free page hit counter

3 teknologi penunjang industri pendidikan saat New Normal

3 teknologi penunjang industri pendidikan saat New Normal

Aktivitas masyarakat selama pandemi Covid-19 kini lebih banyak dilakukan melalui platform digital. Selain untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, peralihan aktivitas ini juga turut membantu pemerintah Indonesia mengendalikan pandemi. Aktivitas pembelajaran di sekolah maupun kampus ikut beralih ke platform digital atau disebut e-learning, menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

 

Kini aktivitas belajar mengajar di berbagai tingkat maupun sivitas akademika lainnya dipusatkan secara online di rumah. Bahkan kebijakan ini diwacanakan akan ditetapkan secara permanen. Dikutip dari Antaranews.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, belum lama ini memastikan pihaknya tidak memiliki rencana membuat permanen pembelajaran jarak jauh sebagai satu-satunya model belajar mengajar di seluruh sekolah, khususnya setelah New Normal di Indonesia diberlakukan.

 

Selanjutnya Nadiem Makarim berharap, pihak sekolah dapat mengoptimalkan elemen-elemen teknologi seperti yang dipelajari di masa pandemi Covid-19 demi menunjang proses pembelajaran tatap muka. Berikut 3 teknologi yang dapat menunjang pembelajaran jarak jauh saat New Normal di Indonesia.

 

E-Learning platform

 

Sebenarnya tidak ada yang berubah sepenuhnya dari aktivitas belajar mengajar yang selama ini dilakukan saat pandemi. Siswa, mahasiswa maupun pendidik tetap saling berkomunikasi satu sama lain, melakukan aktivitas belajar mengajar sebagaimana di sekolah atau kampus. Interaksi pun terjadi antara teman sekelas, guru serta dosen. Hanya saja, saluran komunikasinya yang berubah dari fisik menjadi virtual.

 

Tantangannya adalah penyampaian materi belajar yang tepat melalui platform E-Learning, mengingat setiap siswa memiliki perbedaan dalam memahami jenis materi. Beberapa kalangan siswa mungkin merasa lebih baik dalam memahami materi dalam format video, sedangkan kalangan lainnya merasa lebih baik dalam bentuk teks.

 

Sejumlah platform E-Learning dari startup pendidikan seperti Ruangguru, Cakap, Zenius hingga Quipper kini bekerja sama dengan mayoritas operator seluler di Indonesia untuk memudahkan akses belajar selama pandemi dan New Normal. Lintasarta turut mendukung aktivitas ini dengan menghadirkan solusi Lintasarta Smart Campus E-Learning. Selain itu, Lintasarta juga dapat memberikan bundling kuota data seluler kepada mahasiswa demi mendukung aktivitas sekolah dari rumah (School from Home) dalam menggunakan layanan E-Learning milik Lintasarta.

 

Cloud Infrastructure as a Service (IaaS)

 

Cloud turut berperan penting dalam industri pendidikan terlebih di era New Normal. Dengan software berbasis Cloud, lembaga pendidikan dapat memiliki ruang kelas virtual. Praktik ini selain dapat membatasi akses fisik selama pandemi, namun juga mengurangi biaya infrastruktur sekolah maupun perguruan tinggi.

 

Kemudahan dalam hal aksesibilitas juga menjadikan kelebihan Cloud diterapkan oleh industri pendidikan. Layanan berbasis Cloud akan memungkinkan sivitas akademika mengakses sistem maupun konten belajar mengajar hingga ujian dari perangkat apa saja, kapan saja dan dimana saja. Selain itu, skalabilitas Cloud mampu mencakup banyak pengguna sehingga memungkinkan industri pendidikan untuk meningkatkan aplikasi maupun pengalaman pembelajaran dengan cepat dan mudah.

 

Solusi Lintasarta Cloud Services dapat membantu menyederhanakan kompleksitas IT Operation serta menjamin kelancaran bisnis industri pendidikan selama masa New Normal di Indonesia. Dengan mekanisme on-demand dan pay as you grow, Lintasarta Cloud Services menawarkan fleksibilitas yang tinggi sehingga Anda dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan skala bisnis, serta dapat menambah kapasitas server kapan pun dibutuhkan sesuai pertumbuhan bisnis.

 

SD-WAN

 

Jam belajar baik di rumah maupun di sekolah serentak dilakukan dalam waktu yang hampir sama, yaitu pagi hingga siang hari. Dengan menggunakan platform digital secara bersamaan, bukan tidak mungkin peningkatan lalu lintas jaringan akan meningkat hingga padat. Misalnya, saat penyelenggaraan ujian yang serentak dilakukan secara nasional, industri pendidikan perlu mempersiapkan jaringan yang mumpuni demi mengakomodir aktivitas tersebut.

 

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Anda dapat mengandalkan solusi Lintasarta Managed SD-WAN yang dilengkapi dengan solusi High Performance Network, sehingga menjamin trafik yang lebih optimal berkat fitur load balancer. Dengan solusi Lintasarta ini, Anda dapat mengatur alokasi trafik di setiap cabang sesuai dengan kebutuhan.

 

Lintasarta Managed SD-WAN juga terjamin keamanannya. High Security SD-WAN yang dimiliki Lintasarta, dibekali dengan fitur Unified Threat Management (UTM) yang dapat menjaga keamanan jaringan dari ancaman siber.

 

Lintasarta menyediakan sejumlah solusi lain yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda di era New Normal. Hubungi kami untuk mengetahui solusi mutakhir Lintasarta agar bisnis Anda dapat tetap optimal di tengah New Normal di Indonesia.