free page hit counter

Ingin Memilih Jasa DRaaS? Perhatikan Dulu Faktor-faktor Ini!

Data Center

Dalam menjalankan bisnis biasanya perusahaan besar membutuhkan berbagai hal yang harus diurus. Dari urusan karyawan, pekerjaan sehari-hari hingga alat-alat yang membantu berjalannya bisnis perusahaan Anda. Salah satu alat-alat tersebut adalah data center karena perusahaan pasti memiliki berbagai data yang diperlukan dan wajib disimpan. Jumlahnya pun pasti sangat banyak dengan size data yang juga besar.

Baca juga: Bahaya yang Mengancam Data Center

Oleh karena itu, keamanan data hingga backup data perlu dimiliki agar Anda bisa menjalankan perusahaan dengan baik. Untuk itu semua, perlu data center terbaik dilengkapi Disaster Recovery as a Service (DRaaS), yang berguna untuk menjalankan sistem ketika sedang dilaksanakan recovery. Dengan adanya DRaaS, Anda bisa tetap bekerja seperti biasanya.

Namun, bagaimana mencari jasa DRaaS yang bagus? Faktor-faktor apa saja yang perlu Anda perhatikan? Berikut penjelasan lebih lengkap tentang penyedia layanan jasa DRaaS.

Provider memiliki jangkauan yang luas

Faktor pertama dalam memilih jasa DRaaS yang tepat adalah melihat apakah provider tersebut memiliki jangkauan yang luas. Ketika Anda sedang mencari jasa DRaaS, maka jangkauan jaringan itu penting mengingat Anda tidak hanya mengharapkan provider yang memiliki jangkauan di satu daerah saja.

Ketika penyedia layanan tersebut memiliki jangkauan jaringan yang luas, itu artinya mereka memiliki kualitas dan kekuatan dalam menyediakan jangkauan terbaik. Semakin luas jangkauan mereka, maka semakin terbaik pula servis yang akan mereka berikan kepada Anda nantinya.

Melihat kondisi data center

Faktor kedua dalam memilih jasa DRaaS yang tepat adalah melihat kondisi data center. Seperti yang dijelaskan di awal, data center menjadi bagian penting dalam kelangsungan ketersediaan layanan yang diberikan.

Baca juga: Tips Mencegah Kerugian Akibat Downtime pada Data Center

Data center dari penyedia layanan perlu Anda perhatikan karena jika aman dan reliable, maka mereka cocok untuk gunakan, tapi jika tidak, maka sebaiknya Anda jangan memakai jasa mereka. Selain melihat langsung kondisi data center, Anda juga bisa melihat dari testimoni para pelanggan sebelumnya.

Jangan pernah melewatkan tahap ini karena keamanan data yang Anda miliki pastinya perlu diperhatikan baik-baik. Jangan sampai kepercayaan Anda ke penyedia layanan tersebut malah hancur karena kondisi data center yang buruk dan membawa masalah pada masa mendatang.

Melihat pelayanan yang diberikan

Faktor ketiga dalam memilih jasa DRaaS yang tepat adalah melihat pelayanan mereka. Semakin besar perusahaan Anda, maka semakin banyak hal yang perlu diurus. Dan Anda tidak bisa memilih penyedia layanan yang biasa-biasa saja. Anda perlu mendapatkan penyedia layanan yang terpercaya dari segi servis hingga kualitas produk yang mereka tawarkan. Sama seperti faktor kedua, secara keseluruhan, Anda bisa melihat testimoni para pelanggan sebelumnya.

Selain itu, dengan memperhatikan bagaimana kondisi perusahaan mereka sekarang, Anda juga bisa menarik kesimpulan tentang penyedia layanan tersebut karena saat ini, DRaaS bukanlah suatu hal yang bisa dianggap remeh. Dengan adanya DRaaS, Anda tidak perlu khawatir ketika ada perbaikan jaringan dan juga hal-hal mengganggu lainnya. Ketersediaan DRaaS membuat Anda bisa bekerja seperti biasa layaknya tidak ada masalah yang sedang terjadi.

Baca juga: Memahami Sistem Pengelolaan Data pada Private Cage Colocation Data Center

Melihat bagaimana DRaaS begitu penting untuk perusahaan masa kini, Anda juga sebaiknya memakai data center yang memiliki DRaaS sehingga masalah yang bisa timbul pada kemudian hari bisa diredam dengan baik tanpa membawa efek buruk kepada perusahaan. Dalam hal ini, Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan solusi terbaiknya.