free page hit counter

Ini Keunggulan SD-WAN Dibandingkan Traditional WAN

Keunggulan SD-WAN

Teknologi tradisional WAN (Wide Area Network) telah lama menjadi pilihan utama untuk infrastruktur jaringan TI, audio, dan data. Seiring perkembangan teknologi, kini hadir SD (Software-Defined)-WAN. Baik Traditional WAN maupun SD-WAN memiliki keunggulan masing-masing. Namun, dengan berbagai alasan, sejumlah perusahaan atau organisasi cenderung menggunakan SD-WAN. Kira-kira, kelebihan apa saja yang dimiliki oleh SD-WAN dibandingkan Traditional WAN?

Baca juga: Penasaran dengan Cara Kerja WAN Optimizer? Berikut Informasinya!

SD-WAN adalah pendekatan unik untuk jaringan area luas karena menggabungkan teknologi Traditional WAN, seperti MPLS (Multiprotocol Label Switching) dan koneksi internet. Ini memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mengarahkan lalu lintas ke lokasi terpencil dan beberapa kantor atau cabang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa keunggulan SD-WAN dibandingkan Traditional WAN:

Multiple link resilience

Lingkungan Traditional WAN biasanya memiliki satu tautan jaringan yang masuk ke setiap lokasi. Dengan SD-WAN, berbagai macam tipe WAN dapat digabungkan, baik jaringan private atau pun publik dan dari berbagai ISP yang berbeda. Sehingga hal tersebut dapat menjadi keunggulan SD-WAN karena dapat menghilangkah satu titik kegagalan yang dapat menjatuhkan jaringan.

Mendukung penerapan komputasi awan (cloud)

Traditional WAN didasarkan pada router konvensional yang tidak ramah cloud. Sebuah perusahaan atau organisasi yang menerapkan Traditional WAN membutuhkan perombakan kembali semua lalu lintas–termasuk yang menuju ke cloud–dari kantor cabang ke pusat data hub atau kantor pusat tempat layanan pemeriksaan keamanan canggih dapat diterapkan.

Baca juga: Manfaat WAN Optimizer untuk Sinkronisasi Data Bank Antar Cabang

Dengan SD-WAN, jalur baru dapat ditambahkan dengan cepat dan mudah ke situs yang membutuhkan kapasitas yang lebih. Dengan menghubungkan situs-situs secara langsung ke internet, SD-WAN mengurangi hambatan dan penundaan yang umum terjadi pada WAN yang lebih lama.

Kemudahan implementasi

Ketika perusahaan atau organisasi membuka kantor cabang baru, proses bisnis, operasioal dan lain-lain bisa bertambah rumit. Faktor biaya pun bisa membengkak. SD-WAN memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mengatur jaringan yang andal dan aman dengan cepat, menggunakan ISP mana saja yang paling sesuai untuk setiap lokasi.

Memaksimalkan kinerja dan produktivitas

Keterlambatan yang disebabkan oleh kapasitas bandwith terbatas merusak kinerja aplikasi yang mengakibatkan pengalaman pengguna yang buruk dan kehilangan produktivitas. Berbeda dengan arsitektur Traditional WAN, keunggulan SD-WAN dapat dilihat dari model yang dirancang untuk sepenuhnya mendukung aplikasi yang hosting-nya berada di lokasi data center, cloud publik, atau pribadi dan solusi Software as a Service (SaaS).

SD-WAN memungkinkan sebuah perusahaan atau organisasi untuk menetapkan aplikasi utama secara cerdas ke berbagai tautan, termasuk jalur internal dan koneksi Internet, memberikan jaminan kualitas layanan (QoS) yang berbeda untuk masing-masingnya. Ini memungkinkan perusahaan menerapkan sumber daya yang tepat dalam setiap situasi untuk memaksimalkan kinerja dan produktivitas sambil meminimalkan biaya.

Baca juga: Keuntungan Managed Service Secure SD-WAN untuk Perusahaan Anda

Pada akhirnya, keputusan antara Traditional WAN dan SD-WAN tergantung pada situasi sebuah perusahaan/organisasi dan infrastruktur saat ini. Jika sedang mencari layanan SD-WAN berkualitas, Anda bisa menggunakan layanan Managed Service SD-WAN milik Lintasarta. Informasi lengkapnya, Anda bisa menghubungi kami di sini.

Info sd wansdwansd wan adalah