free page hit counter

6 hal yang perlu diperhatikan perusahaan digital saat New Normal di Indonesia

Solusi ICT untuk perusahaan digital menghadapi New Normal

Perubahan perilaku masyarakat mendorong perusahaan digital untuk melakukan inovasi baru menyesuaikan situasi dan kondisi New Normal di Indonesia. Apa saja yang perlu dilakukan?

Dalam menyambut era New Normal di Indonesia, berbagai sektor industri dituntut untuk beradaptasi baik secara internal dalam mengelola operasional perusahaan maupun secara eksternal dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. New Normal cukup erat dengan penerapan berbagai teknologi karena dapat mempermudah aktivitas sembari tetap menjalankan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Perusahaan digital seperti startup memang lekat dengan teknologi. Namun demikian, bukan berarti perusahaan digital tidak perlu melakukan adaptasi dengan New Normal di Indonesia. Perubahan perilaku masyarakat akan turut mendorong perusahaan digital untuk melakukan inovasi baru menyesuaikan situasi dan kondisi New Normal di Indonesia. Berikut 6 hal yang perlu diperhatikan perusahaan digital dalam menyambut New Normal di Indonesia.

    1. Kebijakan Work from Home atau Work from Office

Kebijakan bekerja dari rumah (Work from Home/WFH) kini tak lagi asing bagi perusahaan karena sudah banyak yang menerapkan metode ini saat Pembatasan Sosial Beskala Besar (PSBB) diberlakukan pemerintah. Namun untuk menyambut New Normal di Indonesia, perusahaan perlu mempertimbangkan dan menyiapkan dengan matang opsi WFH atau WFO serta teknologi pendukung WFH agar bisnis dapat tetap berjalan dengan optimal.

Survei yang dilakukan Gartner menunjukkan mayoritas karyawan memilih untuk tetap bekerja dari rumah atau WFH saat New Normal. Hal serupa juga dilakukan Twitter dan Facebook yang mengizinkan karyawan WFH selamanya meski perusahaan tetap memungkinkan karyawan yang ingin bekerja dari kantor. Jika Anda berniat mengikuti jejak Twitter dan Facebook, sejumlah teknologi pendukung WFH yang perlu Anda siapkan adalah mobile workforce VPN, aplikasi absensi hingga fasilitas paket data bagi karyawan untuk menunjang akses Internet.

Lintasarta dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut melalui sejumlah layanan mencakup Lintasarta Mobile Workforce VPN yang dilengkapi fitur end point monitoring system, aplikasi online attendance untuk mengawasi kehadiran karyawan dalam memulai pekerjaan, dan bundling paket data Indosat Ooredoo yang memberikan akses gratis ke sejumlah platform video conference pendukung WFH seperti Cisco, Microsoft Teams, atau Zoom.

 

    1. Online learning

Grab baru-baru ini melakukan PHK pada 360 karyawannya di Asia Tenggara. Keputusan serupa dilakukan berbagai startupyang terdampak pandemi. Kendati demikian, Grab memungkinkan karyawan yang terdampak PHK untuk dapat mengakses layanan pengembangan karir melalui online learning. Terlepas dari hal tersebut online learning akan terus meningkat penggunaannya saat New Normal termasuk di dunia akademis untuk mendukung kebijakan School from Home.

Ketika instansi memberlakukan WFH saat New Normal, teknologi ini juga akan tetap diperlukan untuk meningkatkan kemampuan karyawan maupun mahasiswa. Anda dapat menggunakan layanan Lintasarta Smart Campus E-Learning yang sudah terintegrasi dengan sistem akademik dan SPADA Dikti dengan Linsasarta Cloud serta benefit bundling paket data Indosat Ooredoo.

 

    1. Telemedicine

Startup kesehatan seperti Halodoc atau Alodokter justru meraup berkah saat pandemi. Dengan layanan telemedicine seperti konsultasi dengan dokter secara online, masyarakat menjadi lebih mudah dalam menjangkau dokter tanpa harus keluar rumah. Penggunaan layanan telemedicine melalui aplikasi besutan startup kesehatan pun terus meningkat sehingga medorong perusahaan digital di bidang kesehatan untuk terus berinovasi. Untuk mengembangkan layanan kesehatan, Anda dapat menggunakan layanan Lintasarta Telemedicine berbasis teknologi Cloud dengan benefit bundling Internet.

 

    1. Virtual sport class

Aktivitas olahraga atau gym saat New Normal akan lebih baik dilakukan di rumah. Pasalnya sejumlah risiko dapat mengancam disebabkan keharusan mengenakan masker, berbagi alat olahraga hingga berbagi aliran udara. Oleh karena itu, aktivitas olahraga atau kelas gym yang dilakukan secara virtual dari rumah menggunakan dukungan teknologi dinilai lebih aman.

Untuk melangsungkan aktivitas tersebut, tentunya diperlukan jaringan yang mumpuni mengingat biasanya kelas olahraga dilakukan secara live. Perusahaan penyedia tempat gym atau fitness dapat memanfaatkan Lintasarta Internet Dedicated agar kelas gym yang diselenggarakan dapat berjalan lancar tanpa hambatan atau “macet”.

 

    1. Konser online

Konser online telah menjadi alternatif bagi para penggemar untuk tetap dapat berinteraksi langsung dengan musisi favorit mereka. Mengingat New Normal mengharuskan masyarakat hidup berdampingan dengan Covid-19, konser online kemungkinan besar akan tetap menjadi alternatif terbaik dibanding konser sebagaimana biasanya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, penyelenggara konser harus mempersiapkan teknologi pendukung yang mumpuni seperti Internet Dedicated yang dapat membantu menggelar konser online di berbagai platform tanpa hambatan jaringan. Lintasarta Internet Dedicated dapat membantu Anda menyelenggarakan konser online saat New Normal dengan jaringan Internet yang andal.

 

    1. Layanan streaming

Selain telemedicine, layanan streaming tak kalah naik daun saat pandemi, mengingat orang-orang membutuhkan hiburan saat di rumah saja. Meski New Normal di Indonesia sudah berjalan, layanan streaming seperti yang ditawarkan Netflix, Viu, Spotify maupun Joox tetap akan menjadi sumber hiburan digital masyarakat. Seiring meningkatnya penggunaan layanan tersebut, perusahaan perlu mempersiapkan infrastruktur yang mumpuni untuk menopang peningkatan trafik pengguna.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan pengguna saat mengakses layanan streaming melalui operator seluler yang mereka gunakan. Untuk memastikan akses pengguna tanpa kendala, perusahaan penyedia jasa dapat berkolaborasi dengan operator seluler seperti Indosat Ooredoo yang menyediakan paket data khusus layanan streaming seperti Viu dan lainnya, sehingga pengguna dapat menikmati layanan streaming dengan nyaman selama New Normal.

 

Anda juga dapat menghubungi kami untuk mengetahui lebih detail terkait berbagai layanan Lintasarta dalam mendukung bisnis Anda di saat New Normal atau dengan menghadiri acara webinar kerjasama antara Lintasarta dan Katadata yang akan diselenggarakan pada Jum’at 19 Juni 2020 pukul 10.00 WIB. Webinar kali ini akan membahas bagaimana tren baru ICT di era New Normal dan solusi apa yang dapat digunakan untuk industri digital. Klik bit.ly/WebinarDigitalCompJun untuk daftar.

Info PAKET TEKNOLOGI DIMASA DEWPAN