free page hit counter

Melakukan Penghematan Biaya IT dengan Cloud Computing

Providers Data Center di Indonesia Perusahaan Apa Saja? Jika pertanyaan seperti itu muncul, maka tentu saja banyak sekali pilihan provider data center yang dapat anda pilih. Namun, kualitas dari berbagai data center itu pun sudah tentu tidak sama. Oleh karena itulah, anda harus bijak memilih data center yang paling baik, professional dan sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Untuk dapat memilih data center yang paling baik, maka anda dapat membaca salah satu artikel atau informasi yang pernah kami terbitkan mengenai tips memilih data center yang baik untuk mendukung kebutuhan bisnis anda.

Berbicara mengenai teknologi, sekarang ini kita semua tahu  bahwa perkembangan teknologi informasi memang sudah sangat pesat dan sangat cepat. Salah satu bagian dari perkembanagn teknologi yang banyak menyita perhatian para pelaku bisnis adalah sebuah sistem dalam data center yang disebut dengan Cloud Computing. Apakah cloud computing itu? Cloud computing merupakan gabungan dari teknologi komputer atau sering disebut dengan computing dengan sebuah pengembangan dengan basis internet yang sering disebut dengan cloud atau awan.

Kehadiran dan alasan cloud computing yang ditawarkan oleh Providers Data Center di Indonesia Perusahaan Apa Saja? Terdapat 5 alasan utama kehadiran cloud computing yang dapat kita peroleh yakni; faster disaster recovery, better storage optimization, more cloud based application, shrinking on site dan cloud based analytics. Kelima alasan yang disebutkan diatas memiliki beragam manfaat bagi perusahaan yang menggunakan sistem cloud ini. Salah satu nya adalah shrinking on site IT departments. Alasan ini berarti adanya pengurangan pada penggunaan biaya perusahaan yang didistribusikan untuk divisi IT atau teknologi informasi.

Jika kita berbicara mengenai biaya perusahaan atau cost untuk divisi IT, maka tentu saja biaya yang dibutuhkan bisa dibilang tidak kecil. Biaya ini pun akan semakin besar apalagi jika ditambahkan dengan berbagai biaya yang lainnya atau jika ditambahkan dengan biaya untik divisi yang lain. Biaya yang akan dikeluarkan setiap bulannya atau setiap tahunnya pasti akan sangat besar. Biaya biaya ini pun bukan hanya untuk biaya produksi, namun juga biaya untuk membayar gaji tenaga kerja yang bertugas untuk memelihara segala peralatan produksi, peralatan kantor dan juga peralatan yang lainnya. Disinilah cloud computing dapat beperan. Mengapa? Hal ini karena cloud computing dapat membantu bisnis atau perusahaan dalam melakukan penghematan biaya atau cost yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau organisasi.

Providers Data Center di Indonesia Perusahaan Apa Saja? Banyak sekali perusahaan yang menggumnakan cloud computing, maka sebuah perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya dalam jumlah yang besar khususnya untuk divisi teknologi informasi atai IT. dengan menggunakan sistem cloud, maka sebuah perusahaan atau bisnis tidak perlu lagi repot dalam urusan pengelolaan data, memelihara server, perangkat keras dan juga perusahaan tidak perlu untuk mengeluarkan biaya dalam jumlah yang cukup besar untuk membayar tenaga kerja untuk melakukan semua hal tersebut.

Semua hal-hal tersebut nantinya kan dikerjakan oleh provider atau penyedia jasa cloud computing atau sering disebuut juga dengan nama vendor. Jadi anda pun tidak perlu repot lagi dengan semua urusan pemeliharaan dan budget untuk membangun data center anda sendiri dapat dialihkan untuk keperluan bisnis yang lainnya. Lalu, bagaimana jika sebuah perusahaan telah memiliki private cloud? Apakah masih bisa mendapatkan manfaat berupa penghematan biaya IT? jawabannya tentu saja iya. Jika sebuah perusahaan telah memiliki private cloud, maka jumlah biaya atau cost yang harus dikeluarkan untuk sumber daya manusia atau SDM, hardware dan server biasanya tidak akan begitu besar jika dibandingkan dengan perusahaan yang tidak menggunakan sistem cloud.

Demikianlah cara melakukan peghematan biaya IT dengan memanfaatkan sistem Cloud computing. Lalu, Providers Data Center di Indonesia Perusahaan Apa Saja yang telah menggunakan dan menawarkan sistem ini? Tersedia banyak sekali pilihan, namun sekali lagi anda harus memilih dengan bijak jika ingin menggunakan jasa ini. Pilihlah vendor yang telah terbukti berpengalaman dan juga memiliki standar yang tinggi.