Mengenal Cara Kerja Cloud Computing pada “GoJek”

Cloud Computing pada Go-Jek

Mengenal Cara Kerja Cloud Computing pada “GoJek”. GoJek merupakan sebuah layanan dimana kini Anda bisa menggunakan atau memesan jasa ojek secara online. Layanan ini pun memberikan banyak sekali kemudahan, khususnya bagi mereka yang sering menggunakan layanan ojek ini.

Walaupun mungkin kini GoJek hanya berada pada kota kota besar yang ada di Indonesia dan belum tersebar secara merata di semua kota di Indonesia. GoJek kini mulai sering menjadi pilihan utama karena memberikan beberapa kemudahan. Selain dilihat dari kemudahan nya dan efisiensi dalam memesan ojek, GoJek juga menawarkan harga yang relatif murah bagi pengguna jasa layanannya. Maka tidak heran jika kini GoJek menjadi alternatif yang banyak dipilih dan akan sangat cocok untuk menghadapi kemacetan yang biasa terjadi pada kota-kota Besar.

Jika kita bicara jauh lebih ke dalam mengenai teknologi pengoperasian GoJek ini, kita akan menemukan bahwa GoJek menggunakan sebuah sistem teknologi dengan basis cloud computing.

Nah, pada artikel ini tidak akan dibahas lagi mengenai pengertian dari cloud computing karena pembahasan secara mendalam mengenai cloud computing telah dibahas sebelumnya. Namun artikel ini akan lebih menjelaskan lebih lanjut mengenai seperti apakah cara kerja cloud computing yang seringkali digunakan pada beberapa perusaahan salah satunya GoJek ini. Jika Anda penasaran dengan bagaimanakah sebenarnya sistem cloud computing ini berperan pada perusahaan seperti GoJek, berikut ini informasinya untuk anda.

Mengenal Cara Kerja Cloud Computing pada “GoJek”

Cara Kerja Cloud Computing System

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Cloud Computing menggunakan internet sebagi pusat dari server data dan untuk pengolahan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk tidak melakukan instalasi dalam proses login ke internet, tersambung dalam beberapa program dan menjalankan aplikasi. Lalu seperti apakah sebenarnya cara kerja dari cloud computing system ini?

Yang pertama adalah perintah atau instruksi dari pengguna dan media penyimpanan data akan disimpan secara virtual dengan menggunakan jaringan internet yang terkoneksi. Setelah itu, perintah ini akan dilanjutkan menuju kepada server aplikasi. Setelah server aplikasi selesai menerima semua perintah, maka kemudian data tersebut akan diproses. Sebagai hasilnya, pada proses terakhir akan ada halaman yang berbeda dan diperbaharui sesuai dengan perintah tersebut. Hal inilah yang akan dilihat oleh pengguna dimana kemudian konsumen pun juga akan merasakan manfaatnya. Contoh mudahnya adalah seperti pada penggunaan email pada aplikasi Gmail atau Yahoo. Pengguna tidak harus mengunduh software khusus untuk dapat menggunakan layanannya karena semua data yang terletak pada beberapa server yang berbeda telah diintegrasikan secara umum atau global. Yang diperlukan pengguna untuk dapat menikmati layanannya hanyalah sambungan internet. Sedangkan untuk masalah data, Yahoo dan Gmail lah yang bertanggung jawab dan memiliki tugas untuk mengelolanya.

Pada layanan online GoJek pun, semua memori pengguna dan software pun sebenarnya tidak terletak pada komputer namun diintegrasikan secara langsung dengan menggunakan sistem cloud dengan perantara computer serta dengan sambungan atau koneksi internet. Secara singkat, cloud computing adalah sebuah sistem yang kini banyak dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan ternama maupun perusahaan baru serta oleh organisasi karena akan sangat bermanfaat terutama untuk penyimpanan data yang sangat efisien.

Dalam pendistribusian data yang terkait dan jalur utama, internet merupakan sebuah faktor yang paling penting dan wajib ada. Jika anda tertarik untuk beralih dan menggunakan sistem cloud ini, maka anda pun juga harus memikirkan pula mengenai aspek keamanan dan juga masalah privasi. Beberapa hal yang patut anda waspadai adalah seperti serangan berbagai hacker atau peretas yang seakan tidak pernah berhenti untuk meretas internet. Untuk menanggulangi hal semacam ini, beberapa vendor atau provider data center memang harus selalu melakukan upgrade dan meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Namun selain itu, yang terpenting kita sebagai pengguna harus lebih teliti dan berhati hati dalam memilih provider data center.

Kita sebagai pengguna memang dituntut untuk lebih  bijak dalam menentukan kualitas vendor ataupun provider data center di Indonesia yang akan kita pilih nantinya karena vendor-vendor ini lah yang nantinya akan membantu mengelola data dan menyimpan data dari pengguna dengan menggunakan basis cloud computing system. Demikian tulisan tentang mengenal cara kerja cloud computing pada “GoJek”.

Info server gojekcara kerja aplikasi gojekcara kerja server gojeksistem kerja gojekserver gcm gojekalamat server gojekcara kerja gojekaplikasi penangkap order gojekcara kerja sistem gojeksistem kerja aplikasi gojek