free page hit counter

Ketahui Keunggulan Internet Dedicated untuk Bisnis

Internet dedicated

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang paling utama bagi sebuah perusahaan. Tanpa adanya internet, kinerja perusahaan akan terganggu bahkan lumpuh total.

Internet dedicated menjadi pilihan tepat bagi perusahaan atas keunggulan koneksi yang stabil dan super cepat. Memiliki kecepatan 1:1, artinya kecepatan download internet dedicated sama dengan kecepatan upload-nya.

Baca juga: 5 Pertimbangan jika Perusahaan Manufaktur Ingin Memilih Provider Internet

Internet jenis ini tentu berbeda dengan jenis akses internet lainnya, seperti internet broadband. Pada umumnya, kecepatan koneksi broadband dibatasi dan menjadi fluktuatif karena sistem contention ratio atau pembagian bandwidth yang digunakan oleh beberapa pengguna. Hal ini tentu menjadi pengaruh besar pada kecepatan internet yang tidak bisa digunakan secara maksimal.

Adapun yang menjadi keunggulan dari internet dedicated adalah sebagai berikut:

  • Rasio stabil

Dalam internet broadband, mungkin Anda pernah melihat hasil speedtest-nya sangat tinggi. Namun dalam kenyataannya, internet yang Anda gunakan berjalan lambat bahkan sangat lambat. Dengan kata lain, angka-angka yang Anda lihat pada speedtest bukanlah angka yang sepenuhnya berasal dari network.

Lain halnya dengan internet dedicated yang menjamin perusahaan Anda dalam mendapatkan kecepatan koneksi dengan rasio 1:1. Sehingga Anda bisa memanfaatkan kecepatan bandwidth yang tersedia dan sesuai dengan kebutuhan.

  • Bandwith simetris

Sifat dari internet dedicated berikutnya adalah menawarkan bandwith yang simetris sehingga menjamin kecepatan yang sama antara kecepatan download maupun upload. Kecepatan ini sangat konstan dan stabil, sehingga Anda bisa mengakses berbagai keperluan tanpa khawatir terhadap gangguan koneksi. Artinya, bila dalam paket kecepatan download-nya sekitar 10 Mbps, maka kecepatan upload-nya juga sebesar 10 Mbps.

  • Adanya jaminan SLA

Internet dedicated juga memiliki penawaran terbaik dalam hal Service Level Agreement (SLA). SLA ini adalah perjanjian antara dua perusahaan penyedia layanan tersebut dengan perusahaan konsumen, yang isinya bisa tentang tanggung jawab terhadap layanan dan garansi.

Dengan adanya SLA, konsumen bisa mendapatkan ganti rugi dari perusahaan penyedia layananbila terjadi hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan. Misalnya bisa berupa pengembalian sebagian biaya langganan.

Untuk menerapkan layanan SLA ini, biasanya tiap provider memiliki persentase beragam, bahkan ada yang mencapai 99 persen.

Baca juga: Akses Internet Bisnis di Indonesia

  • Memiliki after sales yang menguntungkan

Selain dari memperhatikan segi infrastruktur, after sales service menjadi hal yang penting bagi setiap perusahaan dalam mempertimbangkan layanan internet dedicated yang akan digunakan. Perusahaan provider tidak jarang memberikan layanan ini bagi para konsumennya selama 7 hari 24 jam. Dengan after sales service, produk maupun layanan internet dapat dipastikan berjalan dengan baik.

 Keuntungan bagi perusahaan konsumen

  • Koneksi tetap lancar meski banyak pengguna

Sebuah perusahaan besar pasti akan membutuhkan koneksi untuk mendukung operasional bisnis setiap harinya. Apabila Anda menggunakan internet broadband, maka koneksi menjadi sangat fluktuatif karena bandwith yang ada harus dibagi dengan banyaknya pengguna.

Namun lain halnya jika Anda menggunakan internet dedicated. Dengan rasio koneksi 1:1, membuat koneksi jaringan tersebut tetap lancar dan Anda tidak perlu khawatir pekerjaan menjadi terhambat meski jumlah pengguna cukup banyak.

  • Kordinasi dengan klien lebih mudah

Sebagai perusahaan besar, Anda tentu memiliki klien yang beragam dalam jumlah yang tidak sedikit. Internet menjadi kebutuhan utama dalam berkomunikasi dengan klien.

Contohnya bila klien tidak dapat melakukan rapat tatap muka, Anda pun perlu koneksi yang stabil guna melakukan video conference dengan klien. Begitu juga untuk proses pembayaran online, internet dedicated bisa memberikan koneksi yang stabil dan lancar.

  • Dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Internet dedicated memiliki paket yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun yang pasti, internet dedicated dapat memberikan kenyamanan berupa back upstream secara penuh. Adanya jaminan ini akan membawa keuntungan besar bagi perusahaan Anda, sebab internet akan beroperasi selama 24 jam penuh tanpa adanya gangguan yang dapat membawa risiko bagi perusahaan.

Baca juga: Tips Memperluas Jaringan Internet Untuk Bisnis Online

 Untuk mendapatkan layanan internet dedicated terbaik di Indonesia, Anda bisa memilih Lintasarta sebagai mitra strategis perusahaan. Dengan pengalaman menangani perusahaan besar dan pemerintahan, Lintasarta telah memberikan layanan internet dedicated lebih dari 31 tahun dengan total solution yang bisa diandalkan. Anda bisa menghubungi kami di sini untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut soal internet dedicated Lintasarta.

Info dedicated 10 mbps5 keunggulan internetmamfaat internet dedicatednyobain dedicated 5mbps bisa apapaket dedicated internet lintasarta