free page hit counter

Mengenal Komponen Inti Data Center dan Cara Kerjanya

Data Center Komponen Data Center

Pusat data atau data center memiliki peran sangat vital bagi setiap perusahaan karena berfungsi sebagai infrastruktur yang mendukung proses bisnis operasional data. Selain itu, data center dapat berfungsi sebagai gerbang utama dalam melindungi data dari berbagai ancaman, baik bencana alam atau pun bencana lain yang tidak diinginkan terjadi pada server lokal.

Baca juga: Human Error, Penyebab Utama Downtime Pada Data Center

Nah, sebagai salah satu fasilitas fisik, data center terdiri dari sejumlah komponen inti dalam pengoperasiannya. Apa saja itu? Mari kita telaah komponen-komponen yang umumnya terdapat pada sebuah data center.

Server

  • Data center merupakan suatu ruangan yang berisi server-server. Secara sederhana, server bisa dikatakan sebagai tempat di mana semua data serta informasi tersimpan.

Rak pusat data

  • Di dalam ruang pusat data, terdapat rak-rak sebagai wadah sejumlah server tersebut berada. Di sinilah data utama tersimpan secara aman. Data yang tersimpan tersebut dapat dibagikan ke beberapa perangkat komputer lainnya.

Aplikasi

  • Program untuk mengolah data perusahaan yang nantinya akan disimpan dan diproses dalam server data center.

Operating System (OS)

  • Media penghubung terhadap seluruh perangkat komputer yang ada, baik dari segi perangkat keras, perangkat lunak maupun pemakai. Operating system akan melakukan layanan inti umum, seperti akses ke disk, management memory, atau program untuk mengolah data perusahaan yang nantinya akan disimpan dan diproses pada server yang ditempatkan di data center.

Baca juga: Cara Terbaik Menghindari Human Error Saat Mengelola Data Center

Koneksi jaringan internet

  • Sebuah pusat data hanya dapat berjalan dengan adanya koneksi jaringan internet. Koneksi jaringan internet untuk pusat data dituntut harus stabil dan cepat. Hal ini mengingat pusat data sebagai “inti” dari segala data atau informasi, maka koneksi jaringan internet harus berjalan dengan baik.

Sistem Pendingin (Cooling System)

  • Sistem Pendingin termasuk komponen di dalam pusat data agar ruangan server tidak “over heat”. Pusat data bekerja selama 24 jam. Maka, server tentu akan mengalami kenaikan suhu. Dengan adanya pendingin, ruangan pusat data menjadi lebih dingin dan suhu server lebih terkontrol.

Ruang khusus

  • Sebuah pusat data harus ditempatkan pada ruang khusus. Artinya, pusat data tidak boleh digabung dengan ruangan lain demi menjaga keamanan penempatan server-server tersebut.

Storage

  • Media untuk menyimpan berbagai macam data yang tersedia pada perangkat komputer dalam waktu tertentu sehingga dapat dibaca dan dibuka kembali untuk diproses ulang pada perangkat.

Sistem Kelistrikan

  • Beroperasinya pusat data yang terkoneksi dengan jaringan internet tentu memerlukan pasokan listrik. Listrik yang dimaksud adalah daya untuk menghubungkan server dari pusat ke banyak jaringan komputer. Backup sumber listrik juga diperlukan dalam sebuah pusat data.

Keamanan

  • Sebuah pusat data dapat berjalan asalkan memiliki komponen keamanan server yang terjaga. Komponen keamanan server untuk meminimalisir risiko kerusakan dari server pusat data. Alhasil, data yang ada di ruangan tersebut dapat terjaga dengan baik.

Cara kerja data center

Data center dapat bekerja dengan semua komponen di atas. Server yang menjadi pusat data terhubung ke komputer-komputer lainnya. Hubungan tersebut membutuhkan koneksi jaringan internet sehingga data dari server utama dapat terbagi ke banyak komputer.

Baca juga: Bagaimana Keamanan Data Center Dijaga?

Penyampaian atau pembagian informasi dapat berjalan selama ada koneksi jaringan internet stabil berasal dari pusat data berada. Dengan komponen lengkap, data center dapat bekerja dengan baik. Alhasil, data perusahaan yang perlu dibagikan dapat terhubung ke banyak jaringan komputer dan operasional bisnis perusahaan pun dapat berjalan untuk menunjang tujuan perusahaan.

Jika ingin menggunakan data center untuk mendukung bisnis, Anda bisa menggunakan layanan data center Lintasarta yang akan memberikan solusi untuk mengatasi kebutuhan penyimpanan data yang aman dan andal. Lebih lengkapnya, Anda bisa hubungi kami di sini.

Info https://blog lintasarta net/article/mengenal-komponen-inti-data-center-dan-cara-kerjanya/