Hal-Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Data Center

Sebagai pelaksana operasional sebuah perusahaan yang menciptakan atau menggunakan banyak data, sudah merupakan kewajiban Anda untuk menyediakan fasilitas data center atau pusat data. Pusat data ini diperlukan sebagai fasilitas penunjang yang digunakan sebagai pusat penempatan data, komponen, informasi, dan hal lainnya yang berkaitan dengan IT perusahaan yang erat kaitannya untuk mendukung kegiatan operasional. Ketika akan membangun data center, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun data center.

Mengapa Perlu Data Center

Ada banyak alasan kenapa Anda memerlukan data center. Konsumen Anda memiliki data yang harus disimpan, dan data ini jumlahnya akan terus bertambah. Data center memungkinkan pengguna untuk menyimpan data sewaktu-waktu dalam jumlah yang lebih besar. Selain itu, data center yang sudah memiliki sertifikasi keamanan juga akan menghemat biaya operasional sehingga pengeluaran menjadi lebih efisien. Pusat data juga memiliki sistem data recovery sehingga jika terjadi kehilangan data, Anda masih memiliki back up-nya.

Persyaratan Rancangan Data Center yang Baik

Membangun data center juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, tetapi harus memperhatikan kriteria tertentu. Sejauh mana sebuah pusat data memenuhi kriteria yang ada, akan berimbas pada sertifikasi tier data center yang akan diperolehnya kelak. Semakin banyak kriteria yang dipenuhi, maka semakin tinggi pula tier yang akan didapatkan. Beberapa kriteria tersebut salah satunya sistem kelistrikan. Data center yang memiliki sumber daya listrik cadangan/ backup akan lebih handal karena data bisa diakses sewaktu-waktu meskipun pada kondisi mati listrik/ power outage.

Selain itu, ada juga sistem anti-kebakaran dan pendingin. Sistem pendingin berfungsi untuk mencegah hardware dari kondisi overheat yang bisa berdampak fatal bagi perangkat dan data Anda. Untuk bisa memenuhi kebutuhan Anda (terutama jika bergerak di industri finansial), data center Anda setidaknya memenuhi standar sertifikasi tier 3 dari Uptime Institute.

Fasilitas yang Penting Untuk Dimiliki Data Center

Fasilitas yang dibutuhkan dari data center memang berbeda antara satu perusahaan dengan yang lainnya. Tetapi, sebagai pertimbangan dasarnya, ada 3 fasilitas pokok yang harus Anda tanamkan pada data center Anda. Yang pertama adalah media penyimpanan atau storage. Semakin besar kapasitas penyimpanan data center Anda belum tentu semakin baik, Anda perlu berinvestasi dengan cerdas karena pengadaan perangkat dan ruangan akan membutuhan pengeluaran yang terbilang besar.

Selain kapasitas, infrastruktur keamanan juga perlu dipertimbangkan. Keamanan bukan hanya firewall yang terinstall pada perangkat Anda, namun juga keamanan di level perangkat dan di level network. Data center juga harus memiliki optimasi aplikasi karena biasanya teknologi cloud ini terintegrasi dengan aplikasi tertentu agar lebih mudah digunakan.

Sumber Daya Manusia yang Perlu Disiapkan

Menentukan perangkat dan ruangan adalah satu hal, namun menjaganya beroperasi dengan baik dan memuaskan adalah hal berbeda. Ketika Anda memilih untuk membangun data center sendiri, maka tugas Anda selanjutnya adalah menjaga performansinya selalu baik dan berjalan efisien. Terdapat banyak badan sertifikasi yang menetapkan standar bagi pengelola data center, seperti CCNA dan CCNP dari Cisco, JNCIP-DC dari Juniper Networks dari Juniper Networks, dan lainnya. Untuk memastikan kegiatan operasionalnya efisien dan terstandar, pastikan Anda merekrut orang yang tepat untuk mengelola data center Anda.

 

Itulah keempat hal yang harus diperhatikan ketika akan merancang data center. Semoga membantu!

Apabila Anda membutuhkan konsultasi data center lebih dalam, hubungi Lintasarta disini.

 

Photo credit: flickr.com

Info apa saja yang bisa dilakukan menggunakan ciscohal yg perlu di perhatikan sebelum memenuhi operasional perusahaan jelaskan!