free page hit counter

Layanan cloud computing di Indonesia

Cloud computing atau computasi awan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Awan atau cloud merupakan metafora dari internet, sebagai mana awan yang sering digambarkan di diaram jaringan komputer, awan (cloud) dalam cloud computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikanya. Sebagai suatu layanan atau service, sebuah program atau aplikasi jika mengunakan sistem cloud computing ini pengguna atau user dapat mengaksesnya melalui internet tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, datanya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Layanan cloud computing di Indonesia masih terkendala dengan speed bandwidth dan akses internet yang biayanya masih terbilang mahal. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi media penyimpanan di cloud yang ditawarkan oleh perusahaan- perusahaan besar seperti microsoft, amazon, google, appli dan masih banyak lagi. Cloud storage merupakan salah satu layanan cloud yang menyediakan media penyimpanan yang tersinkronisasi online. Kebanyakan dari rekan- rekan menggunakan cloud storage ini. contohnya sebagai media kolaborasi dan dapat diakses dari mana saja termasuk dari telepon genggam atau gadget anda.

Pada dasarnya cloud storage ini menggunakan sistem cloud computing, anda dapat bayangkan jika seluruh file, dokumen, data, aset penting anda disimpan hanya di komputer anda yang berada di kantor dan hanya anda yang memiliki akses ke komputer tersebut. Anda tidak memiliki kebebasan untuk mengaksesnya kapan saja dan selalu tergantung pada anda. bisnis anda tidak dapat lebih produktif dan berkembang dengan cepat tentunya. Cloud storage dapat menjadi solusi bagi anda, bayankan jika file- file penting anda tersebut dapat diakses melalui mobile phone anda. atau anda hanya cukup memberikan akses ke file tersebut kepada salah satu orang kepercayaan anda. maka proses deleasi akan berjalan dengan lancar dan bisnis anda akan tetap berjalan meskipun anda tidak berada di kantor. Bahkan saat ini oracle telah meluncurkan oracle cloud dan berniat untuk memperkuatnya, meskipun oracle bukan buatan Indonesia namun pemakain oracle ini telah dipakai oleh banyak developer database.

Di Indonesia banyak perusahaan yang memanfaatkan layanan komputasi awan di Indonesia, karena aksesnya yang mudah, anda dapat mengakses namun anda tidak perlu mendownload atau menyimpan data tentang aplikasi tersebut, dan anda dapat langsung memakainya dengan cara melakukan koneksi ke internet. Perusahaan telekomunikasi di Indonesia juga banyak yang memanfaatkan sistem komputasi awan ini misalnya XL yang telah meluncurkan X cloud, hal ini dikarenakan manajemen XL optimis bahwa layanan data akan terus tumbuh di Indonesia dan salah satu peluang bisnisnya terdapat pada penyediaan solusi komputasi awan. Masuknya XL ke sistem komputasi awan ini sekaligus menunjukan bahwa perusahaan berusaha terus melakukan inovasi dan transformasi bisnis baru, termasuk di data untuk menyediakan layanan terbaik di Indonesia, bahkan mereka ingin perusahaan menjadi salah satu penyedia jasa solusi komputasi awan yang terdepan di negara kita ini. untuk merealisasikan Xcloud ini, perusahaan bekerjasama dengan 6 mitra bisnis seperti microsoft, mandawani, huawei, fujitsu, IBM, intratech. Perusahaan percaya bahwa berkolaborasi dengan banyak pihak akan menghasilkan manfaat yang maksimal dan sesuai dengan tujuan. Teknologi komputasi awan yang mereka miliki merupakan teknologi dengan tingkat kehandalan tingi dan telah diterapkan di banyak negara, XL memiliki keunggulan seerti memiliki kekuatan antara lain di sisi brand dan jumah pelanggan ang ada, sinergi dengan semua mitra diharapkan dapat menangkap peluan di bisnis komputasi awan ini.

Sistem cloud computing bekerja menggunakan internet yang berperan sebagai server dalam mengolah data. sistem ini memungkinkan pengguna untuk login atau masuk ke internet yang tersambung dengan program untuk menjalankan aplikasi atau program tanpa melakukan proses instalasi program. Memang meskipun biaya internet di Indonesia masih terbilang mahal, namun layanan komputasi awan di Indonesia sudah banyak ada perkembangan, bahkan pemerintah saat ini telah mendukung perkembangan pengunaan sistem komputasi awan, dan pemerintah berniat untuk beralih mengunakan sistem komputasi awan hanya saja belum ada kepastian berikutnya. Demikian informasi yang saya berikan terkait layanan komputasi awan di Indonesia, semoga bermanfaat