free page hit counter

Kunci Utama Pelaku Bisnis Hadapi Era Disruptif

Perubahan akan terus hadir dalam dimensi kehidupan, seperti dengan kehadiran era internet dewasa ini. Perubahan terhadap hadirnya inovasi-inovasi teknologi mendapat dorongan dari penetrasi internet yang masif dalam mentransformasi kehidupan manusia, bisnis, dan juga sistem pemerintahan di Indonesia.

Memasuki era disruptif dimana berbagai inovasi teknologi berkembang setiap harinya menghadirkan kepraktisan, kemudahan akses, dan kenyamanan pada sistem atau pasar yang sudah ada, kini masyarakat diakrabkan dengan berbagai istilah inovasi distruptif. Menurut riset dari McKinsey Global Institute, terdapat 12 inovasi disruptif yang akan berdampak pada perekonomian serta dunia bisnis global hingga tahun 2025 diantaranya Mobile Internet, Automation of Knowledge Work, The Internet of Things, Cloud Technology, dan Advanced Robotics.

Menghadapi era disruptif, perusahaan harus berani melakukan self-disruption dengan mengembangkan ide atau teknologi baru meskipun berpotensi untuk mematikan bisnis yang saat ini dimiliki. Bila hal ini tidak dilakukan, maka perusahaan baru yang akan mendisrupsi perusahaan yang telah ada sebelumnya.

Gojek merupakan contoh konkrit di era disruptif yang mampu memanfaatkan inovasi teknologi dalam menciptakan pasar baru maupun meningkatkan daya saing bisnis. Gojek mampu menggabungkan inovasi terdahulu yakni transportasi umum traditional bermotor dengan inovasi berbasis aplikasi digital, bisnis ini mampu memberikan dampak yang luar biasa terhadap sosial dan budaya di Indonesia.

Tak hanya itu, dalam pengembangan ekonomi digital, pengembangan jasa logistik, dan juga merchandising Gojek juga berkolaborasi dengan beberapa instansi dan juga mitra bisnis mikro dan menengah (UMKM). Hingga 2018, Gojek telah berkolaborasi dengan lebih dari 125.000 merchant yang terdaftar di platformnya sehingga memajukan potensi bisnis dalam pemanfaatan teknologi (sumber : www.go-jek.com).

Selain itu di sektor pemerintahan juga berusaha untuk memanfaatkan perkembangan teknologi, salah satunya melalui Gerakan Menuju 100 Smart City yang digalakkan pemerintah sejak tahun 2017. Program ini, secara konsisten mendorong instansi pemerintahan khususnya sejumlah kota dan kabupaten memanfaatkan teknologi demi mendukung pengambilan keputusan yang tepat dan cepat serta peningkatan kualitas layanan publik ke masyarakat.

Sebagai contoh pemanfaatan teknologi, fasilitas command center, menjadi saranan pemimpin daerah dalam memantau seluruh aktifitas kota untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat serta pengawasan performa setiap instansi pemerintahan daerah. Untuk mendukung peningkatan hasil yang maksimal dalam pemanfaatan teknologi, pemerintah daerah perlu melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik kolaborasi antar instansi kedinasan daerah, provider ICT, universitas, dan masyarakat.

Pada akhirnya, era disruptif yang didukung dengan teknologi ICT yang berkembang dengan pesat, kolaborasi merupakan hal penting dilakukan demi membantu para pelaku bisnis dan pemerintah untuk dapat fokus pada bisnis utamanya. Hal ini di dukung himbauan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang menyatakan bahwa kolaborasi dan sinergi lintas disiplin ilmu, lintas industri, dan juga lintas generasi menjadi cara yang penting dilakukan demi menghadapi era disruptif ini.

Pengembangan bisnis melalui pemanfaatan teknologi ICT serta kolaborasi dapat dilakukan dengan penyedia layanan ICT terpercaya. Lintasarta sebagai ICT Total Solution Company mampu menjadi jembatan menuju tujuan bisnis para pelaku bisnis di Indonesia dengan inovasi inovasi teknologi yang mampu memberikan solusi terbaik dan dapat diandalkan dalam mengahadapi era distruptif ini.

Lintasarta siap berkolaborasi dengan menyedikan solusi ICT yang handal untuk berbagai pelaku industri di Indonesia. Lintasarta yang telah lebih dari 30 tahun hadir memberikan layanan terbaik melalui dukungan tenaga ahli serta after sales service yang prima di seluruh Indonesia, menjadi pilihan terbaik dalam mendukung bisnis Anda menghadapi era disruptif.

Info era distruptif