Kapan Terakhir Anda Melakukan Backup?

Ketika tengah bekerja, tiba-tiba PC Anda mengalami kerusakan atau terserang virus tertentu yang menyebabkan hilangnya akses ke data yang ada di dalamnya. Jika terjadi hal demikian, tentunya Anda akan panik bukan kepalang, bukan? Apa lagi jika tidak memiliki data salinan. Tanpa data yang memadai, tentunya Anda akan kesulitan dalam melanjutkan pekerjaan, bukan? Oleh sebab itu, backup data amat penting dilakukan. Berikut beberapa alasannya.

Bencana Datang Sewaktu-waktu

Anda tidak tahu kapan komputer Anda akan mengalami kerusakan. Atau jika tiba-tiba virus menyerang sehingga melumpuhkan komputer Anda dan menyebabkan Anda kehilangan akses ke data yang ada. Padahal, data ini sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan perusahaan. Apa lagi jika data yang hilang erat kaitannya dengan konsumen Anda. Tentunya hal ini akan menjadi masalah yang serius. Jika Anda memiliki backup file tersebut, tidak perlu khawatir karena data masih bisa disalin lagi sehingga kegiatan operasional masih bisa berjalan seperti biasa.

Hardisk Hilang atau Rusak

Masalah ini cukup sering dialami oleh setiap orang yang menyimpan data mereka di komputer. Entah hard disk hilang atau rusak, data yang ada di dalamnya harus bisa diselamatkan. Hard disk hilang atau rusak bisa dibeli, tapi tidak dengan data yang ada di dalamnya. Sebelum hal ini terjadi, langkah yang tepat untuk mengantisipasinya adalah dengan melakukan backup secara berkala. Saat hard disk hilang atau rusak pun Anda masih memiliki salinan data yang diperlukan.

Waktu Adalah Uang

Coba pikirkan kembali, berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mengumpulkan data-data sebanyak itu. Arsip yang merupakan riwayat kegiatan operasional perusahaan baik itu terkait arsip finansial atau yang berkaitan dengan klien tidak dibuat dalam waktu satu hari saja, tetapi berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Bisa Anda bayangkan jika terjadi kerusakan yang menyebabkan data tersebut hilang, tentu pengarsipan yang Anda lakukan selam ini menjadi sia-sia. Untuk mendapatkannya lagi akan sangat sulit. Mungkin beberapa bisa Anda dapatkan kembali tapi jika transaksi sudah terjadi berbulan-bulan yang lalu, Anda tentunya tidak bisa memutar waktu, bukan?

Untuk Memberikan Layanan yang Terbaik Bagi Konsumen Anda

Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, terlebih dahulu Anda harus memberikan jaminan keamanan pada mereka. Salah satunya dengan memberikan layanan setiap saat. Misalnya ketika konsumen mengeluhkan produk Anda, maka Anda bisa dengan sigap mengidentifikasi masalah tersebut dan mengedukasi pelanggan dengan informasi terkait produk mereka. Data informasi ini harus tersedia dan bisa diakses sewaktu-waktu. Dengan ketersediaan informasi, Anda bisa memberikan penanganan yang tepat guna sesuai dengan keluhan konsumen.

Backup Data Anda di Cloud untuk Keamanan Maksimal

Melakukan backup secara terus-menerus akan mengurangi kapasitas hard disk Anda. Membeli hard disk baru tentunya bukan menjadi solusi yang tepat mengingat hal ini akan membuat anggaran belanja perusahaan membengkak. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan layanan cloud service yang menyediakan kapasitas lebih besar sehingga sudah tidak perlu lagi menggunakan hard disk.

Selain itu, layanan cloud service juga memungkinkan Anda untuk melakukan backup di mana pun dan kapan pun sehingga lebih praktis. tak hanya itu, data pun juga bisa Anda akses sewaktu-waktu sehingga lebih fleksibel.

 

Jadi, backup ini sangatlah penting. Karena data yang Anda miliki berubah sewaktu-waktu, maka backup yang ada juga harus ter-update. Sebaiknya jadwalkan setiap berapa minggu sekali Anda sebaiknya melakukannya. Atau jika dalam satu hari saja perubahan datanya sudah banyak, maka ada baiknya melakukan backup setiap beberapa hari sekali. Jadi coba ingat kembali kapan terakhir Anda melakukan backup?

 

Photo source: pixabay.com