free page hit counter

Ini Alasan Kenapa Data Center di Bank Perlu Gunakan Managed DC Operation

Data Center Managed Data Center Operation.

Memiliki perusahaan bertaraf nasional dengan berbagai cabang di Indonesia membuat Anda perlu memiliki sistem manajemen sumber daya manusia yang baik. Namun, dalam praktiknya, tidak semua hal bisa dikerjakan oleh manusia, khususnya pada bagian yang sangat kompleks serta perlu ketelitian tinggi, satu di antaranya data center. Ditambah lagi, tingkat kesulitan tinggi membuat bagian-bagian tersebut harus diurus pihak-pihak yang memang sudah ahli dalam hal ini.

Baca juga: Mengenal Komponen Inti Data Center dan Cara Kerjanya

Saat ini, data center menjadi tempat penyimpanan berbagai data dari pihak perusahaan yang tentunya sangatlah penting. Jika tidak diurus dengan baik, masalah bisa datang dengan cepat dan membuat perusahaan dalam kondisi yang berbahaya, khususnya dalam dunia perbankan.

Data center dalam dunia perbankan biasanya menyimpan informasi mengenai nasabah yang tentunya akan sangat banyak sekali. Untuk mempermudah kinerja dari pengurusan data center di bank, Ada bisa menggunakan layanan Managed DC (Data Center) Operation yang memiliki beberapa keunggulan. Apa saja keunggulan tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya.

Alasan menggunakan Managed DC Operation

Banyak sekali alasan penting menggunakan Managed DC Operation. Namun, sebelum masuk ke dalam pembahasan tersebut, sebaiknya kita lebih dulu memahami apa itu DC Operation. DC Operation merupakan proses kerja untuk pengurusan data center di bank. Hal ini termasuk bagian proses komputing dan non-komputing di dalam data center dengan proses manual atau pun otomatis untuk mengatur operasional.

Dengan Managed DC Operation, Anda bisa mendapatkan:

  • Urusan infrastruktur yang diurus dengan baik dari nol hingga bisa digunakan dengan mulus tanpa masalah apa pun.
  • Urusan keamanan yang diberikan untuk menjaga data center dari berbagai serangan dari luar. Hal ini sangat penting karena jika tidak ada keamanan yang baik, data-data yang ada di dalamnya bisa hilang dan menimbulkan masalah.
  • Urusan power dan cooling yang sangat dibutuhkan data center karena proses kerja selama 24 jam non-stop membuat hardware di dalam data center bisa mengalami masalah jika tidak adanya power serta cooling yang layak.
  • Urusan manajemen yang terus mengurus prosedur kerja data center dengan baik.

Beberapa keunggulan Managed DC Operation dalam poin di atas bisa Anda dapatkan lewat layanan Lintasarta.

Cost pelatihan yang tinggi

Jika Anda melihat Managed DC Operation hanya tergantung oleh mesin, tentu saja kurang maksimal karena kehadiran tim manajemen yang baik juga perlu dimiliki. Hanya saja, mencari SDM dengan skill mumpuni di bidang data center tidaklah mudah.

Baca juga: 4 Alasan Anda Harus Menggunakan Data Center di Indonesia

Pada akhirnya, karena harus bersaing dengan kompetitor, sementara permintaan terhadap SDM tersebut cukup tinggi, Anda pun mau tidak mau harus siap memberikan fee besar. Belum lagi jika harus mengadakan pelatihan, tentunya akan membutuhkan biaya tambahan lagi. Namun, jika Anda menggunakan Managed DC Operation Lintasarta, Anda bisa menghemat uang, tenaga, dan waktu.

Lintasarta akan menyediakan SDM yang ditempatkan di data center perusahaan Anda. SDM yang di-assign Lintasarta pun tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi karena telah memiliki jam terbang cukup tinggi di bidang data center. Nantinya juga Anda akan mendapatkan report untuk memastikan bahwa data center selalu berjalan optimal.

Proses rekrutmen dan retensi karyawan

Dalam mengurus Managed DC Operation juga harus diperhatikan sejak proses rekrutmen hingga retensi karyawan. Jika sudah ada filter jelas dari awal, karyawan yang tersaring pastinya memiliki kualitas baik dan layak diberikan tugas untuk mengurus Managed DC Operation.

Baca juga: Cara Terbaik Menghindari Human Error Saat Mengelola Data Center

Seperti yang diketahui, Managed DC Operation di bank bukanlah urusan mudah karena jauh lebih rumit dan berisiko dibandingkan di industri lainnya. Untuk itu, perlu adanya seleksi ketat karyawan sejak proses perekrutan. Oleh karena itu, melihat bagaimana Managed DC Operation sangat berguna untuk bank, memang sudah waktunya bagi industri perbankan untuk memakai Managed DC Operation agar proses kerja mereka bisa lebih lancar dan mulus daripada sebelumnya.

Tertarik menggunakan layanan Managed DC Operation Lintasarta? Lebih lengkapnya Anda bisa menghubungi kami di sini.