10 Acuan Memilih Data Center yang Baik

10 Acuan Memilih Data Center yang Baik. Apakah Anda sedang berencana untuk menggunakan jasa provider data center? Jika iya, ada beberapa hal yang bisa anda jadikan acuan jika anda ingin memilih provider yang menggunakan kualitas yang terbaik.

Kualitas untuk sebuah data center memang tidak bisa dianggap remeh mengingat bahwa data center merupakan inti dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, supaya Anda dan perusahaan atau organisasi Anda terhindar dari berbagai kesulitan dan masalah, akan lebih baik melakukan langkah pencegahan salah satunya dengan cara memilih data center dalam sebuah provider data center dengan kualitas yang baik.

Di bawah ini merupakan 10 acuan yang bisa anda gunakan sebagai pertimbangan dalam memilih penyedia layanan data center.

1. Efisiensi Penyimpanan

Yang pertama adalah masalah efisiensi penyimpanan. Infrasuktur yang nantinya akan anda sewa harus memberikan keuntungan bagi anda, meningkatkan produkticitasa teknologi informasi anda dan juga harus menurunkan besar biaya yang mungkin harus dikeluarkan perusahaan.

2. Analisis Layanan dan Otomatisasi

Sebuah provider data center yang baik harus memilikii alat penyimpanan data yang mampu untuk secara otomatis atau mandiri mengatur kapasitas data, menganalisi data, segala hal tentang storage dan masih banyak lagi lainnya.

3. Operasional yang Baik

Sebuah provider data center yang baik sebisa mungkin harus memiliki layanan zero down time atau always on terutama bagi aplikasi yang penting bagi bisnis anda.

4. Virtual Storage Tiering

Apakah ini? Sebuah storage pada data center yang baik sudah seharusnya tidak hanya siap untuk menyimpan sesuai dengan kapasitas yang ada, namun harus bisa menyimpan jenis media dan data yang berbeda. Misalnya data yang tidak terlalu kritis bisa disimpan pada DATA drive sedangkan untuk data yang kritis atau penting bisa diletakkan pada flash drive.

10 Acuan Memilih Data Center yang Baik

5. Integrasi Perlindungan Data yang Baik

Sebuah data center yang baik harus memiliki perlindungan data yang mumpuni dimana pengguna bisa melakukan awal pengaturan dan membiarkan sistem berjalan dengan sendirinya. Selain itu, efisiensi operasional pun harus bisa ditingkatkan serta sebisa mungkin menghilangkan kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan manusia atau human error.

6. Memastikan Keamanan Data yang Telah Ditanam

Yang dimaksudkan dalam hal ini adalah pengamanan data dan juga keamanan perangkat haruslah disebar dalam berbagai titik. Akan lebih baik jika sebuah provider data center menggunakan multi level security dalam sistemnya karena akan mencegah beberapa akses tidak sah yang mungkin bisa masuk.

7. Bekerjasama dengan Pihak Ketiga

Bekerja sama dengan pihak ketiga merupakan sebuah bagian dari secure multi-tenancy yang dapat membuat sebuah solusi untuk memisahkan infrastuktur dari teknologi informasi dari storage hingga server.

8. Arsitektur Penyimpanan yang Terpadu

Kita tahu bahwa kebutuhan dari storage tidak selalu sama dan bisa berubah. Oleh karena itu, dalam menghadapi perubahan tersebut, anda membutuhkan sebuah arsitektur penyimpanan yang terpadu. Jika memungkinkan, penyimpanan tersebut harus didukung oleh data ONTAP untuk memberikan beberapa fleksibilitas dalam menghadapi perubahan yang ada.

9. Pengelolaan dan Lokasi

Hal ini mencakup beberapa aspek yang dibutuhkan, sebut saja seperti bangunan yang digunakan, aspek vulkanologi, geologi, topografi serta harus menerapkan standart pengelolaan sebuah data center yang baik dan juga mumpuni. Seperti standar prosedur operasi, standar prosedur perawatan, standar dan rencana pemulihan dan mitigasi bencana, jaminan kelangsungan dalam sebuah bisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Steamless Calling

Yang dimaksud dari steamless calling disini adalah adanya peningkatan dalam sistem yang efisien nakun tanpa perlu menambah tenaga atau orang yang bisa mengelola TI itu, dan juga mengorbankan kapasitas dan kinerja yang ada.

Seperti itulah 10 acuan yang bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih 10 acuan memilih data center yang baik atau bahkan provider data center yang baik.

Dengan memiliki sistem serta persiapan yang matang, maka data center yang ada pun akan sangat berkualitas sehingga dapat mendukung segala kegiatan serta perkembangan bisnis Anda. Hal ini mengingat bahwa tidak dipungkiri data center merupakan sebuah hal yang penting bagi perusahaan atau organisasi.