free page hit counter

Inilah Keunggulan Pengguna Multicloud di Sebuah Industri

multicloud

Multicloud saat ini banyak dipilih oleh perusahaan maupun industri besar ketika sistem digital mereka beralih ke sistem cloud. Layanan ini memiliki banyak keunggulan yang dapat membantu kinerja perusahaan maupun industri. Terlebih bagi industri yang bergerak dalam bidang digital dan membutuhkan jaringan internet stabil dan koneksi yang baik.

Baca juga: DevOps – Cloud Computing: Pasangan Andal untuk Tingkatkan Daya Kompetisi Bisnis

Apa saja keunggulan multicloud ini untuk perusahaan sehingga layak untuk Anda pilih? Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda simak sebagai bahan pertimbangan. 

Terhindar dari serangan DDoS

Serangan dalam sistem jaringan komputer dan internet memang tidak bisa dihindari. Dari sekian banyak ancaman, salah satu yang paling dikhawatirkan para pelaku bisnis digital adalah Distributed Denial of Service (DDoS).  Serangan DDoS ini dapat menyerang server, situs web, maupun jaringan. Akibatnya layanan terhadap pengguna ditolak karena server diretas hacker.

Dampak lain dari serangan DDoS yang sangat merugikan adalah dapat menyebabkan downtime. Bila jaringan mengalami downtime, yang terkena dampak tidak hanya dari segi kerugian finansial saja, tetapi juga produktivitas karyawan. Adanya jaringan multicloud dapat menanggulangi serangan DDoS ini, karena bila salah satu layanan cloud mengalami penurunan kemampuan, masih terdapat cloud lainnya yang dapat mengatasi muatan hingga layanan kembali pulih.

Lebih fleksibel

Keunggulan lainnya dari multicloud adalah kemampuannya yang lebih fleksibel. Hal ini dikarenakan multicloud memiliki kemampuan menentukan perbedaan layanan cloud atau fitur lainnya dari provider yang berbeda. Anda bisa menggabungkan provider yang sudah Anda gunakan dengan provider lain dan mengkombinasikannya sesuai kebutuhan industri.

Adanya fleksibelitas tersebut dapat membantu perusahaan maupun industri dalam memaksimalkan jam-jam uptime serta meminimalisasi downtime. Selain itu, otomatisasi dalam lingkungan multicloud dapat menyeimbangkan kebutuhan perusahaan. Dengan begitu perusahaan maupun industri dapat bekerja lebih mudah dengan menggunakan jaringan cloud yang mumpuni.

Baca juga: Public atau Private Cloud: Mana yang tepat untuk bisnis Anda?

Memiliki keandalan lebih baik

Hal yang paling buruk saat Anda menangani sebuah website adalah adanya Single Point of Failure (SPOF). SPOF ini bisa saja terjadi karena kesalahan mesin dalam komputer atau dari serangan para hacker. Cara menghindarinya adalah dengan menggunakan redundasi, namun hal tersebut ini membutuhkan sebuah sistem hosting yang baik.

Namun, apabila sistem hosting mengalami gangguan, redundasi tidak bisa berjalan optimal. Mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan beberapa layanan maupun strategi multicloud dalam melindungi website Anda dari risiko SPOF. Terlebih bagi jaringan industri maupun perusahaan besar.

Dapat menghemat biaya dan kinerja

Perusahaan besar maupun bidang industri memiliki mobilitas yang tinggi dalam hal produk. Bila sebelumnya Anda menggunakan cara lama atau cara konvensional jelas akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Memindahkan data Anda ke sistem multicloud dapat mengurangi biaya dan kinerja.  Anda bisa bayangkan bila tidak menggunakan multicloud, bisa saja jaringan internet perusahaan akan rentan dari serangan dan risiko kehilangan data. Bila hal tersebut terjadi, Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk memgamankan data. Lain halnya bila menggunakan multicloud, Anda bisa bebas mengkombinasikan layanan cloud sesuai kebutuhan perusahaan.

Baca juga: 4 Cara Membuat Public Cloud Lebih Aman dari Serangan Siber

Di Indonesia perusahaan penyedia jasa internet yang memiliki strategi multicloud adalah Lintasarta. Lintasarta memiliki beberapa fitur canggih berkeamanan tinggi. Selain itu, Lintasarta juga memberikan layanan yang handal dan terjangkau lewat paket Best Value for Money, Packaged Solution, dan mekanisme Pay as You Grow yang bisa Anda pilih. Tertarik menggunakan layanan ini? Anda bisa hubungi kami di sini untuk mengetahui info lebih lanjut.