free page hit counter

Keuntungan Managed Service Secure SD-WAN untuk Perusahaan Anda

Manage Service SD-WAN

Para tenaga TI di perusahaan saat ini menghadapi banyak tantangan dalam mengelola jaringan WAN (Wide Area Networks) yang cenderung semakin kompleks. Kinerja jaringan, baik kecepatan dan keandalan suatu link atau koneksi adalah suatu hal yang penting agar operasional bisnis perusahaan dapat tetap berjalan dengan lancar. Hal inilah yang mendasari Anda perlu mencari tahu keuntungan menggunakan layanan Managed Service Secure SD-WAN.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Data Center di Bank Perlu Gunakan Managed DC Operation

State of the WAN 2019, sebuah studi yang dirilis baru-baru ini mensurvei 795 orang praktisi TI dan jaringan dari berbagai perusahaan di seluruh dunia untuk menemukan berbagai jenis tantangan utama yang ditemukan dalam mengelola WAN secara global. Dalam studi tersebut didapatkan data 40% responden mengeluhkan biaya WAN yang tinggi, dan 35% mempermasalahkan kompleksitas dalam pengelolaan dan pemeliharaan jaringan WAN.

Penggunaan aplikasi SaaS menjadi motor penggerak atas perubahan jaringan perusahaan. Dengan dibutuhkannya aksesibilitas ke arah public internet, maka faktor keamanan jaringan menjadi sangat penting. Hal ini sejalan dengan laporan State of the WAN 2019 yang mencatat 35% responden menyebutkan akses layanan cloud seperti SaaS adalah sebagai suatu masalah yang penting dalam mengelola jaringan WAN.

Keuntungan Secure SD-WAN

Tantangan yang ditemui dalam mengelola jaringan WAN dapat diatasi dengan menerapkan teknologi SDN (software-defined networking) pada jaringan WAN. Teknologi SDN pada WAN ini biasa disebut sebagai SD-WAN (software defined wide area network). SD-WAN menjanjikan fleksibilitas, keamanan, dan mengurangi kompleksitas jaringan.

SD-WAN memungkinkan pengelola jaringan untuk menciptakan Hybrid infrastruktur antara MPLS dan Internet, sehingga dapat memaksimalkan kelebihan dari kedua teknologi tersebut, yang berdampak terhadap efektif dan efisien nya kinerja perusahaan dalam mengelola sebuah jaringan WAN.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Data Center di Bank Perlu Gunakan Managed DC Operation

Berkat teknologi SDN, administrator jaringan dapat mengendalikan jaringan WAN dan traffic dari satu tempat secara terpusat. Fitur load balancer (penyeimbang beban) memungkinkan administrator jaringan mengatur alokasi lalu lintas data di setiap kantor cabang sesuai kebutuhan sehingga lebih optimal.

Dari segi keamanan, fitur seperti UTM (unified threat management) dapat menjaga keamanan jaringan dari ancaman luar. Selain itu seluruh jaringan dapat dimanfaatkan sehingga tidak ada kapasitas jaringan yang menganggur atau idle.

Managed SD-WAN: implementasi teknologi baru dengan lebih cepat

Meskipun teknologi SD-WAN menjanjikan pengelolaan WAN yang lebih optimal, namun pada kenyataannya tidak semua perusahaan siap menggunakan teknologi ini. Layaknya teknologi baru lainnya, SD-WAN tetap memerlukan investasi awal, baik pada perangkat, sumber daya manusia, dan waktu.

Perusahaan perlu meneliti dan memilih solusi dan vendor yang paling cocok, dan tenaga TI perusahaan juga harus mempelajari teknologi baru agar dapat melakukan implementasi dan mengelolanya dengan lebih baik. Semua hal tersebut memerlukan waktu yang mungkin tidak sedikit.

Bila Anda ingin menerapkan teknologi SD-WAN dalam waktu singkat dengan investasi awal minimal, Managed Service Secure SD-WAN seperti yang ditawarkan Lintasarta bisa menjadi sebuah solusi.

Dengan Managed Service Secure SD-WAN, perusahaan bisa meningkatkan jaringan WAN existing menjadi Hybrid WAN. Dengan demikian dapat meningkatkan SLA jaringan secara keseluruhan. Managed Service Secure SD-WAN Lintasarta dikelola oleh sumber daya manusia yang professional, berpengalaman, dan tersertifikasi. Karena Excellence adalah moto kami dalam memberikan layanan kepada customer.

Baca juga: Penasaran dengan Cara Kerja WAN Optimizer? Berikut Informasinya!

Managed Service Secure SD-WAN dari Lintasarta menyediakan solusi lengkap, mulai dari penyediaan infrastruktur jaringan, perangkat, sumber daya manusia, pemantauan dan pemeliharaan teknologi SD-WAN. Bila Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang solusi Managed Service Secure SD-WAN Lintasarta hubungi kami di sini.