah komunikasi dan informasi di sebuah lembaga sekolah, diantara kemudahan yang ditawarkan oleh fasilitas Google Apps tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Gmail, gmail ini berbeda dengan gmail biasa. Di dalam aplikasi Google Apps tersebut, layanan gmail memang disetting khusus untuk para pengguna di sekolah, sehingga alamat-alamatnya langsung memberi keterangan identitas si pemilik, misalnya saja kepsek@smpn10-bdl.sch.id. Pihak administrator google apps tersebut lah yang mengelolanya. Sangat mudah bukan menggunakan inovasi Layanan Cloud Indonesia tersebut. Alamat email menjadi lebih spesifik tidak lagi alamat email biasa.
  2. Google Calendar, merupakan tampilan jadwal yang bisa digunakan untuk jadwal akademik atau kegiatan guru dan sebagainya. Lembaran ini tampil dan bisa diakses oleh siapa saja sehingga sangat memudahkan manajemen kegiatan dan waktu di sebuah sekolah. Sekaligus menjadi papan informasi digital yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja oleh para masyarakat sekolah.
  3. Google Talk, merupakan kemudahan yang paling disukai oleh para pengguna google apps di bidang pendidikan, karena dengan fasilitas ini, para administrator, guru maupun siswa dapat berbicara dengan siapa saja di seluruh dunia, kapan saja dan dimana saja. Ini akan sangat mempermudah komunikasi antara masyarakat sekolah bersangkutan.
  4. Google Docs, melalui layanan ini para penggunanya bisa berbagi dokumen, melakukan presentasi dan sebagainya yang tentu saja sangat bermanfaat untuk kegiatan belajar mengajar masyarakat sekolah.
  5. Google Sites, semacam sebuah website yang tentu saja mampu menjaga dokumen dan juga isi website.
  6. Google Video for education, system pembelajaran secara digital menggunakan fasilitas video sangat diuntungkan dengan adanya layanan ini dari google apps sehingga model pembelajaran akan semakin bervariasi dan lebih unik tentunya. Model pembelajaran yang baru akan membuat para siswa memiliki tantangan baru dan menghilangkan kejenuhan dengan model pembelajaran yang ada sebelumnya.

Sangat banyak keunggulan yang didapatkan dengan menggunakan layanan google apps yang berbasis Layanan Cloud Indonesia. Jadi sebuah lembaga pendidikan baik universitas maupun sekolah sangat ketinggalan zaman jika tidak memanfaatkan fasilitas canggih tersebut. Komunikasi dan informasi akan lebih mudah masuk dan diakses sehingga diharapkan kerja-kerja akademik bisa lebih efektif karena tidak memakan waktu dan biaya yang banyak. Saat ini di Indonesia bisa kita temukan banyak perusahaan yang memberikan Layanan Cloud Indonesia dengan profesional dan tentunya terpercaya. Lembaga-lembaga pendidikan yang sudah menggunakan fasilitas google apps untuk mendorong proses belajar mengajar di sekolah mengaku mendapatkan berbagai kemudahan yang bisa meningkatkan efektifitas kerja lembaga pendidikan.

Bagi sekolah yang belum memanfaatkan Layanan Cloud Indonesia sebaiknya segera mencari perusahaan penyedia Layanan Cloud Indonesia yang terpercaya. Salah satu tolak ukur kemajuan zaman dilihat dari penguasaan teknologinya. Melahirkan siswa-siswa yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional harus diawali dari penguasaan teknologi terkini. Sudah saatnya lembaga pendidikan peduli terhadap penggunaan teknologi. Goole Apps sebagai produk salah satu Layanan Cloud Indonesia menjadi produk yang penting untuk diterapkan di sekolah-sekolah. Melalui pola pendidikan berbasis teknologi diharapkan mampu menjadi solusi system pendidikan konvensional yang sering terkendala dengan masalah-masalah klasik. Teknologi google apps berbasis Layanan Cloud Indonesia menjadi solusi yang harus dicoba pihak sekolah.