free page hit counter

Pentingnya Media Analytics untuk Mengambil Keputusan Bagi Perusahaan

Di tengah cepatnya perkembangan social media, kadang kita tidak mampu mengadopsi semua hal baru yang sebenarnya dapat membantu bisnis kita. Beberapa dari kita tidak cukup cepat menggunakan social media untuk mengkampanyekan kepentingan perusahaan. Padahal social media adalah wadah yang tepat untuk menceritakan value dan budaya perusahaan, dokumentasi perusahaan, hingga saluran untuk berinteraksi dengan pasar.

Tak hanya social media, portal berita online seperti detik.com, kompas.com, dan lainnya memiliki persamaan: keduanya merupakan/ mampu mempengaruhi pendapat pasar Anda.

Hal ini tentu sangat erat dengan fungsi marketing pada perusahaan, dimana marketing harus sangat mengenal pasarnya, sehingga dapat menyampaikan nilai-nilai perusahaan yang dapat bermanfaat bagi pasar. Dalam lingkup yang lebih besar, media digital dapat menjadi landasan untuk mengambil keputusan. Tidak lagi menggunakan asumsi kosong, melainkan dengan dasar yang kuat, yaitu data.

 

Pentingnya Mengumpulkan Data dan Mengolahnya

Data adalah catatan atas kumpulan fakta, dari sumber yang terpercaya. Data tak hanya didapatkan dari lembaga riset ataupun publikasi ilmiah. Dengan bantuan teknologi, data kini ada dimana-mana. Dalam konteks media digital (social media dan portal berita), data yang dapat dipelajari biasanya datang dari pasar Anda.

Dalam mengumpulkan data, Anda perlu menentukan tujuan utama Anda. Apakah peningkatan revenue, peningkatan kepuasan pelanggan, atau perbaikan citra di benak pasar? Tujuan yang berbeda mengarahkan kita untuk melihat data yang berbeda. Tak masalah jika Anda belum mulai melakukan ini, namun seiring waktu berjalan, ada data-data yang menunggu untuk dipelajari.

 

Media Sosial Sebagai Sumber Data Media Analytics yang Tepat untuk Perusahaan 

Sebagai salah satu negara dengan pengguna social media terbesar di dunia, pemanfaatan data social media di Indonesia sudah tentu sangat valid. Social media menjadi saluran efektif untuk mempelajari perilaku pasar Anda. Dengan biaya relatif rendah, Anda dapat membaca perilaku calon pelanggan Anda sebagai landasan dalam pengambilan keputusan.

Topik seperti masukan, keluhan, opini tentang perusahaan hingga sentimen negatif/ positif menjadi lebih mudah diukur dibandingkan beberapa tahun lalu karena kemudahan teknologi. Dengan mendengarkan langsung apa yang calon pelanggan Anda katakan, Anda dapat mengetahui secara jelas bagaimana persepsi mereka terhadap brand/ bisnis Anda.

Dengan mengetahui pada jam berapa keluhan paling banyak diterima, Anda dapat menentukan berapa orang yang perlu disiapkan untuk menjawab keluhan-keluhan tersebut. Dengan mengetahui siapa saja Key Opinion Leader (KOL) yang membicarakan brand Anda, Anda dapat menjalin kerjasama yang lebih intensif dengan mereka, sehingga bisnis Anda dapat tumbuh lebih cepat.

Tidak hanya social media, media online seperti Detik.com, Kompas.com dan lainnya juga dapat Anda gunakan sebagai sumber data. Dengan mengetahui dan menanggapi topik-topik yang populer dan relevan terhadap bisnis Anda, perusahaan Anda dapat menjadi ‘pahlawan’ dari isu/ problematika yang sedang berkembang.

Selain yang disebutkan diatas, masih banyak sekali cara yang dapat diterapkan untuk menggali data yang relevan, yang kemudian dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan berdasarkan data, bukan lagi asumsi.

Menggunakan Tools untuk Menganalisis Data

Dari contoh-contoh tadi, kami harap Anda mendapatkan gambaran bagaimana media digital dapat menjadi sumber data relevan yang penting dalam menentukan strategi bisnis ke depan, setidaknya Anda dapat lebih memahami pasar Anda. Namun, bagaimana cara memulai menganalisis data dari media digital?

Sebagai salah satu penyedia layanan cloud, Lintasarta memiliki layanan Media Analytics yang berfokus untuk membuat tim marketing Anda secara independen dapat mengetahui sentimen pasar terhadap brand Anda, menentukan influencer yang tepat untuk brand Anda, hingga memantau kegiatan social media kompetitor Anda.

Ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana Media Analytics dapat memudahkan Anda mengambil keputusan bisnis? Klik disini untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut

atau hubungi kami melalui website.