free page hit counter

4 Cara Membuat Public Cloud Lebih Aman dari Serangan Siber

Public Cloud

Public cloud didasarkan pada model komputasi cloud standar. Penyedia layanan public cloud membuat sumber daya, aplikasi, atau penyimpanan bisa tersedia untuk publik melalui internet. Layanan public cloud bisa tersedia secara gratis atau dengan model bayar per penggunaan. Manfaat utamanya adalah penghematan biaya. Sebab pengguna tak perlu membeli, memasang, mengoperasikan, atau memelihara cloud server dan peralatan lain seperti jika menggunakan private cloud.

Baca juga: Private Cloud atau Public Cloud? Panduan Memilih

Namun, masalahnya public cloud cenderung kurang aman dari serangan siber bila dibandingkan dengan private cloud. Tak sedikit pula perusahaan yang meninggalkan public cloud karena kekhawatiran mengenai keamanannya. Meski demikian, mengingat manfaat yang ditawarkan public cloud, tidak ada salahnya bila Anda tetap mempertimbangkannya. Lantas, bagaimana cara membuat public cloud lebih aman dari serangan siber? Berikut informasinya!

Ketahui layanan keamanan yang diberikan penyedia cloud secara menyeluruh

Cara ini bisa dilakukan dengan memeriksa SLA (Service Level Agreement) yang Anda terima dan pastikan bahwa jaminan keamanan sudah termasuk dalam SLA dan bahwa penyedia cloud dapat mengimplementasikan jaminan keamanan tersebut. Hal ini sangat penting diperhatikan karena bila layanan keamanan yang diberikan penyedia cloud tidak jelas dalam kontrak, layanan keamanan pun sulit diterapkan.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Pertama, bagaimana data akan dilindungi dan apa kebijakan enkripsi yang digunakan penyedia public cloud. Kedua, standar keamanan dan pertahanan apa yang dimiliki terhadap risiko keamanan. Ketiga, rencana pemulihan bencana yang dimiliki. Keempat, proses monitor dan pencatatan kegiatan cloud yang digunakan. Kelima, cara penyedia dalam menangani operasi akhir bisnis dan penghapusan data.

Selaraskan standar dan prosedur internal dengan penyedia cloud

Ketika perusahaan bermitra dengan penyedia cloud dalam model IaaS, keamanan menjadi tanggung jawab bersama. Mayoritas perusahaan saat ini sangat bergantung pada penyedia cloud-nya, mengingat penyedia cloud memberikan keamanan bagi aplikasi dan data perusahaan pada grup IT in-house-nya. Data internal dan keamanan jaringan harus berkembang agar konsisten dengan penawaran layanan penyedia cloud.

Baca juga: Panduan memilih Layanan Cloud Terbaik untuk Perusahaan Anda

Artinya, perusahaan harus menyelaraskan kebijakan keamanan internal mereka agar konsisten dengan penyedia layanan cloud karena data dipindahkan ke cloud. Perusahaan juga harus mengevaluasi dan memahami setiap celah keamanan antara sistem on-premise dan lingkungan cloud yang digunakan. Penerapan prosedur untuk memastikan pengguna akhir (dan administrator) tidak membuat penyebaran cloud tanpa persetujuan dari departemen TI juga harus diperhatikan.

Gunakan perangkat keras dan best practices untuk melindungi data cloud

Solusi cloud perusahaan sering kali merupakan hibrid, perpaduan private cloud dan public cloud. Untuk hybrid cloud, investasi perangkat keras canggih akan menambah lapisan keamanan ke lingkungan cloud. Keamanan dalam cloud harus ada di tiga aspek, yakni memasuki atau keluar dari jaringan perusahaan, memasuki atau keluar dari penyedia cloud, dan di dalam cloud itu sendiri.

Perbarui arsitektur keamanan secara teratur

Pembaruan rutin untuk arsitektur keamanan sangat penting bagi lingkungan cloud apa pun. Dalam banyak hal, keamanan jaringan adalah target yang bergerak dan memerlukan kewaspadaan yang konstan. Fungsi ini dapat dilakukan oleh penyedia keamanan pihak ketiga atau dilakukan sendiri di dalam departemen TI. Jika TI internal tidak dapat menyediakan layanan ini, pertimbangkan untuk mendaftarkan penyedia layanan keamanan terkelola (MSSP).

Baca juga: DevOps – Cloud Computing: Pasangan Andal untuk Tingkatkan Daya Kompetisi Bisnis

 Itulah informasi mengenai cara membuat public cloud lebih aman dari serangan siber. Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan public cloud dari Lintasarta yang mengutamakan layanan security, di mana perangkat kerasnya dibuat sharing, sehingga memastikan keamanan public cloud Anda. Beberapa cara di atas juga bisa Anda lakukan untuk membuat penggunaan public cloud semakin aman dari serangan siber. Semoga bermanfaat!

Hubungi kami di sini jika Anda ingin menggunakan layanan public cloud dari Lintasarta.