free page hit counter

Sudah Efisienkah Komunikasi E-Mail Perusahaan Anda?

Email adalah elemen penting dalam bisnis, tanpa itu, komunikasi bisnis Anda bisa macet bahkan berhenti. Sebagai media komunikasi yang sangat berharga, email membantu tim dan bisnis Anda untuk tetap produktif, up-to-date dengan segala informasi, baik internal perusahaan maupun eksternal. Ini adalah alasan utama mengapa email server Anda harus selalu dalam kondisi up, namun mengelola dan memelihara server email sendiri akan menjadi perkerjan yang sulit, sulit sekali.

Layanan managed mail adalah jalan mudah bagi perusahaan Anda untuk memiliki jaringan email perusahaan tanpa perlu mempekerjakan ahli IT di sisi Anda. Perusahaan penyedia managed mail mempunyai teknologi yang bisa diandalkan, didalam data center yang aman dengan keamanan 24 jam, disamping mereka memiliki ahli-ahli IT untuk memastikan server email berjalan dengan baik.

Keuntungan menggunakan managed mail bagi perusahaan

Bisnis Anda bisa memangkas anggaran dengan signifikan dengan menyerahkan manajemen email kepada professional di bidangnya. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

a. Menghemat waktu dalam pengelolaan dan pemeliharaan

Keuntungan yang sangat jelas adalah Anda tidak perlu pusing memikirkan pemeliharaan dan pengelolaan server email. Disebabkan karena tanggung jawab dipegang oleh penyedia managed mail, Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada demi meningkatkan skala bisnis .

Managed mail bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, bisa diatur sespesifik mungkin. Tiap-tiap perusahaan berbeda-beda kebutuhannya, ada yang membutuhkan dengan skala besar, atau untuk internal perusahaan sendiri, semua bisa diatur dan disesuaikan menurut budget layanan managed mail.

b. Fleksibel dan Scalable

Managed mail bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, bisa diatur sespesifik mungkin. Tiap-tiap perusahaan berbeda-beda kebutuhannya, ada yang membutuhkan dengan skala besar, atau untuk internal perusahaan sendiri, semua bisa diatur dan disesuaikan menurut budget layanan managed mail.

c. Lebih aman

Email bisnis Anda memainkan peranan penting untuk bisnis, karena itu tak jarang hacker mengincar server email untuk mencuri data-data perusahaan. Selain itu serangan spam dan iklan tak diundang akan membanjiri kotak masuk email bila Anda tidak menerapkan filter yang bagus pada jaringan email. Managed mail memberikan jaminan keamanan untuk server email Anda, mencegahnya dari serangan hacker, dan menerapkan email filtering yang bagus agar spam tidak masuk kedalam email perusahaan.

d. Mengirim email lebih banyak dan lebih cepat

Layanan email gratis seperti Gmail menerapkan kuota pengiriman perharinya (500 email). Bila Anda masih menggunakan layanan gratis semacam ini, dampak langsungnya adalah kegiatan promosi dan marketing akan terhambat. Ini adalah salah satu alasan kenapa Anda perlu menggunakan managed mail untuk perusahaan dibanding penyedia email gratisan.

e. Memastikan email sampai ke tempat tujuan

Status pengiriman email mungkin saja delivered. Namun tidak semua email yang berhasil dikirim akan diterima oleh email tujuan. Beberapa sebab diantaranya adalah, email kita teranggap sebagai spam karena mengirimkan banyak email yang identik dari satu alamat IP (kegiatan yang lazim dalam email marketing). Perusahaan Anda membutuhkan infrastruktur khusus agar semua email perusahaan yang Anda kirim bisa sampai kepada calon klien, inilah peran managed mail.

Memilih penyedia managed mail yang tepat

pexels-photo-92331

Memilih penyedia managed mail seperti memilih provider seluler. Pada dasarnya mereka menawarkan layanan yang sama. Anda perlu menimbang banyak sisi seperti, seberapa banyak akun email yang akan Anda gunakan, volume email perhari, kuota penyimpanan, serta biaya yang dibutuhkan. Anda harus memilih penyedia layanan yang memiliki tim IT profesional, mempunyai track record bagus dan berpengalaman.

Lintasarta memiliki tim IT yang berpengalaman dan berdedikasi dalam pengelolaan server, termasuk server email. Lintasarta menawarkan jaminan uptime hingga 99,9% dan layanan 24 jam sehari. Dengan menggandeng Lintasarta sebagai rekan untuk mengurus kebutuhan email perusahaan, Anda serasa memiliki tim IT sendiri namun tanpa mengeluarkan biaya tambahan lain seperti gaji dan tunjangan.