free page hit counter

3 Kriteria Penting dalam Memilih Data Center Terbaik

Memilih Data Center terbaik adalah tantangan bagi semua profesional IT. Memastikan pilihan yang tepat akan memudahkan segala proses bisnis di masa depan, juga membuat perusahaan Anda terhindar dari resiko akibat kesalahan pihak penyedia Data Center.

Data Center atau yang juga dikenal dengan nama Pusat Data adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk menempatkan beberapa server dan juga storage (penyimpanan). Fasilitas ini pun biasanya dikondisikan dengan banyak hal seperti pengaturan udara, pengaturan daya, kelembaban udara serta keamanan dari berbagai gangguan seperti bencana atau bahkan gangguan keamanan seperti penyadapan.

Banyaknya penyedia Data Center di Indonesia, membuat perusahaan atau organisasi menjadi bingung dalam memilih penyedia Data Center terbaik yang dapat mereka gunakan. Untuk memberikan kemudahan bagi Anda dalam memilih, kami memberikan 3 kriteria penting dalam memilih Data Center terbaik.

  1. Availability

    Kriteria pertama yang harus diperhatikan dari penyedia Data Center di Indonesia adalah Avaibility. Penyedia pusat data atau sebuah Data Center harus mampu memberikan sebuah sistem operasional yang berkelanjutan dan juga secara terus menerus bagi klien, dalam hal ini perusahaan atau organisasi, dalam keadaan apapun baik dalam situasi normal atau dalam situasi darurat seperti halnya bencana. Hal ini akan menghindarkan klien dari berbagai kerugian dan tetap dapat memperoleh keuntungan meski terjadi suatu kerusakan yang berarti atau tidak.

  2. Flexibility dan Scalability

    Yang kedua adalah Scalability dan Flexibility. Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan dunia bisnis seringkali sangat cepat. Oleh karena itu, sebuah Data Center yang baik harus mampu untuk menyesuaikan diri terhadap berbagai perubahan yang cepat tersebut dan ketika mungkin ada sebuah service baru yang harus disediakan oleh sebuah Data Center tanpa harus melakukan perubahan yang terlampau besar terhadap Data Center secara keseluruhan. Jika dibutuhkan adanya perubahan atau perombakan dalam skala yang besar, maka tentu saja waktunya cenderung akan sangat lama dan hal ini akan sangat mempengaruhi perputaran bisnis dari perusahaan yang menjadi klien sebuah penyedia Data Center.

  3. Keamanan/ Security

    Sebuah penyedia Data Center yang baik harus memiliki metode/ kemampuan untuk mengamankan data yang disimpan dengan sangat baik. Seperti yang kita tahu bahwa pusat data atau Data Center menyimpan banyak data dan aset yang sangat penting bagi organisasi atau perusahaan penggunanya. Karena inilah, dibutuhkan sebuah aspek keamanan yang sangat kuat baik dari segi fisik maupun segi non-fisiknya. Pastikan Anda merasa nyaman dengan keamanan yang diberikan penyedia Data Center pilihan Anda.
    (BONUS)

  4. Standarisasi Organisasi Internasional

    Untuk memastikan kualitas yang akan Anda dapatkan dari perusahaan penyedia Data Center, Anda dapat menanyakan standarisasi apa yang mereka miliki. Berdasarkan Data Center Knowledge, ada 3 organisasi besar pembuat standarisasi pada industri Data Center, yaitu Uptime Institute’s Tier Standard, ANSI/BICSI 002-2014 dan ANSI/TIA 942-A 2014.

 

Itulah tadi kriteria penting dalam memilih Data Center terbaik di Indonesia yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih penyedia data center di Indonesia. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa penyedia Data Center, Anda perlu memahami dengan seksama mengenai arti dan kebutuhan Anda terkait Data Center atau pusat data. Pilihlah penyedia Data Center yang Anda yakini dapat menawarkan fasilitas dan pelayanan terbaik.

 

===

Baca Juga: