free page hit counter

Korban Virus Corona di Indonesia Semakin Bertambah, Ketahui Tips Agar Bisnis Tetap Optimal

virus corona dan tips untuk bisnis

Perbincangan terkait virus corona (Covid-19) terus meningkat belakangan ini. Utamanya saat virus tersebut mulai menyebar di Indonesia. Virus corona turut berdampak pada aktivitas bisnis di berbagai negara termasuk Indonesia. Tak hanya bisnis skala kecil, bisnis skala besar pun tak terhindarkan oleh dampak virus corona. Oleh karenanya, diperlukan solusi untuk mencegah virus corona agar bisnis sebuah perusahaan bisa tetap berjalan dengan optimal.

Sejumlah perusahaan memilih untuk mengizinkan karyawannya beraktivitas secara remote atau work from home/everywhere. Selain demi meminimalisir penyebaran virus corona, upaya ini juga dilakukan perusahaan agar tetap dapat menjalankan bisnisnya. Sebagai gantinya, aktivitas bisnis dilakukan secara online dengan memanfaatkan platform digital demi mencegah virus corona. Bahkan acara peluncuran produk dari perusahaan teknologi ternama pun akhirnya diselenggarakan secara streaming karena virus tersebut.

Baca juga: Ini Keuntungan jika Perusahaan Anda Menggunakan Video Conference

Himbauan Presiden

Presiden RI, Joko Widodo, sudah memberi himbauan kepada seluruh pemerintah daerah untuk membuat kebijakan sesuai kondisi daerahnya mengenai melakukan kegiatan bekerja, belajar, beribadah di rumah dan meniadakan sementara kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Dikutip dari akun resmi Instagram Presiden Jokowi, beliau meminta seluruh Gubenur, Bupati dan Walikota untuk tanpa henti mengawasi situasi di daerahnya serta berkonsultasi dengan pakar medis dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menentukan status daerahnya, siaga darurat atau tanggap darurat bencana non-alam.

Guna mencegah penyebaran virus corona dan menjaga bisnis Anda tetap optimal, pemanfaatan platform digital memang perlu dipertimbangkan. Di antara solusi yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda adalah Hosted Collaboration Solution (HCS). Istilah ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan teknologi sebagai salah satu solusi untuk efisiensi aktivitas bisnis.

Apa itu Hosted Collaboration Solution (HCS) yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah virus corona?

Hosted Collaboration Solution (HCS) adalah layanan video conference dan voice telephony berbasis Cloud yang memungkinkan pelanggan bekerja secara remote. Layanan ini terdiri dari Sistem Cloud (UC), Virtual Meeting Room (VMR), dan Endpoint (Hardware/Software). Dengan layanan ini pelaku bisnis dapat menjalankan group meeting secara virtual atau konferensi video dengan memanfaatkan server berbasis Cloud.

Meski berjalan melalui Cloud, layanan HCS sudah dilengkapi dengan enkripsi end-to-end, sesuai dengan standar industri dan PP No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik.

Baca juga: Panduan Utama Penggunaan Cloud Video Conferencing

Lintasarta menyediakan Hosted Collaboration Solution (HCS) yang dilengkapi dengan fitur Share Content. Fitur ini memungkinkan setiap peserta untuk melihat konten yang sedang dipresentasikan oleh pimpinan rapat atau peserta lainnya. Selain itu, endpoint HCS juga disertai fitur Speaker Tracking yang akan mengarahkan dan melakukan zoom-in pada wajah pembicara secara otomatis. Dengan demikian, peserta bisa lebih fokus menyimak materi dan pembicara dalam waktu bersamaan. Fitur-fitur itu bisa dijalankan secara real-time, sehingga aktivitas konferensi video tampak lebih nyata.

Fitur lainnya dari layanan HCS adalah Video Conference via mobile application yang memungkinkan pelanggan dapat melakukan panggilan suara dari ponsel ke telepon kantor melalui nomor extension tanpa memotong pulsa. Tak hanya itu, layanan HCS bisa dijalankan dalam berbagai perangkat seperti smartphone, laptop, tablet hingga PC sehingga setiap pelaku bisnis bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Baca juga: 4 Manfaat Video Conferencing – Kolaborasi dalam Sektor Keuangan dan Perbankan

Selain mendukung pencegahan penyebaran virus corona, layanan HCS juga akan membantu pelaku bisnis memberikan keputusan lebih cepat, alih-alih menunggu pertemuan tatap muka. Komunikasi serta kolaborasi antar divisi pun bisa tetap terjalin dengan baik dan aman, meski terpisah lokasi bahkan hingga lintas negara. Pada akhirnya, bisnis Anda bisa tetap dijalankan secara maksimal meski di tengah ancaman penyebaran virus corona di Indonesia.

Lintasarta mendukung himbauan pemerintah 

Dengan meningkatnya kasus atau korban terinfeksi virus corona di Indonesia serta berdasarkan himbauan Presiden untuk bekerja, belajar dan melakukan seluruh kegiatan di rumah, Lintasarta mendukung pemerintah dengan menyediakan layanan HCS secara gratis dan tersedia bagi seluruh instansi yang membutuhkan.

Ketahui apa saja keuntungan menggunakan layanan Lintasarta Hosted Collaboration Solution (HCS) dan informasi lebih lanjut mengenai free trial HCS.