free page hit counter

3 solusi ICT untuk industri perbankan dalam persiapan New Normal di Indonesia

New Normal untuk Industri Perbankan

Pandemi yang telah berdampak pada perekonomian di Indonesia mengharuskan berbagai sektor bisnis untuk memiliki strategi baru agar bisnis tetap optimal. Kendati demikian, sektor-sektor vital seperti perbankan dituntut agar segera mengimplementasikan solusi-solusi dan mengeluarkan kebijakan baru saat New Normal untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang harus terpenuhi meski di tengah pandemi.

Di tengah situasi ekonomi yang tak menentu, perusahaan perbankan memang harus menentukan strategi yang sesuai agar tetap dapat mempertahankan eksistensinya. Dalam risetnya, McKinsey bahkan menyebut bank perlu bersiap dengan kemungkinan terburuk dari pandemi saat New Normal. Oleh karena itu, dalam mempersiapkan strategi menghadapi New Normal pun perlu upaya yang tepat agar operasional perusahaan dapat berjalan secara efisien. Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan perusahaan perbankan dalam menyambut New Normal di Indonesia.

    1. Pengembangan Digital Banking

Persiapan New Normal yang dapat dilakukan perusahan perbankan yaitu dalam hal digital banking, mengingat mayoritas masyarakat mengurangi aktivitas mereka di luar rumah. Teknologi perbankan digital dapat membantu perusahaan untuk tetap melayani nasabah dari jarak jauh dengan nyaman dan mudah baik untuk pembukaan rekening, pembayaran online, transfer hingga pengajuan pinjaman. Anda dapat mengembangkan layanan digital banking Anda bersama teknologi perbankan Lintasarta menggunakan solusi pengembangan Mobile Apps, E-KYC untuk kepentingan verifikasi digital maupun solusi eBesha CRM (Omni CRM) untuk menangani keluhan nasabah terpusat dari jarak jauh.

 

    1. Penerapan SOP Kesehatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerbitkan Keputusan Menkes Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan dunia usaha dan karyawan memiliki peranan penting dalam memutus mata rantai Covid-19 sehingga penerapan SOP Kesehatan perlu ditegakkan oleh semua perusahaan termasuk perbankan.

Selain dari sisi administratif, perusahaan perbankan dapat melakukan persiapan New Normal menggunakan teknologi yang dapat membantu melakukan monitoring suhu badan pengunjung dan setiap karyawan yang bekerja di kantor agar tetap memenuhi protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan teknologi thermal monitoring dan pendeteksi masker Lintasarta yang terangkum dalam layanan Lintasarta Intelligence Video Analytics (IVA). Teknologi ini dapat membantu Anda mengurangi kerumunan di perusahaan disebabkan antre dalam hal pemeriksaan suhu badan secara manual (Thermal Gun) dan absensi tanpa kontak fisik.

 

    1. Physical distancing bagi karyawan

Physical distancing sudah didorong oleh pemerintah sejak pandemi di Indonesia terjadi. Hal ini digalakkan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Memasuki New Normal, praktik ini tetap perlu ditegakkan di berbagai perusahaan agar risiko paparan virus dapat diminimalisir dan bisnis dapat berjalan dengan optimal.

Praktik ini dapat didukung dengan kebijakan skema bekerja dari rumah (Work from Home/WFH) untuk sebagian divisi, melakukan pertemuan secara virtual serta monitoring karyawan menggunakan layanan digital. Di antara solusi yang dapat menunjang aktivitas perusahaan tersebut adalah solusi Lintasarta Mobile Workforce VPN yang akan membantu melindungi aktivitas karyawan dari serangan siber selama bekerja dari rumah meskipun menggunakan laptop maupun PC pribadi ketika ingin mengakses jaringan internal perusahaan.

Solusi ini telah disiapkan Lintasarta dan dapat membantu perusahaan Anda memantau karyawan dari jarak jauh. Melalui layanan eBesha xHCM, perusahaan dapat dengan mudah memantau daftar hadir setiap karyawan yang bekerja dari rumah. Sistem DMS juga akan mampu mengelola dokumen perusahaan dengan aman melalui aplikasi yang mudah dioperasikan, agar bisnis tetap dapat berjalan dengan optimal. Layanan ini juga didukung dengan bundling paket data Indosat Ooredoo sehingga dapat mempermudah Anda mendapatkan solusi yang lengkap untuk menunjang WFH. Paket data Indosat Ooredoo yang tersedia dalam layanan ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

 

Sejumlah teknologi lainnya ditawarkan Lintasarta untuk membantu Anda mengembangkan bisnis di era New Normal. Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang solusi Lintasarta lainnya.