free page hit counter

Mengenal pentingnya IP VPN untuk menjaga data perusahaan

Keamanan data semakin diperhatikan oleh banyak perusahaan berbasis digital. Utamanya karena ancaman peretasan atau kejahatan siber lainnya yang semakin gencar dilakukan oleh penjahat siber demi mendapat keuntungan. Belum lama ini terjadi peretasan pada salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang menyebabkan data 91 juta pelanggan dikompromikan dan diumbar secara online.

Kasus tersebut dapat menjadi cerminan bahwa menjaga keamanan data perusahaan sangatlah penting, terlepas dari skala perusahaan. Pengamanannya sendiri memang harus diterapkan di berbagai lapisan perusahaan. Satu di antara teknologi keamanan yang dapat Anda gunakan pada perusahaan adalah IP VPN.

 

Baca juga: Jenis VPN dan Manfaatnya Bagi Perusahaan Anda

 

IP VPN adalah jaringan virtual pribadi sebagaimana namanya, yang memungkinkan Anda terhubung ke jaringan bisnis Anda dari mana saja. Salah satu manfaat IP VPN adalah memungkinkan komputer di luar kantor untuk terhubung ke jaringan perusahaan, seolah-olah Anda berada di kantor. IP VPN juga memungkinkan Anda mengakses sumber daya perusahaan dari jarak jauh seperti data internal hingga printer. Solusi ini memang relatif sederhana, namun dapat membantu perusahaan menjaga data penting.

 

Mengapa IP VPN penting bagi perusahaan?

 

Sebagian besar IP VPN menggunakan kredensial Log-in yang aman seperti Two-Factor Authentication. Selain itu, IP VPN menyediakan IP masking yang akan menyembunyikan alamat IP pengguna untuk membatasi kerentanan. Kelebihan lainnya dari IP VPN adalah dukungan enkripsi yang akan mengamankan informasi, sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga mana pun yang berupaya mendapatkan akses. Dengan demikian, teknologi ini cukup aman untuk diterapkan perusahaan sebagai upaya preventif.

IP VPN dapat menjadi investasi yang baik untuk perusahaan. Hal ini dikarenakan pekerjaan yang dikerjakan dari jarak jauh atau secara remote sudah menjadi standar. Di tengah pandemi seperti saat ini bahkan bekerja dari rumah (Work from Home/WFH) diprediksi akan menjadi new normal. Oleh karena itu, perusahaan perlu beradaptasi dengan hal tersebut agar tetap dapat bersaing.

Karena VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi di mana pun mereka berada, menambahkan IP VPN sebagai upaya keamanan menjadi langkah awal yang penting. Teknologi ini pun akan membantu Anda mengakomodir karyawan yang bekerja secara remote, dan memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada karyawan internal.

 

Baca juga: Tips memilih penyedia VPN yang tepat untuk masa WFH

 

Meski Anda memiliki pandangan bahwa bisnis Anda tidak memiliki risiko serangan siber, Anda masih mungkin memiliki beberapa data penting yang perlu diamankan. Hal ini perlu menjadi perhatian, mengingat hampir setiap perusahaan berkomunikasi atau melakukan bisnis yang sensitif di Internet setiap harinya. IP VPN sendiri dapat memberikan lapisan keamanan tambahan untuk menjaga data sensitif agar tetap tersembunyi dan terlindungi.

 

Berlangganan IP VPN menjadi opsi yang lebih baik bagi perusahaan

 

Merancang VPN internal sendiri memang memungkinkan. Namun biasanya solusi ini tidak dapat memenuhi lalu lintas perusahaan yang tinggi. Jika kedepannya Anda membutuhkan jaringan VPN baru yang besar untuk sejumlah besar pengguna, Anda harus membeli peralatan dan menyewa staf tambahan dalam memenuhi kebutuhan VPN Anda.

Di sisi lain berlangganan IP VPN biayanya cukup terjangkau. Anda tidak perlu menyiapkan infrastruktur tambahan dan perusahaan penyedia solusi tersebut akan sekaligus mengelola server dan hosting. Jika Anda berencana berlangganan IP VPN, Lintasarta dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan beragam keunggulan.

 

Baca juga: Bagaimana VPN Menjamin Keamanan Tingkat Tinggi Bagi Jaringan Internet?

 

Layanan Lintasarta IP VPN (IP Virtual Private Network) membantu perusahaan membangun jaringan komunikasi yang aman dan hemat biaya hingga kantor cabang yang berada di lokasi terpencil sekalipun. Di antara keunggulan Lintasarta IP VPN yaitu dapat memfasilitasi trafik data tinggi dan multi koneksi, aplikasi interaktif dan transaksional seperti perdagangan saham atau online banking, kecepatan koneksi 64 Kbps – 2 Mbps, hingga dukungan teknologi MPLS (Multiprotocol Label Switching). Dengan pengalaman lebih dari tiga dekade, Lintasarta siap membantu menjaga kelangsungan bisnis Anda. Hubungi kami jika Anda tertarik menggunakan Lintasarta IP VPN.