free page hit counter

Manfaat jika Gunakan Sistem Informasi Terintegrasi Untuk Layanan Kesehatan

Sistem Informasi Terintegrasi

Sistem Informasi Terintegrasi melalui penggunaan big data telah mengubah segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam layanan kesehatan. Jika sebelumnya Anda membutuhkan biaya yang cukup besar dengan waktu lama mengumpulkan data berjumlah besar untuk penggunaan medis, saat ini hal itu tidak lagi perlu dipusingkan. Integrasi dari seluruh sumber data akan membuat kerja petugas kesehatan lebih efektif dan efisien.

Baca juga: 4 Manfaat Sistem Credit Scoring Terintegrasi Bagi Perbankan

Penerapan teknologi mutakhir berupa sistem informasi terintegrasi ini pun telah melahirkan banyak hal positif di mana proses analisis, pengelolaan, dan pemanfaatan data-data di bidang kesehatan menjadi lebih cepat, tepat, dan akurat. Dengan begitu, laporan kesehatan pasien hingga stok obat-obatan pun dapat dikontrol dengan lebih baik. Namun demikian, apa manfaat dan jenis laporan yang bisa diperoleh ketika Anda menggunakan sistem informasi terintegrasi untuk layanan kesehatan?

Manfaat untuk mendapatkan laporan

Dengan menggunakan Sistem Informasi Terintegrasi, maka layanan kesehatan dapat lebih efektif dan efisien dalam mengelola data-data yang dibutuhkan selama operasional. Mulai dari laporan kesehatan pasien, rekam medis, daftar stok obat-obatan, hingga manajemen seluruh karyawan yang ada. Manfaat ini penting untuk dipertimbangkan sebab jelas dapat meningkatkan produktivitas, sehingga layanan kesehatan dapat diberikan secara lebih optimal.

Selain itu, laporan yang didapatkan juga memberi manfaat bagi pasien yang membutuhkan perawatan cepat, di mana pihak rumah sakit atau klinik dapat dengan cepat memperoleh informasi riwayat kesehatan pasien. Dengan begitu, Anda dapat segera memberi rujukan ke poli yang tepat atau bahkan memutuskan tindakan medis dan pemberian obat dengan akurat. Sistem informasi terintegrasi yang dipakai bahkan dapat menyelamatkan nyawa pasien melalui laporan yang ada.

Baca juga: Tips Memilih Provider Internet untuk Perusahaan

Manajemen layanan kesehatan juga berjalan lebih baik lagi, sebab kemungkinan kehabisan stok obat-obatan juga dapat diminimalisir. Petugas yang berwenang dapat mengakses laporan obat-obatan yang masuk dan keluar secara berkala, sehingga dapat menyediakan stok sesuai dengan kebutuhan. Transparasi perihal keuangan pun akan didapatkan dengan menggunakan data-data yang terintegrasi.

Laporan harian dari hal sederhana

Jika sebelumnya laporan ditulis secara manual, maka akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Nah, dengan adanya sistem informasi terintegrasi pada layanan kesehatan, segalanya dapat diselesaikan dengan cepat. Anda bisa mengerjakan laporan harian dari hal yang paling sederhana, misalnya informasi kedatangan pasien, jumlah pasien yang berobat, jenis penyakit, serta poli yang paling banyak didatangi pasien.

Anda juga bisa mengecek seberapa banyak obat-obatan yang keluar di hari tersebut sehingga dapat mengontrol stok dengan tepat. Di sisi lain, tindakan medis yang dilakukan untuk pasien juga akan minim risiko kesalahan yang bisa mengakibatkan malpraktik karena seluruh data telah terintegrasi.

Laporan bulanan dan tahunan lebih menyeluruh

Sistem informasi terintegrasi melalui penggunaan big data juga memungkinkan Anda memperoleh laporan bulanan dan tahunan secara lebih menyeluruh. Menariknya, Anda tidak lagi perlu meminta laporan dari masing-masing divisi yang ada pada lembaga layanan kesehatan karena seluruh data dan informasi yang dimasukkan pada database telah terintegrasi sehingga bisa diakses dengan mudah oleh pihak-pihak yang berwenang.

Baca juga: Berapa Besar Kebutuhan Ideal Internet untuk Sebuah Kantor?

Hal ini tentu akan menghemat waktu Anda. Apabila akan melakukan akreditasi atau mendapat kunjungan dari Kementerian Kesehatan, layanan kesehatan yang Anda miliki telah siap dengan data-data valid yang ada. Salah satu penyedia jasa sistem informasi terintegrasi di Indonesia yang mampu memberikan layanan terbaik ini adalah Lintasarta. Hubungi kami  jika Anda ingin menggunakan layanan ini.

Jadi, kapan layanan kesehatan yang Anda kelola beralih ke penggunaan sistem informasi terintegrasi?